Yuk Intip Keindahan Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura yang berada di Jawa Timur memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Kamu akan disuguhi kreasi alam yang mengagumkan, air mengalir dari ketinggian seperti membentuk sebuah tirai yang dilindungi oleh tebing tinggi dan kokoh. Madakaripura, itulah nama air terjun ini.

Air terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air terjun Sigura-Gura di Sumatra Utara. Di air terjun ini juga menyimpan legenda tentang Gadjah Mada. Konon katanya, Air Terjun Madakaripura merupakan tempat meditasi terakhir sang Patih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Air terjun yang terletak di Jawa Timur ini sering dijuluki sebagai air terjun abadi, karena curahan air terjun ini yang tidak pernah berhenti mengalir. Air terjun Madakaripura terletak di kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger. Secara administratif Madakaripura terletak di wilayah Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura terletak tidak jauh dari Gunung Bromo, oleh karena itu bila kamu melakukan pendakian Gunung Bromo tidak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di kaki salah satu bukit Pegunungan Tengger, letaknya berada di puncak pada ceruk yang dikelilingi bukit.

 

Jalan Berbatu Menuju Madaripura

Jalan Berbatu Menuju Madakaripura
googleusercontent.com

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Ya, itulah mungkin peribahasa yang cocok untuk menggambarkan keadaan ini. Untuk menuju Air Terjun Madaripura tidaklah. Kamu harus menyusuri jalan berbatu yang licin selain itu kondisi alam yang masih liar akan membuat perjalanan menuju air terjun ini sangat melelahkan. Tapi rasa lelah dalam perjalanan akan terbayar lunas ketika kamu sampai di Air Terjun Madakaripura.

Patung Gadjah Mada di Madakaripura

Patung Gadjah Mada di Madakaripura
didisupriadiphotography.wordpress.com

Menurut kitab Negarakertagama, kawasan Madakaripura merupakan pemberian Raja Hayam Wuruk kepada Mahapatih Gadjah Mada. Saat kamu memasuki lokasi air terjun, terlihatlah patung Gadjah Mada yang legendaris dari Kerajaan Majapahit.

Kearifan lokal di sana menyatakan bahwa Mahapatih Gadjah Mada menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhirnya. Menurut keyakinan Jawa kuno, di sinilah Gadjah Mada mencapai moksa, yaitu menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual.

Horizon hijau di Air Terjun Madakaripura

Horizon hijau di Air Terjun Madakaripura
initempatwisata.com

Sejauh mata memandang kamu akan menyaksikan sebuah pemandangan yang luar biasa. Sebuah pemandangan air terjun yang diapit dengan berbagai tumbuhan hijau membuat suasana semakin nyaman. Melihat keindahan panorama serta mengabadikan momen tersebut dengan kamera adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura.

Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Ketinggian Air Terjun Madakaripura

Kemegahan Air Terjun Madakaripura
intaninchan.wordpress.com

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-Gura di Sumatra Utara. Air Terjun Madakaripura sangat kokoh dan memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Sungguh sebuah air terjun yang sangat indah dari kawasan Taman Nasional Bromo.

Keindahan Alam Terlihat dari Bawah Air Terjun

Keindahan Foto Madakaripura dari Bawah Air Terjun
500px.org

Air Terjun Madakaripura yang selalu mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Bermain Air di Bawah Air Terjun

Obyek Wisata Air Terjun Madakaripura
tempatwisataid.com

Bermain-main air di tempat curahan air terjun ini adalah kegiatan lain yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di kawasan wisata Air Terjun Madakaripura. Anda dapat merasakan sejuk dan dinginnya air yang sungguh menyegarkan.

Tinggalkan komentar