Wow, Lukisan Grafis Ini Ternyata Dilukis Menggunakan Microsoft Excel

Lukisan yang indah adalah sebuah karya seni yang memanjakan mata bagi penkmatnya. Selain karena perpaduan warnanya juga karena kerumitan komposisi gambarnya. Tentu hanya sebagian orang saja yang mampu membuat karya seni tersebut. Apalagi jika menggunakan medium dan cara konvensional, tentu akan sangat sulit sekali.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka muncullah aplikasi grafis yang memungkinkan untuk membuat karya seni dengan mudah. Membuat lukisan grafis sangat mudah menggunakan photoshop. Namun meski begitu ada saja seniman grafis yang tergolong nyeleneh, bagaimana tidak, dia menggunakan microsoft excel untuk membuat lukisan grafis tersebut. Padahal biasanya aplikasi ini ditujukan untuk mengerjakan tugas kantor atau pengarsipan. Tidak percaya? Simak hasil karyanya berikut ini:

Tatsuo Horiuchi, Sang Seniman

lukisan-excel-2
jalantikus.com

Tatsuo Horiuchi adalah seorang warga negara jepang yang daat membuat lukisan grafis indah dengan menggunakan Excel. Ada awalnya Horiuchi mengaku menggunakan Excel karena menurutnya software grafis harganya mahal sedangkan Excel cukup hanya diinstal saja. Selain itu menurutnya software semacam Excel juga sangat efisien jika digunakan, pertama karena mudah digunakan dan kedua karena hasil keluarannya juga berukuran cukup ringan..

Teknik yang Digunakan

lukisan-excel-1
jalantikus.com

Sang seniman sendiri menggunakan beberapa teknik kombinasi yang tergolong rumit untuk menghasilkan karya seni seperti ini. Meski tergolong rumit namun teknik dasar pelukisan yang dia gunakan ini meniru gaya lukisan tradisional Jepang. Seperti yang terlihat dalam semua hasil karyanya yang mennyajikan pemandangan lanskap alam dengan aksen motif budaya yang amat kental.

Prestasi yang Telah Diraih

lukisan-excel-7
jalantikus.com

Sejauh ini kakek berusia 73 tahun ini sangat aktif dalam mengikuti kompetisi rutin yang diadakan di Jepang maupun luar negeri. Bukan hanya itu saja, ternyata sudah cukup banyak kompetisi-kompetisi yang telah ia menangkan. Sebut saja prestasinya kala jadi juara di tahun 2006 silam. Horiuchi mendapatkan juara pertama di Excel Autoshape Art Contest yang mengalahkan banyak esaing-pesaingnya yang usianya jauh lebih muda.

Lukisan Lanskap Senja

lukisan-excel-3
jalantikus.com

Lukisan yang satu ini menggambarkan keadaan alam di jepang saat senja tiba. Beberapa detail dari pepohonan dengan latar belakang pegunungan sangat terlihat rinci. Seperti sangat diperhatikan sekali rasa realitas dari gambar pemandangan ini dengan kondisi alam sesungguhnya. Bahkan jika ditengok lebih detail, kombinasi warna yang digunakan sangatlah efisien dan terkesan nyata. Sungguh lukisan grafis yang luar biasa.

Sebuah Danau yang Tenang

lukisan-excel-4
jalantikus.com

Sekali lagi kecermatan seorang Hirouchi tergambar jelas pada lukisan di atas. Dengan menggunkan teknik yang sama dia menematkan komposisi dan detail dari gambar dan warna yang sangat bagus. Bukan hanya itu saja, kemampuan yang mumpuni ini bisa dia kuasai dengan sangat baik meski mediumnya hanya menggunakan Excel. Aplikasi pendukung pekerjaan kantoran ini dijadikan alat yang mematikan bagi lawan-lawannya dalam kompetisi baik dalam maupun luar negeri.

Sesuatu yang Disebut Terbang

lukisan-excel-5
jalantikus.com

Lukisan yang terlihat seperti nyata ini juga salah satu lukisan Excel andalan dari sang seniman. Memadukan beberapa detail khusus pada bagian objek fokus yang berupa burung dan angsa serta membuat gambar latar berupa pemandangan yang indah.

Teknik semacam ini biasanya hanya bisa digunakan pada medium alpikasi grafis yang mendukung pencitraan gambar dan warna dengan baik. Namun nyatanya itu tidak menjadikan sang seniman menjadi buruk di sini. Justru sebaliknya sang seniman sangat terlihat luar biasa hebat dan sangat berbakat.

Seni bukan tergantung ada mediumnya, tetapi seni adalah seni itu sendiri, yakni keindahan tana batasan. Seperti sesuatu yang disebut terbang.

Tinggalkan komentar