6 Panduan Wisata Sebelum Berkunjung ke Water Kingdom

WATER KINGDOM – Sudah pernah dengar tempat wisata keluarga bernama Water Kingdom? Jika masih terlalu asing atau bahkan baru mendengarnya, berarti kamu butuh referensi lebih tentang tempat wisata yang satu ini. Karena mungkin saja kamu akan tertarik untuk menjadikannya sebagai tujuan wisata akhir pekan ini. Jadi berikut adalah panduan wisata sebelum bekunjung ke Water Kingdom.

Sekilas Tentang Water Kingdom

map (www.waterkingdom.co.id)
www.waterkingdom.co.id

Water Kingdom merupakan tempat wisata keluarga yang hampir sama dengan Water Boom. Tempat wisata yang satu ini banyak menyediakan wahana sebagai fasilitas utama dari Water Kingdom. Mulai dari wahana air sampai wahana anak dan keluarga selalu ramai dikunjungi.

Konsep yang ditawarkan oleh Water Kingdom adalah wisata keluarga. Sehingga baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berkunjung ke sini. Selain itu kawasan wisata ini juga bisa dijadikan rujukan untuk wisata buatan yang lokasinya dekat dengan kota.

Lokasi dan Akses Menuju Water Kingdom

1367665_20130205083650 (kaskus.co.id)
kaskus.co.id

Water Kingdom berlokasi di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km. 3, Cileungsi, Jawa Barat. Tempat ini juga dikenal sebagai Water Kingdom Family Aquatic Adventure Park Mekarsari. Aksesnya cukup mudah dijangkau khususnya dari Jakarta, Bogor dan Jawa Barat.

Tempat ini bisa diakses menggunakan kendaraan baik sepeda motor, mobil, maupun bus wisata. Hanya tinggal mengikuti jalur ke arah Cileungsi maka akan bisa menemukan tempat wisata ini. Khusus untuk hari libur biasanya lalulintas sangat padat terjadi di sana.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

1367665_20130205084423 (www.kaskus.co.id)
kaskus.co.id

Sebelum masuk dan berwisata di Water Kingdom setidaknya kamu harus tahu berapa harga tiketnya. Harga tiket berkisar di Rp 70.000,- untuk hari Senin – Jum’at (kecuali hari libur) dan Rp 95.000,- untuk Sabtu, Munggu dan Hari Libur. Sedangkan untuk event tertentu berkisar R 120.000,-.

Semua harga tersebut berlalu untuk dewasa dan anak-anak. Harga tidak termasuk wahana permainan tertentu, jadi beli tiket wahana lagi. Harga bisa berubah, jadi lihat di www.waterkingdom.co.id atau hubungi call center (021) 29232923. Water kingdom dibuka dari jam 09.00-17.00 WIB.

Wahana dan Fasilitas di Water Kingdom

maxresdefault (www.youtube.com)
www.youtube.com

Wahana yang ada di Water Kingdom cukup banyak, mulai dari wahana air maupun non air. Wahana-wahana tersebut diantaranya adalah Futsal Fountain, Futsal Fountain, Whirl Pool, Olympic Pool, Lazy River, Octopus Splash Pool, Wave Pool, Kiddy Pool, Toddler Pool, Racer Slide, Raft Slide dan Boomerang Slide.

Wahana yang dapat kamu nikmati di Water Kingdom

1. Boomerang Slide

water kingdom
waterkingdom.co.id

Boomerang Slide adalah salah satu wahana pertama yang terdapat di pulau Jawa. Wahana ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan petualangan air, tidak hanya itu wahana boomerang slide juga menantang adrenalin yang memiliki ketinggian hingga 15,8 meter. Boomerang slide tidak hanya tinggi tapi juga panjang, panjang wahana yang satu ini mencapai 118 meter.

Lintasan yang meliuk-liuk, kecepatan tinggi dan jalur yang mencapai kemiringan hingga 70 drajat akan kamu rasakan jika kamu bermain wahana yang satu ini. Keamanan wahana boomerang slide sangat diperhatikan, untuk menaiki dan menikmati wahana ini sebaiknya kamu menggunakan ban yang bisa untuk dua orang, karena selain aman akan menambah keseruan dalam menikmati wahana ini.

2. Raft Slide

water kingdom
waterkingdom.co.id

Raft slide adalah salah satu wahana yang tidak kalah menantang juga, wahana slide kembar bisa kamu dapatkan di water kingdom, kedua wahana ini menjadi wahana terpanjang, dengan kepanjangan yang mencapai 229 meter, angka ini cukup panjang untuk wahana slide. Raft slide  memiliki perbedaan bukan hanya dari warna orange dan purple (ungu) saja tapi sensai yang dirasakan sangat berbeda dengan keunikan masing-masing.

Slide dengan warna orange, akan membuat kamu merasakan sensasi yang menegangkan, kerena slide ini tertutup, kamu akan merasa berada di terowongan gelap gulita selain itu slide orange juga akan membuat perjalanan kamu terasa lebih lama, karena slide yang satu ini memiliki kepanjangan 229 meter.

Berbeda dengan slide orange, slide purple akan membuat kamu menikmati pemandangan yang dapat membuat merinding, wahana slide purple berada di ketinggian 10,5 meter selain itu juga slide ini merupakan slide yang terbuka. Jalur untuk slidepurple banyak belokan tidak terduga yang mampu menggoncangkan perut kamu.

3. Racer Slide

water kingdom
waterkingdom.co.id

Racer slider adalah wahana yang cocok buat kamu yang mempunyai jika kompetitif (bersaing), kenapa? Karena wahana ini menghadirkan jalur turunan yang lurus sama seperti bermain prosotan hanya saja ini memiliki tinggi dan ukuran yang lebih besar tentunya. Wahana ini bisa dijadikan balapan dan adu kecepatan yang tentunya akan membuat kamu tertantang untuk menaiki bersama teman.

Wahana race slide yang berada di water kingdom memiliki jalur yang cukup panjang yaitu, 50 meter dengan ketinggian 8,3 meter yang tentunya akan membuat jantung berdebar karena bukan hanya tinggi wahana ini juga menukik. Kecepatan bisa ditambah kalau kamu menggunakan rubber board yang pastinya sudah tersedia dan siap dipakai.

4. Toddler Pool

water kingdom
waterkingdom.co.id

Toddler pool adalah wahana yang dibuat khusus untuk bermain anak-anak, wahana yang satu ini dirancang dan didesain khusus untuk anak-anak dengan keamanan yang tentunya terjaga. Wahana ini cocok buat orangtua yang khawatir jika anaknya bermain air, kedalaman dan bentuk kolam sudah disesuaikan untuk keselamatan dan keamanan anak balita.

5. Kiddy Pool

water kingdom
waterkingdom.co.id

Kiddy pool adalah kolam renang yang di dalamnya terdapat banyak mainan dan wahana-wahana kecil lainnya, seperti perosotan, ember tumpah dan terowongan yang pastinya akan membuat anak-anak betah berlama-lama bermain di kolam yang satu ini. Ember tumpah adalah fasilitas yang ada di kiddy pool, ember tumpah terjadi setiap 5 menit sekali.

6. Wave Pool

waterkingdom.co.id
waterkingdom.co.id

Wave pool adalah wahana kolam renang yang di sana kamu dapat merasakan guncangan ombak, ya wahana ini dapat menghasilkan ombak buatan. Wave pool sangat disarankan buat kamu yang suka dengan ombak, wahana ini juga sudah dirancang agar kamu tetap aman, karena jika kamu bermain di laut kamu bisa saja terbawa ombak sampai ketengah.

Kamu akan terombang-ambing di air, ombak buatan ini akan membuat kamu merasakan sensasi yang berbeda, selain itu kecepatan ombak juga bervariasi dan selalu berubah-ubah. Di water kingdom kamu dapat bermain dan berkeliling di wahana wave pool karena mempunyai luas mencapai 1.318 meter. Lifeguard akan terus memantau dan siap membantu jika terjadi sesuatu dengan kamu.

7. Octopus Splash Pool

Wahana berikutnya yang ada di objek wisata Water Kingdom adalah octopus splash pool. Yaitu sebuah wahana kolam kastil kerajaan gurita yang sangat mengasyikan. Wahana yang dijadikan kediaman tempat Raja Gurita ini menyediakan ruang yang sangat luas bagi bermain anak-anak dan juga keluarga anda untuk mencoba menelusuri lorong-lorong serta seluncuran di dalam kastil.

Terkadang sang Raja Gurita akan menyemburkan air yang berasal dalam tubuhnya. Keseruan semakin bertambah karena setiap 5 menit sekali akan ada sebuah ember raksasa yang menumpahkan air dari ketinggian 4 meter.

Karena bentuk kastilnya yang terkesan artistik dan dipenuhi banyak warna, octopus splashpool juga sering dijadikan spot berfoto bersama keluarga dan sahabat-sahabat tercinta anda. Jangan sampai melewatkan permainan menarik yang satu ini ya!

8. Lazy River

Di wahana lazy river ini anda bisa bersantai sambil bermalas-malasan mengikuti arus air yang tenang di sebuah sungai buatan sepanjang 600 meter dengan lebar 4,5 meter dan kedalaman 1,2 meter. Sesekali percikan air sungai akan membasahi wajah dan tubuh anda yang akan memberikan rasa sejuk dan nyaman. Arus air sungai yang mengayun lambat di antara gemercik air dan pekikan kegembiraan para pengunjung semakin menambah keasyikan bermain di sini.

Wahana lazy river ini bisa dimainkan sendiri maupun bersama-sama dengan keluarga atau teman-teman anda. Sambil menaiki tube yang nyaman akan ada banyak cerita lucu dan seru sambil bersenda gurau di sini. Kawasan lazy river dengan area seluas 2689.37 meter persegi ini akan membuat sebagian waktu anda dihabiskan di sini.

9. Olympic Pool

Apa yang akan terjadi jika arena kolam renang standar internasional yang biasanya digunakan dalam berbagai ajang kejuaraan renang internasional didesain sedemikian rupa sehingga menjadi wahana kolam renang yang sangat bersahabat dan nyaman bagi anda dan keluarga untuk bersantai ria sembari menikmati cuaca yang hangat? Olympic Pool yang merupakan sebuah wahana di Water Kingdom merupakan jawabannya.

Kolam renang berbentuk oval dengan dimensi seluas 945 meter persegi ini memang sengaja didesain untuk memanjakan anda dan keluarga maupun teman-teman tercinta anda dalam memanfaatkan waktu liburan.  Wahana yang dilengkapi dengan body slides dan sunken bar ini mampu menyuguhkan atmosfer yang begitu berbeda bagi anda yang ingin mencoba merasakan sensasi sebuah kolam renang standar internasional yang rileks dan bersahabat.

10. Whirl Pool

Whirl Pool adalah sebuah kolam air seluas 91,96 meter persegi yang dihasilkan oleh pertemuan 2 arus yang saling berlawanan. Whirl Pool di Water Kingdom ini merupakan yang terluas dan yang pertama di Indonesia. Bercengkrama bersama teman dan keluarga akan terasa lebih menyenangkan dilakukan di Whirl Pool sambil merasakan pusaran air menyelimuti sekujur tubuh anda.

11. Leisure Pool

Menikmati momen kebersamaan bersama keluarga maupun orang-orang tercinta dengan bersantai di kolam air yang memiliki landscape yang menakjubkan dengan pemandangan langsung menuju ke sebuah danau tentunya akan membuat anda merasa lebih tenang dan damai.

12. Futsal Fountain

Di sini anda bisa menunjukan skill bermain futsal anda sekaligus mengasah kemampuan anda mengolah si kulit bundar di lapangan futsal berbahan rubber yang disirami air yang berasal dari sebuah air mancur buatan yang keluar dari lapangan. Pengalaman yang sangat menyenangkan bukan?

Selain itu juga ada fasilitas penunjang lainnya di Water Kingdom untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya adalah area parkir, area piknik, mushola, panggung, cabana, klinik, panggung, dermaga dan lobi. Beberapa wahana dan fasilitas non air akan dikenakan biaya tambahan.

Fasilitas yang dapat kamu nikmati di Water Kingdom

1. Loby

Bangunan utama yang mendominasi bagian depan Water Kingdom Mekarsari ini didesain unik dengan bentuk menyerupai sebuah kapal. Gedung ini mempunyai tiga buah gerbang utama yang digunakan untuk jalur keluar-masuk Water Kingdom Mekarsari.

Begitu masuk ke dalam gedung kapal ini, dipastikan kita akan merasakan sejuk dan lega berkat langit-langitnya yang tinggi dan ruangnya yang terbentang luas.

Ticket box atau tempat pembayaran tiket berada di areal ini yang juga dilengkapi souvenir shop atau toko souvenir bagi pengunjung yang berniat membeli bermacam-macam cinderamata ala Water Kingdom Mekarsari.

Jangan lupa untuk menyantap berbagai variasi makanan ringan dan minuman yang tersedia di coffee shop di dalamnya. Selain bisa bersantai, areal loby bisa dipakai sebagai meeting point bagi pengunjung rombongan maupun individu.

2.Dermaga

water kingdom
waterkingdom.co.id

Tempat ini merupakan spot yang sempurna bagi kamu yang ingin mengabadikan momen tak terlupakan bersama keluarga, kawan, serta orang-orang tercinta.

Pemandangan alam indah yang tercipta dari danau Cipinung, gunung Gede Pangrango, serta gunung Salak menjadikan tempat ini memberikan kesan tersendiri bagi para pecinta fotografi. Juga cocok untuk pemotretan pre-wedding di alam terbuka.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari (TWM), cukup menyebrang menggunakan jembatan yang terhubung ke pulau Satu Mekarsari dengan harga yang spesial.

3. Panggung

Tidak hanya menawarkan kolam renang dan papan luncuran saja, Water Kingdom Mekarsari (WKM) juga menyediakan panggung untuk keperluan pertunjukan/konser agar liburan kamu lebih semarak.

Panggung utama memiliki ukuran 16 x 9 meter dengan tinggi 1,5 meter tersebut sering menampilkan peragaan busana,acara gathering, serta pertunjukan musik. Letaknya yang berada di tengah areal WKM menghadap ke arah selatan membuatnya dapat dengan mudah dilihat dari berbagai arah.

4. Klinik

Keselamatan bagi pengunjung selalu diutamakan dan menjadi komitmen Water Kingdom Mekarsari. Apabila ada pengunjung yang mengalami hal yang tak diinginkan atau perlu pertolongan medis secepatnya, maka WKM siap memberikan pertolongan pertama di ruang kliniknya.

Klinik yang telah dilengkapi tim paramedik yang selalu siaga beserta alat mediknya yang memadai, siap merawat korban yang mengalami cidera atau bahkan melakukan operasi skala kecil.

Jika ternyata kondisi korban cukup serius, WKM juga telah menyediakan satu unit ambulans yang juga selalu siaga untuk mengantar korban ke rumah sakit terdekat.

5. Mushola

water kingdom
waterkingdom.co.id

Liburan bersama keluarga memang sangat asik dan menyenangkan, bahkan kadang bisa membuat kamu lupa dengan waktu.

Bagi pengunjung muslim yang wajib melaksanakan shalat Dzuhur dan Ashar bisa menunaikannya di mushola yang sudah disediakan oleh Water Kingdom Mekarsari. Ada dua ruang mushola yang mudah dijangkau dan memadai. Pengunjung dipastikan tidak akan melewatkan waktu karena informasi tempat mushola selalu diumumkan setiap masuk waktu shalat.

6. Parkir

Water Kingdom Mekarsari selain menyediakan berbagai fasilitas menarik di bagian dalamnya juga memiliki fasilitas parkir. Area parkir disediakan sangat luas hingga bisa menampung lebih dari 2000 buah kendaraan roda empat.

7. Area Piknik

kamu tak perlu jauh-jauh mencari area untuk piknik di pinggiran danau atau sungai bersama keluarga tercinta karena Water Kingdom Mekarsari telah menyediakan fasilitas area piknik yang luas.

Jika kamu dan keluarga memerlukan alas untuk duduk di area tersebut WKM juga menyediakan matras yang bisa diduduki oleh 3-4 orang. Area ini juga sangat cocok untuk rombongan sebagai tempat gathering, berkemah atau membuat pesta barbeque.

8. Cabana/Saung

water kingdom
waterkingdom.co.id

Water Kingdom Mekarsari sudah menyediakan fasilitas sebanyak 44 cabana yang tersebar hingga ke semua area secara merata. Cabana-cabana tersebut didesain untuk bisa menampung 4-6 orang yang bisa memberikan suasana nyaman dan rileks untuk kamu sekeluarga.

Letak cabana yang strategis dengan ditumbuhi pepohonan menyejukkan semakin membuat kamu santai sambil menikmati pemandangan. Anak-anak pun bisa diawasi dengan lebih mudah dan tenang. Satu hal yang pasti WKM selalu memberikan pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan untuk kamu sekeluarga.

9. D’Cabin

water kingdom
waterkingdom.co.id

Fasilitas ini bisa digunakan untuk kamu sekeluarga sebagai tempat bersantai, menunggu, serta beristirahat dengan santai. Dilengkapi dengan AC, TV, sofa bed, toilet pribadi serta shower air hangat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian lezat yang bisa dipesan dari Rumah Air Resto.

Kuliner di Water Kingdom

1367665_20130205085140
kaskus.co.id

Di Water Kingdom tidak hanya disajikan beberapa fasilitas dan wahana saja, namun juga kuliner-kuliner. Jadi bagi kamu yang lapar bisa langsung menjajal beberapa pilihan kuliner di sana. Beberapa kuliner tersebut adalah Gold Chicken, Juice Corner, Food Court, Rumah Air Express, Rumah Air Resto Mekarsari, Sunken Bar 1 & 2.

water kingdom
rancupid.blogspot.co.id

Berikut kita ulas satu persatu kuliner yang terdapat di Wisata Water Kingdom. Oh ya sekedar info pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman sendiri dari luar wahana. Kalau sudah terlanjur membawa akan dikenakan biaya meals surcharge sebesar RP. 100.000 / kunjungan.

1. Gold Chicken

Sesuai namanya, menu utamanya adalah ayam. Gerai yang mempunyai  slogan Quality Chicken Meet Quality Chef merupakan gerai fast food yang menawarkan ayam cepat saji dengan mengutamakan kemasan modern dan tentunya cita rasa yang enak.

Terdapat paket lengkap dengan harga termurah RP. 21.000 didalamnya sudah termasuk nasi, fried chicken, dan minuman. Kamu harus sedikit bersabar mengantri karena saat weekend tempat ini sangat ramai.  

Rumah ayam ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan menjamin mutu dan kualitas setiap masakan, juga menawarkan suasana santap yang menarik dimana kamu dan keluarga yang berkunjung ke gold chicken dapat melihat toddler pool dan kiddy pool serta panorama dari Danau Cipicung – Taman Buah Mekarsari.

2. Food court

Untuk kamu yang menginginkan untuk menikmati berbagai macam pilihan kuliner Nusantara, dari mulai paket nasi dan ayam sampai camilan ada. Harga yang ditawarkan pun standar. Standar tempat wisata tentunya. Terdapat pula nasi goreng, mie, sate dari mulai RP. 20.000 sampai RP. 30.000. Lokasi food court berada di dekat Giant Stage, panggung utama di wisata ini.

3. Rumah Air Resto Mekarsari

Terkhusus bagi pengunjung Water Kingdom yang ingin merasakan nuansa makan berbeda, baik bersama keluarga maupun berdua dengan pasangan, bisa mencoba restoran yang terdapat di dekat Water Kingdom ini. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat pertemuan di luar kantor.

Rumah Air Resto Mekarsari menawarkan sensasi yang berbeda karena menawarkan suasana saung seperti di pedesaan dan dikelilingi dengan kolam ikan, bangunan menyerupai gazebo yang terbuat dari kayu. Suasana yang teduh dipadukan dengan hembusan angin dari Danau Cipicung akan memberikan kesan nyaman dan membuat betah untuk terus disana.

Menyantap makanan sambil mendengarkan suara gemericik air tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri untuk pengunjung. Selain saung juga terdapat ruang dengan interior modern yang dilengkapi dengan pendingin udara. Bisa menjadi ruang alternatif bagi pengunjung yang ingin bersantap sambil duduk santai di sofa.

Restoran ini bisa dikunjungi tanpa harus masuk ke wahana Water Kingdom. Menjadikan tempat ini sebagai alternatif tempat makan siang pilihan. Masakan andalannya adalah masakan khas sunda semisal Patin Garang Asam, Gurame Bumbu Rujak, Gulai Ikan Patin juga Patin Panggang Bambu. Terdapat juga menu western seperti Calamari with Tar-tar Sauce, Spaghetti Bolognaise dll.

Terdapat paket di restoran ini diantaranya Wedding Package (Paket Pernikahan), Gathering Package, Meeting Package dan Facility Package. Terdapat fasilitas dengan kapasitas 1.000 orang untuk ruang pertemuan atau pesta pernikahan. Terdapat juga ruang dengan kapasitas 100 orang yang biasanya digunakan untuk ruang pertemuan.

4. Juice Corner

Gerai jus, dengan menyediakan berbagai pilihan jus asli segar. Dengan aneka menu pilihan baik fresh juice atau soft drink biasa. Kamu bisa bermain di wahana yang ada sambil minum jus yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Juice Corner berlokasi dekat dengan Boomerang Slide.

5. Rumah Ali Express

Gerai rumah ali Express berada di area Futsal Fountain/Giant Stage. Menu andalan yang ditawarkan adalah menu Sundanese. Menu-menu yang disajikan secara display dapat dipilih sendiri oleh para penikmat sejati kuliner dari kota kembang ini.

6. Sunken Bar 1 & 2

Ketika asik berenang dan merasa lapar pengunjung tidak harus keluar dari wahana kolam renang. Karena terdapat Pool Side Cafe, cafe yang terdapat di pojok kola. Dimana pengunjung dapat langsung memesan makanan dan minuman saat tengah berada di kolam renang. Menu yang tersedia adalah minuman dingin, panas dan light meals, makanan ringan.  Sunken bar berlokasi di dua tempat yaitu Olympic Pool dan Leisure Pool.

Pastikan kamu memilih kuliner yang cocok untuk disantap baik sendiri maupun bersama keluarga. Sebaiknya juga pilih waktu yang tepat untuk merapat ke area kuliner tersebut. Sebab ramainya pengunjung bisa juga menyebabkan antrian panjang di area kuliner.

Saran dan Tips Wisata di Water Kingdom

1367665_20130205085249
kaskus.co.id

Beberapa saran dan tips mungkin perlu untuk kamu yang punya tujuan berwisata di sini. Tujuannya agar kamu tidak bingung dan ada antisipasi sebelum ke Water Kingdom. Beberapa saran dan tips tersebut sebenarnya remeh, tapi penting, jadi harus diperhatikan.

Semua wahana air semuanya gratis karena sudah termasuk biaya tiket masuk. Sedangkan wahana non air dikenakan biaya tambahan. Penyewaan cabana, loker dan ban juga dikenai biaya tambahan. HTM normal berlaku untuk anak usia 1 tahun ke atas. Tidak boleh membawa makanan ke dalam, jadi kalau bawa bekal sebaiknya makan di luar atau di area parkir.

Tinggalkan komentar