in

Zaman Neozoikum Beserta Dengan Penjelasannya

antoksoesanto.blogspot.co.id

ZAMAN NEOZOIKUM – Pada artikel kami kali, kami akan membahas tentang zaman neozoikum kami akan membahasnya dengan detail dan terperinci agar para pembaca puas dengan tulisan kami. Nah!! langsung saja mari kita baca dibawah ini.

Dapat diperkirakan bahwa zaman neozoikum terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu hingga zaman sekarang. Zaman neozoikum ini terbagi kedalam 2 zaman yaitu adalah zaman kwarter dan zaman tersier.

Zaman Tersier

http://irfanshidiq21.blogspot.co.id

Yang pertama yang akan kami bahas adalah zaman tersier, zaman ini masih terbagi dalam beberapa masa dan diantaranya adalah : Miosen, Eosen, Paleosen, Oligosen dan Pliosen.

Pada zaman tersier ini binatang-binatang sudah mulai menyusui dan berkembang pesat, sedangkan reptil-reptil sudah mulai terlihat punah. Sedangkan untuk makhluk primata mulai tampak pada saat zaman Paleosen. Dan untuk orang hutan mulai ada pada masa yang dinamakan masa Miosen.

Pada zaman Pliosen, yaitu sekitar 10 juta tahun yang lalu, hidup hewan yang lebih besar daripada gorilla yang disebut Gigantrophus (kera manusia raksasa). Fosil hewan tersebut ditemukan di bukit Siwalik di kaki Himalaya, dan di dekat Simla (India Utara).

Gigantrophus adalah binatang yang hidupnya berkelompok sehingga mereka bisa berkembang biak dan menyebar dari Afrika ke Asia Selatan dan Asia Tenggara.  Namun akhirnya Gigantrophus punah karena sebab yang tidak jelas.

Selain Gigantrophus, dari masa yang sama hidup makhluk lain yang disebut Australopithecus (kera manusia dari selatan) yang ditemukan di Afrika selatan dan Afrika Timur.

Sedangkan di Kalimantan Barat dari kala Eosen akhirnya ditemukan fosil hewan vertebrata yaitu Anthracotherium dan Choeromous (sebangsa babi purba yang juga ditemukan di Asia Daratan.

Penemuan fosil hewan tersebut menjadi bukti bahwa pada kala Eosen Akhir, Kalimantan Barat bergabung dengan daratan Asia.

Sekian penjelasan dari kami tentang zaman neozoikum semoga semua tulisan yang telah kami tulis pada artikel ini dapat lebih bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada dibawah ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PROTISTA MIRIP JAMUR

Protista Mirip Jamur Dengan Berbagai Penjelasan (LENGKAP)

Niat Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Lafadz Bacaan dan Amalan Sunnahnya