11 Ide Brilian Untuk Menjawab “Ada yang Ditanyakan?” Saat Wawancara Kerja

Tentu saja wawancara kerja adalah tahapan yang serius sekaligus krusial. Jika kamu kamu telah sampai pada tahap ini ketika melamar pekerjaan, itu seolah kamu tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Namun, ketika kamu berpkir untuk belajar keras dan berhaap dapat menjawab seluruh pertanyaan, kamu lupa untuk belajar bertanya. Pada salah satu bagian wawancara, pewawancara atau interviewer akan bertanya.

Pertanyaan yang sangat menjebak dan berbahaya, “ada yang perlu anda tanyakan pada saya?”. Jika kamu menjawab “tidak”, itu adalah kesalahan besar, kamu harus bertanya dan yang kamu tanyakan haruslah sesuatu yang tidak diduga oleh interviewer.

Nah, di bawah ini adalah ide – ide brilian mengenai pertanyaan apa yang seharusnya kamu ajukan kepada interviewer.

Perubahan dan Progress

unsplash.com

Tanyakan, “Apa perubahan terbesar yang telah dicapai oleh perusahaan dalam setahun terakhir? Apakah perusahaan merasa bahwa terdapat progress dalam hal ekonomi dan bisnis?”

Dengan pertanyaan ini, kamu menunjukkan bahwa diri kamu tertarik untuk memperbaiki capaian yang belum maksimal oleh perusahaan tahun ini.

Performa Saya

unsplash.com

“Jika saya diterima, bagaimana caranya saya dapat meraih ‘bintang emas’ dalam review performa pekerjaan saya? Apa kunci kriteria yang harus saya lakukan untuk dapat menampilkan performa terbaik dalam pandangan anda?”

My Future Boss

unsplash.com

Untuk menunjukkan antusiame dalam bekerja sebagai bagian dari tim, kamu harus menanyakan tentang bos kamu. Misalnya tanyakanlah, “Seperti apa gaya kepemimpinan anda (atau pimpinan unit kerja saya kelak)?”

Kompetitor

unsplash.com

Agar kamu dinilai sebagai pribadi yang bersemangat, tentu saja tanyakan tentang kekhawatiran perusahaan tentang kompetitornya. “Kompetitor yang manakah yang paling anda cemaskan?”

Dengan pertanyaan ini, kamu akan menunjukkan bahwa kamu siap untuk belajar dan menyusun rencana dan ide yang cerdas untuk bersaing dengan kompetitor perusahaan.

Cara Kerja

unsplash.com

Atau tunjukkan antusiasme pada unit kerja yang akan kamu tempati jika diterima dengan pertanyaan “Bagaimana cara kerja penjualan / produksi / teknologi / marketing / finansial di perusahaan ini?”.

Pekerja Sukses

unsplash.com

Tentu saja interviewer kamu ingin kamu menjadi pekerja yang sukses, maka tanyakanlah “Seperti apa tipe orang sukses di perusahaan ini? Dan seperti apakah tipe orang yang gagal di perusahaan ini?”.

Rahasia Sukses Perusahaan

unsplash.com

Perusahaan perlu diberikan sanjungan, barangkali pertanyaan ini tepat sebagai sanjungan yang tidak langsung namun sangat brilian, “Apa kunci sukses perusahaan ini yang tidak diketahui oleh orang dari perusahaan lain manapun?”.

Pengumuman

unsplash.com

Menanyakan kapan hasil wawancara akan diumumkan adalah salah satu cara yang tepat untuk menunjukkan keinginan kamu untuk segera bekerja di perusahaan ini.

Jadi, tanyakanlah “Kapan hasil wawancara ini akan diputuskan atau diumumkan? Kapan saya harus segera menghubungi anda kembali?”.

Informasi Bersama

unsplash.com

“Informasi tentang apa saja kah yang boleh diketahui oleh pekerja (pendapatan, biaya, data operasional)? Bagaimana informasi saling dibagikan (sharing) antar pekerja? Bagaimana saya mendapatkan informasi  tentang cara sukses di perusahaan ini?”

Ritme Kerja

unsplash.com

“Seperti apakah ritme kerja dalam perusahaan ini? Apakah ada waktu tertentu dalam satu tahun saat perusahaan begitu berhasil, ataukah cukup konsisten selama setahun penuh? Bagaimana dengan ritme kerja mingguan atau bulanan?”

Heroes

unsplash.com

“Siapakah ‘pahlawan’ dalam perusahaan ini? Karakter pekerja seperti apa yang paling dibanggakan bersama dalam perusahaan ini?”

“Maksud dari pertanyaan saya adalah, seperti apakah karakter oarang yang anda pekerjakan dan seperti apakah karakter pekerja yang anda pecat atau anda tinggalkan?”

Bagaimana? Apakah ide – ide di atas dapat menginspirasi kamu dan membuat kamu yakin untuk menghadapi wawancara kerja?

Tinggalkan komentar