4 Tempat Wisata Paling Populer di Turki

Sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia mengenai negara yang satu ini. Negara dimana pernah ada kerajaan Islam terbesar di dunia. Negara dimana pernah dijadikan pusat Islam karena pengaruhnya di negara-negara lain.

Bahkan menurut sejarah, Islam yang ada di Indonesia berawal dari warga Turki yang menyebarkan Islam ke Indonesia. Karena pernah diduduki kerajaan besar, maka banyak sekali bangunan-bangunan megah bersejarah peninggalan kerajaan tersebut.

Selain bangunan bersejarah, masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Turki ini yang sayang untuk tidak dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Turki.

Blue Mosque

britishmuslim-magazine.com

Tempat wisata religi pertama yang wajib kamu kunjungi saat berada di Turki adalah Masjid Sultan Ahmed yang memiliki julukan masjid biru (Blue Mosque). Masjid ini dijuluki masjid biru karena warna yang mendominasi masjid ini adalah warna biru.

Selain itu, warna lampu yang akan dinyalakan malam hari kebanyakan adalah warna biru. Yang menjadi istimewa dari masjid ini adalah kemegahan bangunannya. Bangunannya memiliki gaya ala timur tengah dan romawi.

Kombinasi kedua peradaban ini sangat menarik. Ornamen-ornamen bangunan dibuat semegah mungkin. Jika diamati, bangunan masjid ini terlihat sangat rumit, namun indah dan menarik.

Maka tidak heran jika Turki memilih Masjid Sultan Ahmed ini sebagai ikon Negara Turki.

Cappadocia

www.tourketurki.com

Tempat wisata berikutnya adalah Cappadocia. Cappadocia ini terletak di Provinsi Nevsehir, Turki. Hal yang menarik dari tempat ini adalah kamu akan melihat bangunan yang bergaya kuno. Rumah-rumah yang ada di tempat ini juga terbuat dari batu.

Sangat terlihat seperti bangunan zaman dulu. Bangunan seperti ini memang sengaja dipertahankan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba balon udara yang ada di tempat ini.

Tentu saja untuk dapat menaiki balon udara ini kamu harus rela mengeluarkan kocek sebesar 70 Euro untuk 30 menit.

Topkapi Palace

www.worldwanderista.com

Seperti dijelaskan diawal bahwa Turki dahulunya terdapat kerajaan Islam terbesar dan menjadi pusatnya atau kekhalifahan Islam. Sekitar 2/3 wilayah di dunia ini menjadi bagian kekuasaannya pada masa keemasannya.

Maka tidak heran jika banyak ditemukan bangunan-bangunan kuno nan megah. Salah satu bangunan kuno nan megah tersebut adalah Tokapi Place. Tokapi Place merupakan istana utama kekaisaran Ottoman Turki. Kini, istana ini dijadikan museum.

Istana ini dibangun pada tahun 1459. Para sultan tinggal di istana ini selama 400 tahun lamanya. Selain sebagai tempat tinggal sultan, istana ini juga digunakan sebagai pusat pemerintahan dan para pejabatnya juga tinggal di sekitar istana. Bisa dikatakan kawasan komleks istana.

Turki dulu pernah menjadi pusat kekaisaran atau kekhalifahan Islam. Setidaknya 2/3 dunia ada di bawah naungan kekuasaan ketika masa keemasannya itu.

Topkapi Palace menjadi salah satu peningglana kejayaan masa lampau itu. Topkapi Palace sendiri merupakan tempat tinggal dari Sultan Ottoman Turki dan kini telah dijadikan sebuah museum.

Dibuat pada tahun 1459, bangunan bekas istana ini pernah ditinggali oleh para sultan selama 400 tahun lamanya.

Selain menjadi tempat tinggal para sultan, istana ini dulunya juga menjadi pusat pemerintahan di mana para pejabat istana yang juga tinggal di area komplek istana.

Sehingga, kamu tidak hanya melihat kemegahan istana saja, kamu juga bisa menyaksikan berbagai bangunan yang ada di sekitar istana.

Istiklal Street

www.eresin.com.tr

Melancong ke luar negeri rasanya kurang jika tidak menyempatkan untuk berbelanja. Di Turki terdapat jalan dimana sepanjang jalan tersebut difungsikan sebagai tempat belanja. Nama jalan tersebut adalah Istiklal Street.

Ketika mendengar namanya, pasti kamu langsung teringat masjid terbesar di Asia Tenggara yang berada di Jakarta, yaitu Masjid Istiqlal. Meskipun namanya ada kemiripan, fungsinya sangat berbeda. Jalan ini terletak di Kota Istambul.

Mungkin, kamu akan merasa lelah. Bahkan merasa tidak sanggup untuk menyusuri dan melihat-lihat Istiklal Street ini. Karena panjang jalan ini sekitar 1,4 kilometer. Ujung jalan ini menuju Taksim Square, sebuah tempat yang menjadi jantung Kota Istambul.

Kamu bisa berbelanja sepuasnya di tempat ini. Banyak juga makanan di sepanjang jalan. Perlu diketahui bahwa tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, pada akhir pekan pengunjungnya membludak. Sekitar 3 juta jiwa berkumpul di jalan ini.

Tinggalkan komentar