Yuk Intip Aksi Pasukan Katak di Selat Karimata

Masih ingat dengan kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata? Ya, salah satu tragedi yang menewaskan seluruh penumpang serta awak kabin tersebut meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Pada saat proses pencarian bangkai pesawat tersebut banyak organisasi yang terlibat di dalamnya.

Banyak tim elite penyelam yang diterjukan ke lokasi jatuhnya pesawat untuk membantu mencari jenazah korban, salah satunya adalah Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut. Di tengah terjangan ombak serta cuaca buruk tim elite TNI ini tidak kenal lelah untuk mencari korban AirAsia QZ8501. Berikut adalah beberapa foto yang menunjukan gigihnya perjuangan Komando Pasukan Katak dalam mencari korban jatuhnya pesawat AirAsia.

 

 

Perjuangan Kopaska di Tengah Terjangan Ombak

Personel Satuan Khusus di Selat Karimata
Foto : REUTERS/Adek Berry/Pool

Tim Komando Pasukan Katak dari TNI Angkatan Laut ini tidak kenal takut dalam mengarungi derasnya ombak yang ada di laut Selat Karimata. Dengan menggunakan perahu karet mereka terus menyusuri lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501. Tim penyelam di siagakan untuk mengevakuasi jenazah yang tenggelam di laut.

Menyusuri Selat Karimata dengan Perahu Karet

Personel Komando Pasukan Katak TNI AL
Foto : REUTERS/Adek Berry/Pool

Dengan menggunakan perahu karet para pasukan penyelam dari Angkatan Laut ini membantu mencari korban pesawat AirAsia yang jatuh di Selat Karimata. Mereka terus menyusuri lautan tanpa kenal lelah, serta tidak peduli dengan cuaca yang bisa menghambat mereka.

Tim Kopaska Sedang Mencari Korban AirAsia

Pasukan Elit Khusus TNI
Foto : REUTERS/Adek Berry/Pool

Tim Kopaska yang berjumlah empat orang sedang menyusuri lautan di Selat Karimata untuk mencari para korban kecelakaan pesawat AirAsia yang jatuh di lautan. Proses pencarian banyak terkendala dengan cuaca yang buruk.

Proses Evakuasi Korban AirAsia

Pesonel Pasukan Katak Mengangkat Jenazah
Foto : REUTERS/Adek Berry/Pool

Tim penyelam gabungan yang terdiri dari Kopaska, Denjaka, Yontaifib & Dislambai mengangkat temuan puing-puing pesawat AirAsia QZ8501 di Laut Selat Malaka.

Proses Pengangkatan Jenazah

Anggota Satuan Khusus TNI
REUTERS/Adek Berry/Pool

Setelah jenazah korban ditemukan biasa langsung dievakuasi dengan menggunakan Helikopter, hal ini untuk memudahkan tim dalam mengangkat jenazah yang sudah rapuh agar tidak hancur.

Anggota Kopaska Berenang di Lautan

Evakusai Korban Kecelakaan AirAsia QZ8501
Foto : REUTERS/Adek Berry/Pool

Seorang anggota Kopaska berenang di lautan lepas untuk membantu proses pencarian korban pesawat AirAsia yang jatuh di Selat Karimata. Proses pengangkatan ini memerlukan kesabaran karena kondisi lautan yang memiliki ombak besar, sehingga menpersulit proses evakuasi jenazah korban kecelakaan AirAsia QZ8501.

Tinggalkan komentar