Variabel Bebas

VARIABEL BEBAS – Atau juga yang artinya independent variables adalah sejenis variabel yang menyebabkan atau mempengaruhi, yaitu faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk mengetahui hubungan antara fenomena yang diamati atau yang diamati.

Pengertian Variabel Bebas

Variabel bebas
SlideShare.com

Pengertian variabel bebas atau variabel independen dan beberapa variabel lain yang sering digunakan dalam penelitian akan menjadi pembahasan utama dalam artikel ini. Variabel atau sering disebut sebagai faktor penelitian memiliki peran penting dalam suatu penelitian untuk pendidikan.

Variabel adalah segala hal yang akan menjadi obyek pengamatan dalam sebuah penelitian. Variabel ini akan menentukan bagaimana proses penelitian akan dijalankan.

Macam-macam Variabel

variabel bebas
slideshare.com

Variabel Terikat

Variabel terikat atau juga yang di sebut dengan variabel dependen sering disebut sebagai variabel terikat atau variabel dependen, adalah sejenis variabel yang diamati dari faktor dan diukur oleh peneliti dalam sebuah penelitian, untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel independen.

Dalam sebuah perancangan penelitian, seorang peneliti harus mengetahui dengan pasti apakah ada faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah seperti yang diperkirakan oleh peneliti.

Variabel Kontrol

Variabel kontrol juga disebut variabel kendali. Variabel ini merupakan variabel yang dicoba dinetralisir oleh peneliti dalam penelitiannya.

Variabel ini menyebabkan hubungan antara variabel bebas dan variabel dependen dapat tetap konstan. Variabel ini menghilangkan atau menghilangkan dampak yang dapat disebabkan oleh variabel moderasi.

Berikut adalah contoh penerapan ketiga variabel kendali ini dalam sebuah penelitian. Jika seorang peneliti ingin meneliti hubungan antara dua variabel, seperti variabel waktu yang dibutuhkan untuk pembelajaran dan prestasi belajar, masalahnya adalah:

Bagaimana hasil pembelajaran dapat dicapai jika waktu yang digunakan untuk belajar dibuat lebih sedikit atau lebih.

Waktu belajar yang digunakan adalah variabel bebas, sedangkan prestasi belajar adalah variabel terikat. Variabel bebas (learning time) diubah atau dimanipulasi sehingga menimbulkan perubahan pada variabel dependen (learning achievement).

Selain waktu, peneliti juga mempertimbangkan umur objek penelitian, maka faktor usia dianggap sebagai variabel kontrol.

Demikian tadi adalah penjelasan variabel bebas, variabel dependen dan variabel kontrol dalam suatu studi pendidikan. Semoga pengertian tersebut bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SatuJam.com lainnya.

Tinggalkan komentar