5 Lokasi Wisata di Klaten yang Paling Seru dan Menarik

Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Letaknya yang dekat dengan kerajaan-kerajaan besar jaman dulu membuat wilayah Klaten banyak berdiri candi-candi peninggalan.

Selain candi, Klaten juga memiliki banyak sekali wisata air. Lokasi Kabupaten Klaten juga berbatasan dengan D.I. Yogyakarta. So, jika kamu sedang berkunjung di Yogyakarta, jangan lewatkan juga untuk menikmati tempat wisata di Kabupaten Klaten.

Berikut ini beberapa lokasi wisata di Kabupaten Klaten yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

www.wranglertruewanderer.com

Seperti yang sudah dibahas diawal bahwa Kabupaten Klaten memiliki banyak sekali candi dan wisata air. Nah, kali ini tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Umbul Ponggok. Umbul Ponggok ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Umbul Ponggok menawarkan wahana air yang sangat menarik, yaitu menyelam. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang hobi menyelam. Saat kamu menyelam, kamu akan ditemani oleh berwarna-warni ikan.

Umbul Ponggok juga sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar menyelam. Karena kedalaman airnya hanya sekitar 1-3 meter saja dan dasarnya berupa pasir.

Wisata Mata Air Cokro Tulung Klaten

www.jalansolo.com

Tempat wisata lain yang berbau air adalah Obyek Mata Air Cokro (OMAC) atau disebut juga Umbul Cokro Tulung. Tempat wisata ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

OMAC menawarkan berbagai wahana permainan air yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa bermain air sepuasnya di tempat ini. Kamu jangan khawatir mengenai kualitas air yang ada di OMAC ini.

Karena pengelola wisata ini sangat menjaga kualitas airnya. Apalagi ada kolam renang alami yang airnya berasal dari alam langsung. Sehingga sangat terjaga kejernihan airnya.

Wisata River Boarding di Kali Pusur Klaten

www.journeyofalek.com

Apakah kamu ingin menguji nyali? Kamu bisa mendatangi tempat wisata river boarding di Kali Pusur. Disini, kamu bisa bermain river boarding. Hal yang menarik dari tempat ini adalah arus kalinya berbeda-beda. Ada yang pelan, deras, dan jeram.

Meskipun arusnya deras, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu akan ditemani oleh dua orang operator yang selalu memberikan bantuan untuk kamu. Bagaimana dengan biayanya? Kamu cukup mengeluarkan kocek Rp150.000,- untuk bisa mencoba wahana ini.

Candi Prambanan Klaten

andriyanians.wordpress.com

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Klaten adalah Candi Prambanan. Loh, kok Candi Prambanan? Bukannya Candi Prambanan terletak di Yogyakarta.

Ya, Selama ini kita mengetahui bahwa Candi Prambanan terletak di Yogyakarta. Namun, ternyata Candi Prambanan juga termasuk wilayah Kabupaten Klaten. Kok bisa ya?

Memang cukup unik pembagian wilayah di tempat ini. Perbatasan antara D.I. Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terletak di Komleks Candi Prambanan. Candi Prambanan sendiri terletak di Kecamatan Prambanan.

Jadi, kedua daerah tersebut memiliki nama kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Prambanan. Tepatnya kompleks Candi Prambanan berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan berada di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten. Menarik bukan? Lebih menarik lagi ketenaran Candi Prambanan. Karena saat ini Candi Prambanan sudah diakui sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Merak Klaten

www.alvarentcar.com

Selain Candi Prambanan, kamu juga bisa berkunjung di Candi Merak. Candi ini terletak di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, kabupaten Klaten. Pertama kali ditemukan pada tahun 1925.

Ada cerita dari penamaan candi ini. Dahulunya, candi ini terdapat sarang burung merak. Oleh karena itu, candi ini dinamakan Candi Merak.

Tinggalkan komentar