Wisata Paling Menarik yang Ada di Sleman Yogyakarta

Sleman adalah nama sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sleman terkenal akan potensi wisata yang sangat besar baik itu wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga dll. Wisata yang ada di Sleman sering dikunjungi oleh para wisatawan karna banyak dijadikan sebagai paket wisata bersama obyek-obyek wisata yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Candi Prambanan

http://www.kidnesia.com/

Candi Prambanan juga dikenal sebagai tempat wisata paling favorit di Yogyakarta. Karena setiap hari selalu ramai akan pengunjung. Candi Prambanan adalah sebuah wisata yang berupa candi peninggalan agama Hindu yang dibangun pada abad ke-9. Candi Prambanan juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain, karena sejarahnya yang menarik untuk dipelajari, candi prambana juga erat hubunganya dengan mitos Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Candi Boko

galuhdaridesa.wordpress.com

Lokasi Candi Boko ini tidak jauh dari Candi Prambanan. Apabila kamu berkunjung ke Candi Prambanan, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Candi Boko. Menurut mitos yang berkembang pada saat ini Candi Boko adalah bekas kerajaa Ratu Boko, yang merupakan ayah dari Roro Jonggrang.

Candi Boko berada di dua buah dukuh yaitu Dukuh Dawung, yang terletak di desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatuh, terletak di desam Sambireja, Kecamanan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pada saat ini obyek wisata Ratu Boko sedang diajukan menjadi situs warisan dunia.

Kaliurang

sewahiacejogja.com

Wisata Kaliurang adalah kawasan wisata yang terletak di Sleman yang terletak di lereng Gunung Merapi. Kawasan ini terkenal dengan suasana yang sejuk, banyak juga warga Yogyakarta yang berlibur ke Kaliurang pada saat musim libur tiba. Kamu dapat menemukan spot wisata yang paling terkenal yaitu Gardu Pandang Gunung Merapi. Disini kamu dapat melihat puncak gunug merapi secara langsung menggunakan teropong. Selain itu, ada juga taman bermain dan panggung hiburan. Kaliurang juga terkenal dengan Resort Kaliurang dan Agrowisata, disini tanaman yang sering dibudidayakan adalah aneka buah dan sayuran.

Sendratari Ramayana

bubuhansamarinda.com

Sendratai Ramayana adalah sebuah pertunjukkan seni drama dan tari yang mengisahkan kisah Ramayana. Pertunjukkan Seni Drama dan Tari Ramayana diadakan dipanggung teater terbuka ini. Jika cuacanya tidak mendukung makan pertunjukkan ini diadakan di dalam ruangan gedung Trimurti. Pertunjukkan ini juga menjadi objek wisata di Sleman yang ramai dikunjungi baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Monumen Yogya Kembali

batasnusa.com

Monumen Yogya Kembali adalah sebuah wisata sejarah di kawan Sleman. Monumen Yogya Kembali ini juga sering disingkat dengan Monjali, dimana monumen ini dibangun sebagai pengingat akan jasa para pahlawan yang gugur di medan perang pada perang Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan penjajah Belandan. Dengan adanya serangan ini akhirnya pada tanggal 29 Juni 1949 Tentara Belanda ditarik dari Yogyakarta dan menandai kembalinya Yogyakarta ke dalam NKRI.

Museum Gunung Merapi

sleman-sembada.blogspot.com

Museum Gunung Merapi dibangun di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamantan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berjarak sekitar 5 km dari kawasan Kaliurang sehingga masih termasuk dala lereng Gunung Merapi.

Gunung Merapi di Sleman, adalah gunung teraktif di dunia. Setiap kali meletus akan menimbulkan bencana yang luar biasa bagi penduduk sekitar Gunung Merapi. Tujuan di bangunnya Museum Gunung Merapi ini adalah sebagai media pembelajaran bagi masyarakat untuk mengetahui aspek teknis tentang vulkanisme hingga masalah sosial dan budaya dari Gunung Merapi ini.

Tinggalkan komentar