10 Cara Alami Menyejukkan Mata yang Kekeringan

Selain badan, ternyata mata juga memiliki kemungkinan lelah. Pada saat mata memperhatikan sesuatu, misalnya di depan layar monitor atau membaca buku, maka banyak juga energi yang terkuras. Mata yang dalam keadaan lelah sangat mengganggu aktifitas, terutama aktifitas yang harus banyak membutuhkan energi.

Dalam artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi mata lelah agar kembali menjadi fresh.

Mengompres Mata

penyakitmataobatnya.blogspot.com
penyakitmataobatnya.blogspot.com

Mata yang di kompres dengan menggunakan air dingin dapat mengakibatkan mata menjadi lebih nyaman. Masukkanlah kain bersih, kemudian masukkan ke dalam air dingin dan letakkan pada kelopak mata selama beberapa menit, maka mata akan menjadi lebih nyaman dan terasa ringan. Selain terasa nyaman, mata akan bersih dan fresh.

Membersihkan Mata

caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com
caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com

Membersihkan mata yang cukup baik yaitu dengan menggunakan air dingin beberapa kali sehari secara rutin. Hal ini dapat merelaksasikan mata dan mengurangi ketegangan yang dominan memicu pada kelelahan mata.

Sendok Dingin

www.arbamedia.com
www.arbamedia.com

Salah satu cara merelaksasi mata yaitu dengan menggunakan sendok yang telah di didinginkan di dalam kulkas. Setelah itu meletakkan sendok tersebut di atas mata yang terasa lelah.

Menggunakan Irisan Mentimun, Strawberi dan Kentang.

www.masbroo.com
www.masbroo.com

Cara pemakainnya yaitu dengan memotong mentimun atau kentang dengan irisan yang pipih, kemudian menempelkan irisan tersebut di mata selama 15 atau 20 menit. Selain itu juga bisa menggunakan irisan strawberry yang telah di dinginkan di lemari es kemudian di tempelkan di kelopak mata.

Kantong Teh

makassar.tribunnews.com
makassar.tribunnews.com

Caranya adalah kantong teh yang sudah dingin di bagian kelopak mata dan buatlah kondisi benar-benar rileks.

Berkedip

adityahasta.wordpress.com
adityahasta.wordpress.com

Cara yang sangat sederhana untuk menyegarkan kembali mata yaitu dengan mengedipkan mata, dengan mengedipkan mata, maka akan merelaksasi secara otomatis.

Buatlah Jarak dengan Komputer Anda

www.merdeka.com
www.merdeka.com

Salah satu penyebab mata lelah adalah terlalu dekatnya jarak pandang antara mata dengan layar laptop atau monitor. Maka dari itu pastikan jarak pandang antara mata dengan laptop standart atau kisaran 30 cm. Selain itu pada saat bekerja di ruangan yang dingin juga menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan kering.

Susu Dingin atau Air Mawar

www.amazine.co
www.amazine.co

Cara pemakaiannya yaitu dengan merendam kapas ke dalam susu dingin atau air mawar, setelah kapas basar dengan susu dingin

kemudian barulah diletakkan di bagian kelopak mata.

Memijat

www.bestlife.co.id
www.bestlife.co.id

Memijat-mijat kelopak mata adalah salah satu cara untuk merelaksasi mata dengan lembut. Cara ini baik di praktekkan sebelum tidur. Caranya  yaitu dengan memijat kelopak mata dengan pola melingkar dan lembut selama kurang lebih dua atau tiga menit. Alasan utama memijat kelopak mata karena hal ini dapat mengendorkan otot pada mata.

Gunakan Kaca Mata Anti Silau

kacamatauniktop.blogspot.com
kacamatauniktop.blogspot.com

Cara ini bertujuan agar terhindar dari silauan cahaya layar komputer maupun laptop.

Demikianlah sepuluh cara sehat sederhana yang dapat dicoba untuk merelaksasi mata yang lelah.

Tinggalkan komentar