6 Spot Wisata Alam yang Tersedia Di Daerah Kabupaten Sukoharjo

Sukoharjo sebuah wilayah kabupaten yang terletak di jawa tengah bagian timur selatan. Terkenal dengan slogannya yaitu “Sukoharjo Makmur”. Terletak di antara kabupaten Wonogiri dan Kota Solo.

Berbatasan langsung dengan Solo di sebelah utara, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten karanganyar. Kemudian ada kabupaten Wonogiri dan Gunung Kidul di sebelah selatan.

Kabupaten Sukoharjo terletak diantara wilayah kabupaten yang syarat dengan tempat wisata. Kalau bicara tentang tempat wisata pastinya orang akan sedikit melupakan Sukoharjo dan langsung merujuk ke Tawangmangu atau Gunung Kidul.

Namun jangan salah, jangan remehkan keberadaan kabupaten Sukoharjo. Kalau kamu mau melihat lebih teliti lagi maka kamu bisa menemukan tempat wisata yang cukup kece badai.

Penasaran bukan ada wisata apa saja di kabupaten Sukoharjo ini? Siapkan buku dan pulpennya untuk mencatat nama tempatnya. Catat dan simpan barangkali suatu saat kamu berkunjung ke kabupaten Sukoharjo.

Gunung Sepikul

ngadem.com

Udara yang masih murni khas pedesaan terasa sangat menyegarkan ketika berkunjung ke daerah gunung sepikul ini. Gunung sepikul berwujud sebuah bukit batuan yang cukup besar.

Terletak di Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Menurut mitosnya gunung sepikul adalah batuan yang dibawa Bandung Bondowoso untuk membangun candi Roro Jonggrang namun terjatuh di Sukoharjo.

Kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Mengembalikan semangatmu setelah lelah bekerja selama seminggu. Dulunya lokasi ini juga dipakai untuk syuting film wiro sableng.

Telaga Biru

ngadem.com

Secara administratif telaga biru ini masuk dalam kawasan Gunung Kidul. Namun karena letaknya yang sangat dekat dengan Sukoharjo, kawasan wisata telaga biru dijadikan primadona oleh anak muda Sukoharjo.

Terletak di desa Tandansari. Disarankan untuk datang ketika siang hari. Kenapa harus siang hari? Karena ketika siang cahaya matahari akan memancar membuat telaga ini berubah menjadi biru yang sangat indah.

Terdapat spot tebing bekas pertambangan yang bisa kamu gunakan untuk foto foto, tapi ingat harus tetap berhati hati. Tersedia juga persewaan perahu kecil bagi yang ingin berlayar ke tengah danau.

Bendungan Colo

ngadem.com

Di Sukoharjo tepatnya di Kecamatan Nguter terdapat sebuah bendungan yang tidak kalah bagus dengan tempat lainnya. Namanya bendungan Colo. Di sini kamu bisa memancing atau berfoto ria dengan pemandangan yang menakjubkan.

Bendungan yang melintasi sungai bengawan solo ini letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri. Kamu tertarik dengan keasyikan bermain di bendungan Colo? Langsung saja ke lokasi, tidak dipungut biaya tiket masuk apapun alias GRATIS!

Telaga Claket

ngadem.com

Telaga ini juga sangat populer di kalangan pemuda Sukoharjo. Walaupun secara administratif masuk wilayah Kabupaten Wonogiri tapi letaknya yang berbatasan langsung dengan Sukoharjo membuat telaga ini ramai dikunjungi anak muda Sukoharjo.

Area telaga claket ini memang tidak terlalu luas seperti tempat wisata lain. Tapi suasananya yang asri sangat cocok untuk mendinginkan pikiran yang sedang penat. Tidak dipungut biaya masuk.

Waduk Mulur

ngadem.com

Terletak di desa Kenep, kelurahan Combongan kecamatan Sukoharjo. Waduk yang sangat cocok untuk pecinta mancing. Kamu bisa membeli ikan di keramba milik warga sekitar.

Kamu juga bisa memancing ikan sendiri di waduk Mulur ini. Kalau kamu lapar, tidak usah khawatir, tersedia banyak warung yang menjual berbagai olahan ikan. Tinggal pilih mana yang kamu suka.

Curug Krajan

ngadem.com

Curug ini terletak di desa Krajan, Watu Kelir, Weru, Sukoharjo. Berbatasan langsung dengan kabupaten Gunung Kidul. Curug yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Masih cukup sepi dan asri di sini.

Kamu hanya perlu membayar seribu rupiah untuk parkir. Kemudian dari area parkir kamu harus berjalan sekitar 200 meter untuk sampai di curug.

Belum dikelola jadi fasilitas seperti tempat sampah belum ada, penulis ingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Tinggalkan komentar