Kang Emil, Wali Kota Bandung yang Ngehits

Sosok wali kota yang selalu tampil segar dan muda. Status-statusnya di dunia maya selalu mendapatkan like dan komen sampai ribuan. Ridwan Kamil bahkan disebut-sebut sebagai walikota terbaik di dunia.

Nama lengkap wali kota Bandung ini adalah Mochamad Ridwan Kamil, S.T., MUD. Ia bukanlah wali kota yang ngehits karena pencitraan media massa yang berlebihan.

Ia ngehits karena talenta dan kecerdasannya. Jiwa mudanya memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, bukan hanya masyarakat Bandung.

Berikut ini kisah inspiratif perjalanan hidupnya yang penuh dengan liku-liku.

1

Anak yang Berjiwa Wirausaha

www.profilbos.com

Kang Emil dilahirkan di Bandung pada 4 Oktober 1971. Sejak kecil ia gemar berimajinasi. Ia suka melihat foto kota-kota di luar negeri. Sebuah kebiasaan yang jarang dimiliki oleh anak-anak seusianya.

Saat bersekolah di SD Negeri Banjarsari 3 Bandung, ia telah berjualan es mambo buatannya sendiri. Kesibukan wirausahanya ini tak menghalanginya mendapatkan prestasi yang gemilang. Ia selalu menduduki ranking 5 besar di kelasnya.

Ia melanjutkan sekolah di SMP Negeri 2 Bandung kemudian SMA Negeri 3 Bandung. Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Arsitektitur ia pilih sebagai tempat belajar meraih gelar sarjana.

Saat kuliah Kang Emil aktif di beberapa unit kegiatan mahasiswa dan unik kegiatan seni. Bakat wirausahanya terus terasah dengan membuat maket yang ia jual kepada dosen-dosennya.

2

Hidup Keras di Amerika Serikat

www.liputanterkini.com

Selepas sarjana, Kang Emil bekerja di Negeri Paman Sam. Namun hanya dalam 4 bulan, karirnya terpaksa berhenti. Krisis moneter di Indonesia berdampak pada karirnya ini.

Dia tetap bertahan di Amerika Serikat. Ia kemudian mendapatkan beasiswa S2 di University of California, Berkeley. Hidup sulit membuatnya harus makan hanya sekali dalam sehari dengan menu murah seharga 99 sen.

Kehidupan keras harus dijalani bersama istrinya Atalia Praratya. Saat cintanya ini akan melahirkan anak pertama mereka, Kang Emil tidak memiliki uang untuk membayar persalinan istrinya.

Ia kemudian mengaku sebagai warga miskin agar dapat mendapatkan biaya pengobatan gratis.

3

Membangun Urbane

www.i1os.com

Tahun 2002 Kang Emil pulang ke Indonesia. Pada tahun 2004 ia bersama teman-temannya membangun Urbane. Urbane adalah firma yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur, dan desain.

Teman-teman Kang Emil yang ikut mendirikan Urbane diantaranya Achmad D Tardiyana, Reza Nurtjahja, dan Irvan W Darwis. Urbane tak hanya menjelma menjadi perusahaan besar berskala nasional, namun juga terkenal hingga ke luar negeri.

Mereka telah mengerjakan Syria Al-Noor Ecopolis di Syria dan Suzhou Financial District di China. Sebuah tim yang beranggotakan orang-orang muda yang profesional dan idealis memberikan solusi masalah desain lingkungan dan perkotaan.

Proyek unik dari Urbane adalah proyek berbasis komunitas. Visi misi dari proyek berbasis komunitas ini adalah membantu orang-orang dalam sebuah komunitas perkotaan untuk memberi donasi dan keahlian-keahlian meningkatkan daerah sekitarnya.

4

Membangun Indonesia

www.kangeko.pkscoblong.org

Pada tahun 2013 Kang Emil terpilih sebagai wali kota Bandung didampingi oleh Oded Muhammad Danial. Ia maju sebagai wali kota dengan menggandeng Partai Gerindra dan PKS.

Perubahan-perubahan menjadi lebih baik telah dirasakan oleh masyarakat Bandung di bawah kepemimpinannya.

Selain menjabat sebagai wali kota, Kang Emil juga menjabat sebagai Prinsipal PT Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong dan San Fransisco), serta SAA (Singapura).

Kang Emil diamanahi menjadi ayah dari Camillia Laetitia Azzahra dan Emmiril Khan Mumtadz.

Tinggalkan komentar