Wisata ke Pulau Cangkir di Tangerang

jika kita pergi ke Kabupaten Tangerang, kemudian kita mengamati bagian pesisir utaranya, kita bisa menjumpai sebuah kota yang sangat unik karena bentuknya yang menyerupai cangkir. Pulau yang memiliki luas 4,5 hektar tersebut dinamai sesuai dengan bentuknya, yaitu Pulau Cangkir. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya wisata apa yang ada pada pulau sekecil ini, walaupun banyak orang yang mengatakan wisata tetapi sebenarnya hal yang dilakukan lebih mirip dengan ziarah, karena di dalamnya terdapat makam dari salah seorang ulama besar di Banten.

Dahulu kala, Pulau Cangkir merupakan daratan yang terpisah dari Pulau Jawa. Kemudian masyarakat membangun sebuah jembatan penghubung untuk memudahkan para peziarah yang ingin datang ke tempat ini. Menurut data administrative, Pulau Cangkir terletak pada Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Lintasan tanah yang menghubungkan antar pulau tersebut sudah di bangun sejak tahun 1995 oleh masyarakat setempat.

kanvasalfabet.blogspot.co.id
kanvasalfabet.blogspot.co.id

Pulau Cangkir menjadi sebuah objek wisata ziarah karena di dalamnya terdapat makam Pangeran Jaga Lautan, yang merupakan keturunan langsung sultan pertama Banten yang bernama Pangeran Hasanudin. Pangeran Jaga Lautan merupakan putra pertama sang sultan dengan selir, dan merupakan kakak kandung dari keluarga kesultanan Banten yakni Ratu Terpenter, Ratu Kaben, Ratu Biru, Ratu Wetan, Ratu Arsangenah, Tumenggung Walatika dan pangeran Pajajaran.

Mungkin sekian saja pembahasan kita kali ini tentang wisata ziarah Pulau Cangkir, semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar