Variabel Dependen dan Independen Beserta Penjelasannya

VARIABEL DEPENDEN DAN INDEPENDEN – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang variabel. Kami akan menjelaskannya dengan sangat singkat tapi padat. Nah!! langsung saja mari kita baca saja dibawah ini.

Variabel Dependen Dan Independen

myfonts.com

Dalam sebuah penelitian, pastilah harus ada sebuah variabel penelitian. Variabel penelitian ini dapat mencerminkan karakteristik populasi yang ingin di teliti lebih dalam lagi.

Ada beberapa variabel penelitian dan diantaranya adalah variabel dependen dan independen kita akan menjelaskan kedua variabel tersebut. Langsung saja dibawah ini.

Variabel independen meruapakan variabel yang berguna untuk menjelaskan dan mempengaruhi variabel yang lainnya. Sedangkan untuk variabel dependen merupakan sebuah tipe variabel yang sering digunakan untuk menjelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen.

Kedua variabel tersebut sering sekali digunakan karena kedua variabel tersebut memiliki atau mempunyai kemampuan mengaplikasian yang sangat luas di jika bandingkan dengan variabel yang lainnya.

Tujuan dari penelitian, adalah seperti halnya dengan tujuan teori adalah untuk menjelaskan dan meprediksi fenomena dengan melakukan beberapa uji coba agar penelitian tersebut dapat berhasil.

Penjelasan atau prediksi untuk fenomena dengan cara sistematis dapat digambarkan dengan variabilitas dan dengan variabel-variabel dependan yang hanya dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel-variabel independen saja.

Bentuk dari hubungan antara variabel-variabel independen dengan variabel dependen, dapat juga berupa korelasional dan juga dengan hubungan sebab-akibat. Juga sesuai dengan fenomena sosial yang sulit untuk dijelaskan, bentuk dari hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen sangat bersifat positif.

Hubungan diantara variabel-variabel tersebut kemungkinan akan dipengeruhi oleh variabel yang lainnya. Salah satunya adalah variabel yang dinamakan dengan variabel moderating adalah tipe variabel yang memiliki pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variabel.

Sekian penjelsan dari kami tentang variabel semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada di bawah ini. Jika anda membutuhkan informasi yang bermanfaat yang lainnya anda bisa membaca artikel kami yang lainnya

Tinggalkan komentar