Sebelum ke Dokter, Inilah yang Perlu Kamu Lakukan Saat Demam

Bagi kamu yang anak perantauan, mungkin informasi yang akan diberikan berikut ini sungguh berarti. Pasalnya anak perantauan itu jauh dari orang tua, oleh karena itu apa-apa harus dikerjakan secara mandiri dan serba sendiri. Kalau dalam kondisi sehat, tentunya melakukan apapun sendiri tidak masalah, justru banyak yang senang karena punya kebebasan mengatur hidup sendiri.

Tapi bagaimana keadaannya jika sakit?
Nah, salah satu indikasi tubuh kita mengalami infeksi adalah dengan terjadinya demam. Saat demam tentunya tubuh kita akan terasa lemas untuk diajak berkativitas. Lalu apa yang perlu dilakukan agar bisa mengatasi demam? Apakah kita perlu pergi ke dokter? Jika demam belum tiga hari, sebenarnya demamnya bisa diatasi sendiri, kecuali kalau sebelum itu badannya emang bener-bener nggak kuat.

Supaya kamu bisa mengatasi demam sebelum kamu pergi ke dokter, atau kalau perlu sih nggak usah pergi ke dokter, maka yang perlu kamu lakukan adalah menjaga agar tubuhmu kuat mengahadapi detik demi detik bersama demam. Dan inilah beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Minum Banyak Air Putih

cari-manfaat.com

Ketika demam, supaya tubuhmu bisa bertahan maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan minum air putih yang cukup banyak dari biasanya. Hal ini perlu kamu lakukan supaya kamu tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, diharapkan kehadiran cairan yang cukup di dalam tubuh pun bisa menyeimbangkan suhu tubuh.

Jika kita minum banyak air putih saat pertama kali merasa demam, kemungkinan besar demammu tidak akan parah, kecuali kamu punya penyakit tertentu yang menginfeksi terlalu parah, jika hal seperti ini terjadi maka bukan hanya demamnya yang disembuhkan, tapi bagian yang terinfeksi yang harus diobati juga.

Makan-makanan Bergizi

pondokibu.com

Walaupun saat demam semua makanan nggak enak rasanya, namun kita harus tetap makan lho. Dan makannya pun jangan sembarang makan. Justru di saat sakit seperti ini, kita harus makan makanan bergizi. Sekali lagi, walaupun makanan bergizi ini nggak enak dimakan saat kamu sakit, tapi kamu harus tetap memakannya, hal ini perlu kamu lakukan agar daya tahan tubuhmu menguat, dan dengan sendirinya demam pun pergi.

Contoh makanan bergizi yang dimaksud, sama halnya dengan makanan bergizi bagi orang sehat, yaitu terdiri dari empat sehat lima sempurna. Namun bedanya, kamu nggak boleh nambahin sambal di makanan kamu ataupun nambahin kerupuk. Kalau kamu nekat nambahin sambal, nanti bukan hanya demam saja yang kamu rasakan tapi juga diare.

Istirahat yang Cukup

anekatop10.com

Saat kamu sakit, berarti itu adalah sinyal dari tubuh, supaya tubuh diberi istirahat yang cukup. Oleh karena itu, saat kamu sakit, maka kamu harus cukup beristirahat. Kalau bisa sih izin dulu dari semua pekerjaan kamu. Jika kamu sudah benar-benar sehat, maka kamu bisa memulai pekerjaan kamu kembali.

Apa yang terjadi jika saat demam masih memaksakan diri bekerja?

Jika kita memaksakan bekerja saat demam, dikhawatirkan kondisi tubuh kita semakin ambruk. Jika sudah benar-benar ambruk, ngobatinnya juga akan semakin lama, dan bisa-bisa kita libur dari pekerjaan pun semakin lama.

Menurunkan Suhu Badan dengan Mengompresnya

parent-please-deh.blogspot.com

Salah satu tips yang paling mujarab untuk menurunkan suhu tubuh adalah dengan mengompresnya. Untuk mengompres ini, sebaiknya kamu menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke air hangat. Kok air hangat? Iya, soalnya kalau pakai air dingin, suhu tubuh akan turun, tapi akan naik lebih tinggi sesaat setelah dikompres.

Tinggalkan komentar