Yuk Kenalan Dengan 10 Penemu Media Sosial Paling Populer di Dunia

Di era serba modern sekarang ini berbagi informasi tidak hanya lewat media cetak saja, tetapi juga bisa melalui media elektronik seperti televisi, radio. Dan saat ini media informasi yang paling cepat dan paling banyak digunakan adalah media sosial. Hampir semua kalangan sudah mengenal media sosial, bahkan menjadikan media sosial sebagai kebutuhan dalam menjalankan semua aktifitasnya. Tahukah kamu? Siapa saja yang menemukan media sosial populer yang sering dipakai di seluruh dunia?

 

Mark Zuckerberg

linaherlinawati42.wordpress.com

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Dialah yang menemukan situs jejaring sosial Facebook, saat ini Facebook menjadi situs jejaring sosial paling besar di dunia. Mark lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Pada awalnya zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa biasa di Universitas Havard, berawal dari idenya untuk membuat sistem jejaring untuk kelasnya, setelah dia membuat sistem tersebut ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung di dalamnya. Sistem ini lama-kelamaan menjaring universitas yang lain dan akhirnya berkembang seperti sekarang ini.

Kevin Systrom

Penemu Instagram Kevin Systrom
mashable.com

Kevin Systrom dibesarkan di kota kecil bernama Holisston di HMassacahusetts ,Amerika Serikat. Sebelum mengembangkan bisnisnya sendiri Kevin bekerja manajer pemasaran di perusahaan besar seperti Odeo (sekarang menjadi Twitter), Google. Walaupun bekerja pada bagian pemasaran tidak jarang dia ikut juga menyumbang ide-ide dalam bentuk pemograman. Setelah bekerja di beberapa perusahaan Kevin memilih mengembangkan usahanya sendiri, yaitu membuat situs jejaring sosial Instagram. Sebulan setelah peluncuran Instagram mampu merangkul 1 juta pengguna, dan mencapai 10 juta pengguna pada tahun 2012. Saat ini Instagram telah di gunakan oleh sekitar 100 juta pengguna.

Jack Dorsey

muhammadrisal1.wordpress.com

Jack Dorsey Lahir pada tanggal 19 November 1976. Dorsey adalah seoarang pengembang web dan pengusaha di Amerika Serikat. Dorsey sempat berganti-ganti tempat sekolah pada akhirnya dia memilih Universitas New York. Di universitas inilah ide untuk mengembangkan situ jejaring sosial twitter muncul. Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Sekarang ini Twitter sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia.

Reid Hoffman

Reid Hoffman Penemu Likend-in
unwire.pro

Reid Hoffman adalah pendiri linkend-in yaitu situs jejaring sosial yang berorientasi pada bisnis, terutama untuk kalangan profesional.Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

David Karp

David Karp Penemu Tumblr
imgkid.com

Karp lahir pada tanggal 6 juli 1986. Ia adalah pendiri dan juga CEO platform microblog Tublr. Menurut Forbes, kekayaan bersih Karp mencapai lebih dari $200 juta dan Tumblr memiliki nilai kapitalisasi sebesar $800 juta. Pada tanggal 20 Mei 2013, Tumblr sepakat untuk diakuisisi Yahoo! dengan nilai $1,1 miliar. Karp tetap menjabat sebagai CEO perusahaan.

Ben Silbermann

Ben Silbermann CO Founder Pinterest
www.maxmanroe.com

Ben Silbermann adalah pria kelahiran tahun 1982 di daerah Des Moines, Amerika Serikat. Di masa remaja Ben menamatkan pendidikanya di Research Science Institute di Yale pada tahun 2003. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Kegemaranya tentang teknologi membuatnya bisa masuk ke perusahaan Google. Cita-cita untuk menghasilkan produk teknologinya secara mandiri membuat Ben memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Google. Ben kemudian mulai menghubungi teman kuliahnya, Paul Sciarra untuk bekerjasama mewujudkan ide mengenai produk teknologi. Saat berupaya untuk membuat aplikasi iPhone bernama Pinterest, Ben dan Paul sempat menguras isi tabungan untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Sekarang ini pinterest telah mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia

Dave Morin

Dave Morin Pendiri Path
www.bedahtekno.com

Jika melihat posisi Dave Morin saat ini, mungkin bakal membuat iri banyak penggiat bisnis digital dimanapun berada. Menjadi CEO perusahaan teknologi besar dengan penghasilan lebih dari lumayan, tentu menjadi posisi yang sangat diidam-idamkan. Namun tunggu dulu, posisi yang didapatkan Dave saat ini bisa jadi merupakan akumulasi dari semua kerja keras yang harus ia lalui sebelumnya. Setelah bekerja di Facebook dan Apple ia membangun bisnis startupnya sendiri dengan mengembangkan media sosial Path. Media sosial Path mempunyai keunikan sendiri yaitu dengan membatasi pertemanan dan lebih personal.

Ilya Terebin and Mark Terebin

Ilya Terebin and Mark Terebin
time.com

Ilya Terebin and Mark Terebin adalah 2 bersaudara yang mengembangkan situs jejaring sosial Ask.fm. Ask.fm adalah salah satu jaringan sosial terbesar di Internet. Hal ini juga terjadi menjadi salah satu yang paling sedikit dipahami. Sejak didirikan pada tahun 2010, situs tersebut telah berkembang menjadi 120 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, dengan 15 juta di Amerika Serikat saja.

Jan Koum

Jan Koum Penemu Aplikasi Chating Whatapps
www.huffingtonpost.com

Jan Koum lahir pada 24 Februari 1976. Dia adalah pendiri WhatsApp bersama Brion Acton. Jan Koum dibesarkan di pinggiran kota Kiev dan pindah bersama ibu dan neneknya ke Mountain View, California pada usia 16 tahun. Pada tahun 1997, Jan Koum dipekerjakan oleh Google sebagai teknisi infrastruktur. Ia pun bertemu Brian Acton saat bekerja di Ernst & Young.

Pada bulan Januari 2009, ia membeli iPhone dan menyadari bahwa App Store yang saat itu berusia tujuh bulan akan menggebrak industri aplikasi dunia. Ia mengunjungi temannya, Alex Fishman, dan keduanya berdiskusi selama beberapa jam seputar ide aplikasi Koum di rumah Fishman. Koum memilih nama WhatsApp karena terdengar seperti frasa “what’s up“. Pada hari ulang tahunnya tanggal 24 Februari 2009, ia mendirikan WhatsApp Inc. di California.

Niklas Zennström

Niklas Zennström Penemu Skype
de.wikipedia.org

Niklas Zennström lahir pada tanggal 16 February 1966. Niklas Zennström adalah seorang pengusaha Swedia terkenal karena mendirikan beberapa usaha high-profile online ventures dengan Janus Friis termasuk Skype dan Kazaa. Baru-baru ini ia mendirikan perusahaan investasi teknologi Atomico dan telah menjadi tokoh penting bagi pengusaha di sektor teknologi.
Mungkin media sosial yang paling sering kita gunakan adalah Skype.

Tinggalkan komentar