Zaman Mesozoikum | Pengertian dan Ciri Kehidupannya

ZAMAN MESOZOIKUM – atau bisa juga disebut dengan“Era Tengah” kehidupan berevolusi dengan cepat dan dinosaurus, retil raksasa dan binatang-binatang buas atau ganas lainnya mengintari Bumi. Periode-periode yang menghampar kurang lebih dari sekitar 252 juta tahun lalu menjadi 66 juta tahun lalu, dan juga sangat dikenal sebagai sebutan zaman dinosaurus atau juga bisa disebetu dengan zaman reptil.

Oh iyah, apakah sebelumnya teman-teman sudah mengerti tentang pengertian zaman meszoikum? Mungkin diantara teman-teman semua ada beberapa orang yang memang belum begitu mengerti tentang pengertian pada zaman mesozoikum ini.

Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menulis artikel yang akan membahas tentang pengertian pada zaman zoikum dan juga akan ada pembahasan tentang ciri-cirinya. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan pada tulisan yang telah tertulis pada artikel dibawah ini, selamat menyimak.

Pengertian Zaman Mesozoikum

zaman mesozoikum
buihkata.blogspot.co.id

Zaman mesozoikum ialah merupakan suatu zaman yang mana ketika pada masa itu adanya kehidupan dinasaurus dimana kehidupan reptil raksasa atau dinosaurus ini kurang lebih berlangsung sekitar 140 juta tahun lamanya dan sesudah itu, terdapat beberapa spesies atau jenis burung dan jenis-jenis hewan yang bertulang belakang sesudah binatang dinasaurus habis dikarenakan pada zaman itu terjadinya musibah bencana alam.

Di zaman ini, terwujud atau terjadinya tiga masa tingkat kehidupan pertengahan yakni zaman trias, kretaseus dan zura. Ketika masa itu kondisi iklim atau cuaca sedang bersifat panas dan basah. Hal ini bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan fauna dan flora, dan penyebarannya masih sangat terbatas.

Ketika pada masa mesozoikum sudah mulai sedikit tumbuh dan berkembang tumbuh-tumbuhan yang memiliki daun lebar, ikan, amfibi, hewan melata, dan mamalia pertama.

Ketika itu masa trias pun sudah berakhir, alam atau bumi pangea yang sudah terbentuk mulai terpecah belah diakibatkan adanya gaya tektonik mengakibatkan terbentuknya alam benua Laurasia yang letak lokasinya berada di Utara dan daratan Gondwana yang berada di Selatan.

Pangea ini dikelilingi oleh samudra yang mana samudra tersebut disebut Panthalassa. Sehingga pada bagian sisinya mengalami iklim atau cuaca muson, sedangkan keadaan cuaca yang berada dibagian tengah tetaplah kering dan hangat.

Ketika pada masa trias, waktu itu dinasaurus merupakan salah satu hewan khas yang memimpin bumi dan seisinya, dimulai dari daerah daratan sampai lautan.

Ciri-Ciri Meszoikum

zaman mesozoikum
caragigih.id

Berikut dibawah inilah ciri-ciri zaman mesozoikum:

  • Terdapat banyak sekali hewan-hewan reptil seperti tyrannosaurus, spinosaurus dan yang terakhir adalah dinosaurus.
  • Keadaan cuaca di bui terasa hangat.
  • Berlangsung kehidupan selama 150 tahun lamanya.
  • Alas kehidupan modern.
  • Perkembangan dan pertumbuhan binatang reptil manggapai puncak, dan salah satunya adalah dinosaurus.
  • Secara perlahan, bumi mengalamai pergeseran yatu saling menyatu sama ain.
  • Pada zaman mesozoikum ini terdapat kegiatan tektonik, iklim dan evolusi.

____________________________

Demikianlah artikel yang membahas tentang zaman mesozoikum, terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar