Yuk Mengenal Lebih Dekat Tradisi dan Budaya Batak

Pada jaman dahulu Batak adalah sebuah kerjaan pertama dari Sumatra yang didirikan oleh seorang Raja Alang Pardoksi (Pardosi). Sedangkan pada masa kejayaan berikutnya kerajaan Batak sendiri beralih tahta yang dipimpin oleh raja Sultan Maharaja Bongsu pada tahun 1054 Hijriyah hingga sampai saat ini Batak berhasil memakmurkan negerinya dengan berbagai kebijakan politiknya.

Di bawah ini adalah bukti tentang beberapa unsur budaya yang dimiliki oleh suku Batak.

 

Suku Batak

Sejarah Suku Batak (warriors)
wikimedia.org

Batak merupakan salah satu suku bangsa yang berada di Indonesia. Merupakan sebuah tema dengan untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli dan Sumatera Timur, di Sumatera Utara. Dan ada beberapa suku yang dikategorikan sebagai Batak diantaranya adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Bahasa

Gaya bahsa suku Batak
devel.partainasdemo250.org

Dalam kehidupan sehari-hari, suku Batak biasa menggunakan beberapa logat, diantaranya logat papak (yang dipakai oleh Pakpak), logat karo (yang dipakai oleh orang Karo), logat toba ( Yang dipakai oleh orang Toba, Angkola dan Mandailing).

Pengetahuan

Pengetahuan tentang suku batak.
elelvinamasita.blogspot.com

Diantara pengetahuan suku Batak adalah mengenal sistem gotong-royong kuno yang dalam bahasa karo disebut raron, sedangkan dalam bahasa Toba disebut Marsiurupun. Penyebutan itu adalah istilah bahasa bercocok tanam yang kita kenal sekarang.

Kekerabatan

Kekerabtan suku Batak
satuberitabersama.blogspot.com

Untuk kekerabatannya, suku Batak ini baisa berdiam di daerah pedesaan yang disebut Huta atau Kuta menurut istilah Karo. terkadang satu Huta didiami oleh keluarga dari satu marga. Namun ada juga kelompok kerabat yang disebut marga taneh yaitu kelompok pariteral keturunan pendiri dari kuta.

Mata Pencaharian

Mata Pencaharian suku Batak
intel1.dishubkominfo.pidiekab.goiid

Untuk mata pencaharian dari Batak sendiri adalah bercocok tanam (padi dan ladang), Berternak, menangkap ikan, dan membuat kerajinan yang telah turun-temurun berlangsung sejak para nenek moyang orang-orang Batak.  Pembagian lahan pun didapat dari pembagian yang didasarkan marga. Setiap keluarga mandapat tanah tadi tetapi tidak boleh menjualnya, baik tanah ulayat ataupun tanah yang dimiliki perseorangan.

Religi

Suku Batak masih memegang kuat agamanya sendiri.
Culture.teknologidaninformasiumb.blogspot.com

Pada umumnya orang Batak menganut agama Kristen Katolik, Kristen Protestan, dan Islam Sunni. Namun ada pula yang menganut kepercayaan tadisional yaitu tradisi Malim dan juga menganut kepercayaan animisme atau biasa disebut Sipelebegu atau Parbegu, walaupun kini jumlah penganut kedua ajaran ini sudah semakin berkurang.

Kesenian

Kesenian tari yang ada di suku Batak
agathatourscentralkalimantan.wordpress.com
Salah satu kesenian  yang ada di suku Batak
tugaskab.blogspot.com

Seni Tari Tor-Tor (bersifat magis) danTari Serampang dua belas (bersifat hiburan) adalah salah satu kesenian khas Batak yang terus berkembang dan masih diselenggarakan hingga saat ini. Untuk alat musiknya sendiri, Batak masih menggunakan music tradisional yaitu Gong dan Saga-saga. Sedangkan hasil kerajinannya adalah kain ulos.

Tinggalkan komentar