78+ Tempat Wisata Bandung yang Asik Untuk Dikunjungi

WISATA BANDUNG – Bagi kamu penikmat perjalanan, jangan pernah melawatkan Kota Bandung. Karena kota yang satu ini sudah sangat terkenal akan tempat wisatanya yang sangat indah dan menyenangkan.

Iklim bandung yang sejuk, kondisi alam yang mendukung serta keramahan masyarakatnya seolah menempatkan Kota Bandung menjadi tempat pariwisata favorit, terutama pada saat akhir pekan dan masa liburan.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang di Bandung atau akan mengunjungi Bandung, berikut beberapa referensi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Bandung: Museum Geologi

wisata bandung geologi
initempatwisata.com

Museum geologi ini termasuk salah satu museum tertua di Bandung. Museum ini didirikan pada tahun 1928. Banyak para wisatawan mengunjungi museum ini, khususnya para pelajar. Karena mereka bisa menggali ilmu melalui museum ini. Selain itu, terdapat juga wisatawan mancanegara berkunjung di museum geologi ini.

Wisata Bandung Cihampelas Walk

Ciwalk wisata bandung
initempatwisata.com

Cihampelas Walk atau lebih dikenal dengan sebutan Ciwalk, merupakan kawasan belanja berbagai jenis pakaian, tas dan sebagainya dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, produk-produk yang dijual di Ciwalk termasuk produk berkualitas tinggi. Oleh karena itu, Ciwalk tidak lepas dari serbuan para wisatawan.

Terkadang, Ciwalk ini menjadi destinasi akhir saat wisatawan mengunjungi Bandung. Karena mereka ingin berbelanja sepuasnya untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu, terkadang juga wisatawan mengunjungi Kota Bandung hanya untuk berbelanja di Ciwalk saja. Biasanya, mereka wisatawan dari Jakarta.

Wisata Trans Studio Bandung

wisata bandung trans studio
initempatwisata.com/

Trans Studio bandung bisa dikatakan tempat wisata elit di Bandung. Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam wahana yang sangat mengasikkan. Selain itu, lokasinya terdapat di dalam gedung. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika kamu mengunjungi Trans Studio Bandung pada saat musim hujan.

Selain menawarkan puluhan wahana permainanan yang mengasikkan, Trans Studio Bandung juga menawarkan beberapa pertunjukkan yang bertema teatrikal, seperti Kabayan Goes to Hollywood, Legenda Putera Mahkota, Petualangan si Bolang dan zoo crew, Special Effect action show, New Parade & Laser Show dan Trans Studio Big Band.

Museum Konferensi Asia Afrika

wisata bandung museum asia afrika
initempatwisata.com

Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah, kamu akan mendapatkan pelajaran sejarah yang membahas mengenai Konferensi Asia Afrika.

Namun, tahukah kamu bahwa konfrensi tersebut dibuatkan sebuah museum? Ya, terdapat museum Konfrensi Asia Afrika di bandung.

Museum Konfrensi Asia Afrika menyimpan banyak kenangan sebuah acara dunia yang sangat terkenal. Acara tersebut diadakan di Bandung pada 18-24 April 1955.

Dalam konferensi tersebut, menghasilkan sebuah keputusan yang di sebut Dasa Sila Bandung, yakni sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan.

Wisata Bandung Museum Sri Baduga

http://www.initempatwisata.com/
http://www.initempatwisata.com/

Museum Sri Baduga bisa dikatakan tempat wisata bandung terbaik untuk mendapatkan informasi mengenai perjalanan sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa Barat serta fase perkembangan dan perubahannya.

Museum Sri Baduga menyimpan sekitar 5.367 koleksi sejarah, baik berupa foto, replika, miniatur dan sebagainya. Tempat seperti ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan sejarah, khususnya sejarah kebudayaan.

Kolam Renang Karang Setra

http://www.initempatwisata.com/
http://www.initempatwisata.com/

Nah, jika kamu ingin mengetahui kolam renang terluas se-Asia Tenggara, kamu bisa mengunjungi kolam renang karang setra. Kolam renang ini pernah didapuk menjadi kolam renang terluas se-Asia Tenggara pada saat diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada tahun 1954. Kolam renang ini memiliki luas area sekitar 6 hektar.

Dengan luas area sekitar 6 hektar tersebut, kamu bisa menemukan berbagai wahana permainan air modern, seperti seperti Kolam Prestasi, Waterboom dengan panjang lintasan 86 meter, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk dan Ruang Gempa.

 

Wisata Maribaya Lembang

curug maribaya
bp.blogspot.com

Wisata Bandung Maribaya Lembang kini tampil lebih cantik dan semakin memanjakan mata. Sejak dulu, Maribaya Lembang terkenal sebagai satu diantara wisata terfavorit di kawasan Bandung bagian utara. Sayangnya wisata ini terkenal dan identik dengan lokasi yang kumuh, jorok, serta tempat favorit bagi muda mudi yang sedang dimabuk cinta atau yang biasa kita kenal dengan istilah ‘pacaran’.

Setelah dilakukan perbaikan besar-besarn dalam waktu cukup lama, kini kawasan ini telah meregenerasi managementnya dan berganti nama menjadi Maribaya Resort Bandung. Tampilan dan fasilitasnya kini jauh berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, bisa dikatakan 180 derajat. Yang dulu terkenal kumuh, dan jorok kini berganti wajah menjadi jauh lebih bersih, nyaman dan indah. jika kamu ingin tahu lebih lenjut tentang wisata ini, mari kita simak review tentang tempat wisata di Bandung utara ini.

Kawasan Maribaya Lembang memang telah lama dikenal oleh warga dan masyarakat Bandung, tidak jaranga banyak orang paruh baya datang ke tempat ini untuk bernolstalgia bersama pasangan hidupnya, kalau soal umur, wisata ini sudah berusia puluhan tahun terbukti, dengan hadirnya wisatawan yang paru baya datang bersama anak dan cucu mereka.

Lokasi ini bisa dibilang sebagai satu diantara tempat favorit sekaligus legendaris di Bandung, kenapa? Karena temapt ini menjadi destinasi favorit orang tua zaman dulu. Di tempat ini kita akan disajikan dengan indahnya pemandangan air terjun, berendam air panas, dan menikmati hutan hijau yang kebetulan lokasinya berdekatan dan berbatasan langsung dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Setelah direnovasi cukup lama akhirnya sekitar bulan Juli 2015 wisata ini kembali dibuka untuk umum, tentunya dengan berbagai keindahan dan konsep yang jauh lebih berbeda dan bewarna. Saat ini lokasi Maribaya Bandung dikenal dengan sebutan Maribaya Resort, atau Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Masjid Raya Bandung

masjid raya bandung
bandung.co

Masjid Raya Bandung propinsi Jawa Barat merupakan icon wisata Bandung sekaligus masjid terbesar dan termegah yang ada di kota Bandung, Propinsi Jawa Barat. Masjid ini dulu dikenal dengan sebutan Masjid Agung Bandung mengingat lokasinya yang berada tepat di ibukota Jawa Barat.

Saat ini masjid raya Bandung berstatus sebagai masjid pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Masjid ini pertama kali didirikan pada tahun 1810, dan sejak pertama kali didirikan, Masjid Agung telah melalui delapan kali renovasi dan perombakan. Renovasi pertama dilakukan pada abad ke-19, kemudian dilanjutkan pada abad 20 sebanyak lima kali hingga akhirnya dilakukan renovasi besar-besaran pada tahun 2001.

Hingga tepat pada 4 Juni 2003 Masjid Raya Bandung diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu{pecinta|penggemar|penghobi|pemburu} yaitu H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda.

Sebagaimana yang kita lihat saat ini, Masjid Raya Bandung memiliki dua menara kembar nan megah yang terletak di sisi kiri dan kanan masjid. Kabarnya menara masjid tersebut memiliki ketinggian 81 meter  dan selalu terbuka untuk umum di setiap weekendnya.

Atap masjid yang bergaya joglo kini diganti menjadi satu kubah besar pada bagian tengah atap masjid. Selain itu, ada dua kubah lagi yang memiliki ukuran lebih kecil dan terletak pada atap kiri-kanan masjid .

Disamping bentuk atapnya yang megah dan terkesan mewah, ternyata masjid ini memiliki dinding yang terbuat dari batu alam berkualitas tinggi. Saat ini luas tanah yang dialokasikan untuk masjid seluas 23.448 m² yang meliputi luas masjid 8.575 m² dengan ukuran ini masjid raya bandung ini mampu menampung sekitar 13.000 jamaah.

Tebing Keraton

tebing keraton
liburmulu.com

Tempat wisata kota Bandung selanjutnya mungkin sudah tidak terdengar asing lagi, namanya tempat wisata tersebut adalah Tebing Keraton. Akhir-akhir ini, memang nama Tebing Keraton menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Salah satu alasan mengapa Tebing Keraton menjadi terkenal apalagi kalau bukan tempat wisatanya yang sangat indah dan sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto ria.

Makanya, kini banyak orang-orang yang berfoto dengan latar Tebing Keraton dan meng-upload-nya ke Instagram. Mulai dari foto-foto narsis hingga foto-foto keindahan alam Tebing Keraton yang sangat indah dengan pohon-pohon hijaunya yang menyejukkan.

Salah satu keunggulan dan nilai plus dari tempat wisata ini ialah harga tiket masuknya yang tidak terlalu mahal membuat banyak orang tertarik untuk datang ke Tebing Keraton. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh menjadikan Tebing Keraton sebagai salah satu tempat wisata unggulan kota Bandung saat ini.

Tebing Keraton sendiri berlokasi di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Oleh karena itu, kita bisa menyaksikan hamparan hijaunya Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dari atas Tebing Keraton. Apalagi jika kita bisa menikmatiknya sebelum matahari terbit, pemandangan di sini bisa menjadi salah satu momen terbaik yang harus diabadikan dengan kamera.

Lalu, bagaimana cara untuk datang ke Tebing Keraton ini? Akses dan rute jalannya cukup mudah. Kita tinggal berjalan menuju arah Dago Pakar, lalu dari Terminal Dago mengarah lurus hingga arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah itu pada belokan kanan pertama setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya kita akan melewati perumahan besar yang disusul dengan perkampungan.

Nanti kita akan sampai ke warung dengan baliho bertuliskan Warung Bandrek atau Warban. Dari situ, kita akan melewati tanjakan dan jalan yang berbatu hingga sampai di pos teratas. Di situ kita bisa memarkir kendaraan mobil atau motor.

Terakhir, kita tinggal berjalan atau trekking kurang lebih 5 menit sebelum mencapai Tebing Keraton.

Farm House Lembang

Farm House Lembang
mixedupalready.com

Tempat wisata kota Bandung yang sayang untung dilewatkan selanjutnya adalah Farm House Lembang. Ya, tempat wisata ini memang akhir-akhir ini menjadi sangat populer di dunia maya. Dan memang, tiap akhir minggu pekan (hari Sabtu dan Minggu) Farm House Lembang selalu dipadati oleh ribuan pengunjung.

Salah satu daya tarik Farm House Lembang adalah konsep tempat wisatanya yang mengusung tema peternakan ala benua Eropa dibalut dengan suasana desa para kurcaci atau hobbit (manusia pendek).

Banyak tempat-tempat (spot) yang sangat unik membuat banyak pengunjung tertarik untuk mengabadikan momen di tempat wisata ini.

Tempat-tempat seperti rumah hobbit, jembatan gembok cinta, ditambah nuansa dingin khas kota Bandung membuat orang-orang ingin bernarsis dan ber-selfie ria di sini. Tak lupa meng-upload-nya ke Instagram agar makin kekinian.

Selain itu, beberapa hal unik lainnya yang ada di Farm House Lembang ini adalah kita bisa menyewa kostum-kostum tradisional khas negara-negara di Eropa dan pastinya membuat kita serasa benar-benar sedang berada di Eropa.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini pun terbilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas seperti tempat penjualan oleh-oleh dan souvenir, gedung serbaguna, tempat ibadah (musholla), toilet, cafe indoor dan outdoor, penyewaan kostum, rumah kurcaci/hobbit, hingga area parkir yang luas sudah tersedia di Farm House Lembang.

Akses serta rute jalan menuju tempat wisata ini pun terbilang mudah karena lokasinya yang berada di jalan utama Lembang.

Lalu, berapa harga tiket masuk dan jam operasionalnnya? Farm House Lembang buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam. Khusus di akhir pekan Farm House Lembang tutup pada pukul 11 malam. Harga tiket masuk adalah Rp20.000 per orang. Dan alamat lengkap Farm House Lembang adalah Jalan Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
anekatempatwisata.com

Kawah putih ciwidey bermula dari letusan Gunung Patuha yang dahsyat sehingga terciptalah kawah putih yang saat ini dilestarikan sebagai objek wisata di kota Bandung Jawa Barat.

Mungkin bagi kamu yang belum selesai berkunjung ke tempat wisata Bandung Utara, Timur dan Barat, sok mangga dilanjutkeun.

Setelah berkunjung ke tempat wisata Bandung Utara, Timur  dan Barat, gak ada salahnya kalau kamu melanjutkan perjalanan berikutnya ke bandung selatan. Tempat wisata Bandung Selatan ini juga gak kalah menariknya dengan Bandung Utara, Timur dan Barat.

Bagi kamu yang pertama kali ke bandung, sebaiknya coba tempat wisata yang satu ini, karena keindahan yang cantik dan menawan akan kamu rasakan sendiri.

Danau yang terlihat magis dengan air berwarna toska pucat ini terletak di ketinggian 2090 mdpl, jadi jangan heran kalau hawa dingin akan merasuk ke tubuh kamu.

 

Pemandian Walini

Pemandian Walini
wikimapia.org

Nah, pemandian Walini adalah tempat wisata sekaligus dapat merefleksi tubuh. Gak ada salahnya mencoba tempat wisata pemandian walini ciwidey ini.

Setelah kamu melakukan perjalanan yang menyatu dengan udara  dingin, kamu juga perlu menghangatkan badan di pemandian walini ciwidey ini. Selain dapat menghangatkan badan, kamu juga akan merasakan sensasi refleksi yang luar biasa.

Pemandian walini merupakan tempat wisata bandung bagian dari Agro Rancabali, sehingga pemandian walini juga menyediakan perkebunan teh walini, flying fox dan ATV untuk para pengunjng.

Pemandian walini memiiki fasilitas yang cukup baik, berbeda dengan pemandian cimanggu. Segala kebutuhan kamu akan terpenuhi setelah berada di pemandian walini ciwidey.

Kegembiraan yang kamu rasakan setelah berada di air pemandian walini ciwidey ini akan membekas selama seminggu.

Bahkan, masyarakat bandung sekalipun selalu berkunjung ke pemandian walini ciwidey pada waktu liburan.

Untuk bisa masuk ke dalam kolam pemandian air hangat walini ini, kamu harus punya budget Rp 20.000 untuk membeli tiket masuk dan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 5000 untuk kolam yang spesial.

Setiap pengunjung yang datang ke pemandian walini ciwidey, dengan biaya Rp25.000 kamu dapat produk teh walini. Dan itu tidak perlu bayar, langsung dibelikan secara gratis.

Danau Legendaris Situ Patenggang

Danau Legendaris Situ Patenggang
indonesiakaya.com

Kamu tentu pernah dengan dengan situ patenggang. Ya, situ patenggang dikenal sebagai danau legendaris. Kamu juga harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Perpaduan antara danau dengan hutan pinus yang diselimuti kabut tipis akan mebuat kamu terpesona.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu kawah Ratu
yoshiwafa.com

Berbicara soal tempat wisata di Bandung, tentu Gunung Tangkuban Perahu cocok menjadi destinasi wisata yang tepat. Keindahan alam yang masih asri nan segar, kemudian kabut lembut yang menyelimuti udara di sana menjadi salah satu alasan mengapa Gunung Tangkuban Perahu tak pernah sepi pengunjung.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata di Bandung yang berada di ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut. Keberadaan gunung Tangkuban Perahu ini kurang lebih sekitar 20 km ke arah utara dari kota Bandung.

Dinamakan Gunung Tangkuban Perahu bukan berarti tanpa maksud. Jika dilihat dari kejauhan, bentuk Gunung yang satu ini memang terlihat seperti sebuah perahu yang terbalik. Selain itu, Gunung Tangkuban Perahu ini juga memiliki cerita legenda yang mengisahkan terbentuknya gunung ini.

Ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini, seketika Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Pohon-pohon pinus serta perkebunan teh yang berada di sekitarnya, akan menjadikan Anda semakin betah berlama-lama di Gunung Tangkuban Perahu ini.

Tak hanya itu saja, semilir angin nan sejuk pun akan segera menghilangkan rasa penat dari kesibukan sehari-hari yang Anda kerjakan. Bagaimana tidak? Di gunung Tangkuban Perahu ini, suhu lingkungannya hanya mencapai 17 derajat celcius saja kala siang hari. Bahkan ketika malam hari tiba, suhunya hanya sekitar 2 derajat celcius saja.

Gunung Tangkuban Perahu ini sebenarnya tergolong salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Karena itu, Gunung Tangkuban Perahu akan mengeluarkan uap belerang yang bermanfaat bagi manusia. Tempat paling tepat untuk menghirup uap belerang adalah di kawah Ratu dan kawah Domas.

Untuk biaya masuknya sendiri masih cukup terjangkau. Pada hari kerja, yakni Senin sampai Sabtu, biaya untuk mendapatkan tiket masuk ke Gunung Tangkuban Perahu ialah 20 ribu rupiah. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur lainnya, harganya sedikit bertambah menjadi 30 ribu rupiah. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir.

 

Kampung Gajah

Kampung Gajah
reportaseharga.com/

Kampung Gajah juga merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di kota Bandung. Namun bagi Anda yang belum tahu jangan salah tangkap terlebih dahulu. Kampung Gajah bukan lah tempat wisata yang tempat wisata tentang peternakan gajah ataupun sejenisnya, melainkan tempat wisata yang menyajikan berbagai wahana permainan.

Kampung Gajah berlokasikan di Bandung Barat, tepatnya di Jalan Sersan Bajuri K.M 3,8 Cihideung, Parompong, Lembang. Lokasi tersebut dapat ditempuh selama sekitar 4 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Memang terbilang cukup lama.

Di Kampung Gajah ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam wahana yang ada. Tentu saja, di Kampung Gajah ini terdapat sekiranya lebih dari 20 wahana permainan. Bagaimana? Menarik bukan? Semua wahana permainan yang disediakan pun terbilang sangat menarik.

Mulai dari water boom, Bumper Boat, Child Play Ground, Minny Buggy, Minni ATV, Bunggy Futuristik, Buggy Family, Side Car, Delman Royal, Horse Riding, Formula Kart, Sky Rider, Futuristic Train, Boddy Cycle, Tubby, Segway, dan 4D Rider.

Setiap wahana permainan yang telah disebutkan tadi memiliki harga tiket yang berbeda-beda. Kisaran harganya berkisaran dari 15 ribu rupiah sampai 100 ribu rupiah.

Anda juga dapat membeli tiket terusan yang dihargai 150 ribu rupiah di hari kerja dan 250 ribu rupiah di hari libur. Sedangkan untuk harga tiket khusus waterboom ialah 100 ribu rupiah untuk hari kerja dan 150 ribu rupiah untuk hari libur.

Harga-harga tadi perlu ditambah dengan harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk hari kerja dan 20 ribu rupiah di hari minggu serta hari libur nasional. Ya, harga yang ditawarkan memang tergolong mahal. Namun hal itu sebanding dengan kualitas fasilitas yang diberikan pengelola tempat wisata Kampun Gajah ini.

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
jadiberita.com/

Salah satu tempat wisata di bandung yang sedang naik daun dan sedang ngehits adalah Sendang Geulis Kahuripan. Tempat wisata ini berada di kabupaten bandung barat. Keindahan yang dimiliki Sendang Geulis Kahuripan ini tidak kalah menariknya dengna  Umbul Pongok Klaten yang sudah sangat terkenal.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam foto diatas, kejernihan airnya sampai menyerupai crystal. Jika kamu berenang di bawahnya maka kamu akan bisa melihat beberapa udang-udang kecil berkeluaran bebas di bawah batu-batu besar.

Memang mata air yang ada disini benar-benar jernih dan juga sangat bersih, ditambah lagi dengan suasana pedesaan yang sangat damai, membuat liburan kamu disana akan sangat menyenangkan karena hawanya yang sejuk dan juga segar.

Salah satu yang menjadi nilai lebih dari tempat wisata ini adalah karena tempatnya yang belum banyak di kunjungi orang, hal tersebut karena memang lokasinya yang sangat tersembunyi dari keramaian kota.

Karena hal tersebut, lokasi wisata yang sangat indah ini bisa terus terjaga kelestariannya dan juga keasriannya. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini tentu saja berendam sepuasnya dan juga snorkeling.

Jika kamu memiliki peralatan snorkeling maka kamu akan semakin bisa menikmati keindahan bawah air yang terdapat di danau ini. Kesegaran airnya bisa mengilangkan penat yang sudah menumpuk selama berminggu-minggu.

Sendang Geulis Kahuripan juga memiliki nama lain, yaitu mata air Talaga  Cikahuripan Pandalarang. Sangat terkenal dikalangan pemain instagram karena lokasinya yang indah membuat foto yang didapat ditempat ini sangat bagus untuk di upload di Instagram.

Airnya yang jernih dan ditambah dengan background bebatuan membuat foto yang kamu ambil disini akan membuat iri orang-orang yang melihatnya. Kamu tidak perlu marasa khawatir apabila datang ketempat ini, walaupun dikatakan tempatnya tersembunyi, tapi fasilitas ditempat ini sudah lumayan cukup koq.

Kelengkapan fasilitas di tempat wisata ini bisa digolongkan lumayan, kamu bisa menemukan tempat untuk bilas, tempat parkir, tempat untuk berganti pakaian, berbagai macam warung yang menyediakan aneka cemilan, dan juga beberapa saung untuk istirahat.

Tapi tetap saja rute dan juga akses jalan ke lokasi indah ini masih sangat sempit, disarankan agar kamu kesini menggunakan kendaraan beroda dua, karena jalannya akan sangat sulit dilalui jika kamu menggunakan mobil, terlebih lagi jika berpapasan dengan mobil lain, kamu akan sangat sulit untuk bergerak.

 

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
kompasiana.com

Salah satu tempat wisata bandung yang belum terjamah dan ke asrian alamnya masih terjaga adalah Sanghyang Heuleut. Tempat ini merupakan sebuah kawasan wisata yang berupa danau, dan dikelilingi beberapa bebatuan berbukit. Hal tersebut lah yang membuat kawasan ini seakan tersembunyi dari hiruk pikuk dunia luar.

Kamu bisa melakukan banyak sekali aktivitas out door disini, seperti berkemah, berenang dan bersantai santai. Jika kamu ingin datang ketempat ini, saya sarankan untuk tidak datang pada musim hujan, karena akses jalannya yang sangat susah karena licin.

Karena masih sangat sedikit orang yang mengunjungi tempat ini, fasilitas yang ada di sekitar tempat ini juga masih sangat minim. Kamu akan sulit menemukan warung-warung yang menjual makanan ringan atau bahkan untuk sekedar menemukan toilet akan sangat sulit.

Tetapi karena keindahan alamnya yang sangat eksotis dan juga sangat mempesona, maka banyak sekali orang-orang dari kalangan pemuda yang hunting foto disini dan mengaploudnya di media sosial, seperti instagram path dan juga facebook

Yayasan Masjid Kampus Salman ITB

Yayasan Masjid Kampus Salman ITB
rinaldimunirwordpress.com

Berbicara mengenai wisata Bandung memang tak ada habisnya. Apalagi bila berbicara mengenai tempat wisatanya, aduhai pasti semua inginnya dikunjungi.

Salah satu tempat yang sering dikunjungi dan dijadikan studi banding adalah Yayasan Masjid Salman ITB. Tempat wisata ini bukan tempat wisata biasa sebab selain melihat keindahan pemandangan kita juga akan belajar banyak hal di sana.

Sejarah Yayasan Masjid Kampus Salman pun sangat sarat makna. Masjid yang dinamakan salah satu sahabat Nabi tersebut adalah pemberian Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Sejarahnya, waktu itu Presiden Ir Soekarno hadir bersama Menteri Agama Saifuddin Zuhri untuk meresmikan Masjid Salman.

“Siapa itu sahabat yang menggali parit ketika perang Khandaq terjadi? Tanya Presiden Soekarno ketika itu. Disampingnya yang juga Menteri Agama Bapak Saifuddin Zuhri pun dengan refleks menjawab, “Salman”.

Jawaban Sang Menteri Agama pun bersambut hangat ketika itu Presiden Ir Soekarno melanjutkan, “Nah itu, Masjid ini saya namakan Salman!”

Itulah secuil histori Yayasan Masjid Salman. Bila Anda berkunjung ke sana, salah satu yang akan Anda dapatkan adalah kesegaran rohaniah. Ya, di masjid itu sebuah big planning sedang dibangun menuju goal.

Masjid yang dikelola para professional tersebut kini sedang mencanangkan sebuah gerakan besar bernama Indonesia Emas 2045. Maksudnya, tahun 2045 nanti adalah tumbuhnya pemuda-pemuda Islam yang siap menegakkan kembali sebuah peradaban.

Ya, melalui masjid itu Islam dari segala aspek sedang dibangun menjadi gerakan yang siap membina khairu ummah.

Kita doakan ya, semoga rencananya berhasil dan pemimpin-pemimpin baru akan terus bermunculan dari masjid yang bersejarah itu.

Cibaduyut

Cibaduyut
numberonetrip.com/

Siapa yang tak mengenal tempat wisata Bandung yang satu ini? Jika Anda sedang pergi ke Bandung, dan di akhir Anda bersinggah ke sebuah tempat untuk mencari oleh-oleh itulah Cibaduyut.

Cibaduyut seperti jantungnya Bandung. Di mana orang berwisata, tempat akhir yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya adalah Cibaduyut.

Cibaduyut sendiri masuk dalam kawasan di Kabupaten Bandung Selatan. Tempatnya sangat strategis sebab berdekatan dengan Terminal Leuwipanjang dan rute jalan yang dilalui jalur By Pass yang menghubungan Kota Bandung.

Tempat wisata yang satu ini memang tempat yang paling cocok untuk mencari oleh-oleh. Bahkan, tempat ini sangat terkenal sampai mancanegara sebab kualitas kerajinannya yang berkualitas.

Selain mengunggulkan kualitas, Cibaduyut juga menawarkan harga yang sangat murah. Tak heran bila banyak pendatang bukan hanya untuk mencari oleh-oleh saja, namun untuk berbelanja dalam jumlah yang besar untuk dijual kembali.

Di Cibaduyut, Anda bisa mendapatkan barang-barang seperti sepatu. Sepatu di Cibaduyut sangat berkualitas, bahkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kala pun tak segan-segan mencoba di sana.

Adapun jenis sepatu Anda bisa menyesuaikan budjet dan sepatu idaman yang Anda inginkan. Bila menginginkan sepatu dengan berbahan dasar kulit tentu saja harganya lebih tinggi dari sepatu yang berbahan dasar kain.

Pengalaman penulis sendiri ketika berbelanja di sana penjualnya sangat ramah. Bahkan, kita boleh mencobanya secara langsung, memakai sampai ukuran sepatu benar-benar sesuai yang kita inginkan.

Di sana, penjual tidak akan marah seperti di toko-toko lain sebab pengalaman untuk merajakan pembeli sudah melekat dalam kehidupan mereka.

Nah itulah salah satu contoh barang kerajinan yang ada di sana. Anda bisa mencari lebih dari itu baik kaos ataupun makanan-makanan khas Bandung.

Wisata Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
wikipedia.com

Bagi kamu yang masih belum puas dengan wisata bandung, coba mampir ke kebun strawberry Ciwidey Bandung Selatan, terutama kamu yang suka buah strawberry.

Kamu gak akan bisa menahan keinginan kamu untuk menyicipi buah strawberry ini. Biasanya setiap pengunjung yang datang selalu ingin menyicipi buah strawberry, bahkan sampai akhirnya membawa pulang buah strawberry tersebut.

Heu… Jangan bilang gratis, bayar dulu sebelum di bawa pulang. Biasanya setiap pengunjung yang datang, buah strawberry dihargai Rp35.000 hingga Rp50.000 /kg nya.

 

 

Pemandian Cimanggu Ciwidey

Pemadian Cimanggu Ciwidey
tempatwisatadi-bandung.blogspot.co.id

Di tempat wisata Bandung Selatan Ciwidey, kamu juga bisa mandi air panas. Di sini kamu akan merasakan kehangatan air yang terbaik untuk tubuh kamu. Hanya saja, pemandian Cimanggu ini sudah mulai sepi karena, fasilitas dinyataka kurang lengkap.

Jadi bagi kamu yang punya budget secukupnya, cobalah untuk mandi di pemandian Cimanggu ini, biasanya tiket untuk bisa mandi berkisar antara Rp 16.000 /orang.

Dengan biaya Rp16.000 kamu bisa mandi sepuasnya. Heu heu, di jamin happy deh.

Tinggalkan komentar