6 Tempat Wisata Yogya yang Paling Menawan

Hobi traveling? Rasanya belum sempurna ya, kalau belum berkunjung ke tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Daerah tersebut sudah sangat terkenal, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara.

Keunikan, keramahan penduduk dan budaya yang masih melekat kuat memancarkan pesona tersendiri bagi banyak orang yang datang ke sana. Kota yang mendapat julukan kota pelajar itu juga sarat dengan keindahan pariwisatanya.

DIY kaya akan wisata pantai dan seni budaya. Tidak sedikit para pelancong, traveler dan backpacker yang bertandang ke Yogyakarta  Inilah 5 tempat wisata Yogya yang paling banyak dikunjungi karena keindahannya. Let’s check it!

Candi Prambanan

kidnesia.com

Berbanggalah Warga Negara Indonesia yang punya Candi Prambanan. Candi tersebut merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. UNESCO telah menetapkan Candi Prambanan sebagai warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991.

Kamu bisa mengunjungi Candi Prambanan dengan mudah karena letaknya strategis, yaitu antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Adanya Candi Prambanan ini menjadi bukti bahwa Dinasti Sanjaya pernah berjaya menguasai Kerajaan Mataram Hindu terbesar.

Selain itu, di Candi Prambanan terdapat patung Dewi Durga yang sering dianggap sebagai patung Roro Jonggrang. Patung tersebut lantas memunculkan legenda Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi batu untuk melengkapi 1000 arca di Prambanan.

Namun, itu hanya sebuah legenda. Bukan cerita nyata. Hal yang nyata dari Prambanan adalah kecantikan pemandangannya di kala senja tiba. Cahaya matahari menelusup di sela-sela bangunan candi sehingga nampak lebih eksotis.

Pantai Parangtritis

telusurindonesia.com

Pantai legendaris yang penuh dongeng adalah Parangtritis. Lokasi pantai ini ada di pusat Kota Yogyakarta, sekitar 25 kilometer ke arah selatan. Ombak dan arus di Pantai Parangtritis cukup besar karena berada di tepian Samudera Hindia.

Di Pantai Parantritis terdapat bukit pasir yang disebut gumuk serta Bukit Parangndog yang menawan. Saat matahari bergulir ke barat, kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa indah di Pantai Parangtritis.

Malioboro

migaputraa.wordpress.com

Kurang lengkap rasanya jika ke Yogyakarta namun tidak mampir ke Malioboro. Malioboro merupakan pusat berbelanjaan sekaligus tempat wisata budaya dan kuliner yang sangat unik. Kamu akan menemukan banyak barang khas Yogya yang dijual di sana.

Mulai dari gantungan kunci, tas, sandal, aksesoris batik sampai aneka rupa pakaian batik. Harga barang-barang di Malioboro pun terkenal murah meriah sehingga banyak traveler dan wisatawan yang memborong ketika berkunjung ke sana.

Suka berfoto selfie? Cobalah berfoto di penanda jalan Malioboro. Namun, kamu harus sedikit sabar karena antriannya pasti sangat panjang hanya untuk bisa foto di sana.

Saat malam hari tiba, kamu dapat berwisata kuliner di Malioboro. Pasalnya, sepanjang jalan Malioboro dipadati penjual makanan khas Yogyakarta. Jangan kaget, jika di jalan Malioboro tiba-tiba berjumpa dengan prajurit, pocong atau zombie.

Sebenarnya, mereka adalah manusia berkostum saja. Kamu boleh berfoto ria bersama pemakai kostum-kostum unik yang berkeliaran di Malioboro.

Resor Kaliurang

liburandindonesia.wordpress.com

Terlepas dari letusan Gunung Merapi yang mengerikan, ternyata keindahannya masih terekam dari Resor Kaliurang. Resor tersebut berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Di sana terdapat beberapa fasilitas wisata, seperti air terjun Telogo Muncar dan kolam renang.

Selain itu, di resor ini kamu bisa menikmati kecantikan Gunung Merapi dan kesejukan udara pegunungan. Resor Kaliurang juga sering dijadikan tempat persinggahan bagi para pendaki gunung.

Keraton Yogyakarta

dimasrentcar.net

Inilah satu-satunya kerajaan di Indonesia yang masih utuh dan bertahan pemerintahannya sampai sekarang. Keratonnya merupakan bangunan bersejarah dan bernilai seni tinggi. Ada banyak koleksi barang-barang antik dan kuno di dalam museum Keraton Yogyakarta.

Jika ingin ke sana, kamu dapat mengunjunginya setelah jam 8 pagi dan sebelum jam 2 siang. Setelah itu, Keraton Yogyakarta akan ditutup untuk khalayak umum.

Goa Jomblang

rentalmobilyogyamurah.com

Obyek wisata yang satu ini memang tidak setenar tempat wisata sebelumnya. Namun, Goa Jomblang memiliki keajaiban yang tidak dimiliki tempat wisata goa kebanyakan.

Goa yang terletak di Desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul ini mempunyai cahaya ajaib. Orang menyebutnya cahaya surgawi. Saat kamu masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan banyak stalagmit hijau kecokelatan dan stalaktit.

Tinggalkan komentar