12 Jenis Bunga Anggrek yang Dilindungi

JENIS BUNGA – Kamu pasti tau bunga anggrek kan? Bunga yang memiliki bentuk unik dan indah. Nah, bunga anggrek ini ada banyak jenisnya di dunia. Bahkan, di Indonesia pun udah banyak banget jenisnya.

Nah, diantara jenis-jenis tersebut, ada beberapa anggrek yang masuk dalam daftar dilindungi. Ada sekitar 29 spesies anggrek langka yang dilindungi di Indonesia. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa.

Indonesia merupakan negara yang tingkat keanekaragaman anggreknya terbesar kedua setelah Brazil lho. Dari 26.000 spesies anggrek yang ada di dunia, sekitar 5.000-6.000 jenis terdapat di Indonesia. Dari bermacam jenis itu, tidak sedikit yang menjadi tanaman endemik di Indonesia.

Nah, mending langsung dilihat aja yuk sebagian gambar bunga anggrek langka yang dilindungi di Indonesia.

 

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

nswong.50webs.com
nswong.50webs.com

Nama ilmiah dari anggrek bulan Kalimantan Barat adalah Paraphalaenopsis serpentilingua. Memiliki bunga berwarna putih dan ada corak berwarna kuning dan merah. Bunga anggrek yang satu ini terlihat memesona dengan perpaduan warna dan bentuknya.

Anggrek Kasut Kumis

pflanzenfreunde.com
pflanzenfreunde.com

Nama ilmiah anggrek kasut kumis adalah Paphiopedilum chamberlainianum.Bunga anggrek yang satu ini memiliki bentuk seperti kantung semar dan berbulu.

Mungkin karena anggrek ini berbulu jadi namanya anggrek kasut kumis. Warna bunganya perpaduan antara hijau dan ungu, sangat cocok dan indah.

Anggrek Kebutan

flickriver.com
flickriver.com

Nama ilmiah anggrek kebutan adalah Ascocentrum miniatum. Bukan karena sering kebut-kebutan lantas diberi nama kebutan ya.

Anggrek dengan warna oranye ini sangat indah karena berkerumunnya banyak bunga dalam satu tangkai. Tapi ingat ya, ini anggrek langka, keberadaannya dilindungi negara. Sebagai warga negara yang baik, harus menjaga kelestarian alam agar anggrek ini tidak punah dari dunia.

Anggrek Sendok

orchidspecies.com
orchidspecies.com

Gambar bunga diatas yaitu anggrek sendok memiliki nama latin Spathoglottis zurea. Bunganya berwarna kuning cerah dengan sedikit warna putih dan corak merah dibagian tengahnya.

Anggrek Bulan Bintang

orchidspecies.com
orchidspecies.com

Nama ilmiah anggrek bulan bintang adalah Paraphalaenopsis denevei. Dinamai bulan bintang karena bentuknya yang mirip bintang. Memiliki lima kelopak dan ada yang berbentuk seperti bulan di tengahnya. Warna dari bunga anggrek ini sangat indah dan menarik.

Anggrek Jamrud

horvath-palmai.fw.hu
horvath-palmai.fw.hu

Anggrek jamrud memiliki nama latin Dendrobium macrophyllum. Bunganya memiliki bulu seperti buah rambutan. Bagian luarnya seperti kulit rambutan dan bagian dalam masih terdapat kelopak.

Anggrek Hartinah

mrj.wikipedia.org
mrj.wikipedia.org

Nama latin anggrek hartinah adalah Cymbidium hartinahianum. Nama anggrek yang satu ini Indonesia banget, Hartinah.

Bunganya memiliki bentuk yang hampir sama dengan yang lainnya. Perbedaannya adalah pada warna dan ukuran bunganya. Bunganya berwarna ungu dan ada gradasi dengan warna krem.

Anggrek Jingga

orchid-nord.com
orchid-nord.com

Nama ilmiah anggrek jingga adalah Renanthera matutina. Memiliki warna jingga dan terdapat motif titik-titik seperti macan tutul.

Anggrek Ki Aksara

marlowsorchids.com
marlowsorchids.com

Anggrek ki aksara nama latinnya adalah Macodes petola. Tanaman anggreknya berwarna hijau dan ada motif seperti kilatan petir. Bunganya memiliki ukuran yang kecil mungil.

Anggrek Larat

beethamnurseries.co.uk
beethamnurseries.co.uk

Jenis bunga anggrek larat yang satu ini memiliki nama ilmiah yaitu Dendrobium phalaenopsis. Bunga anggrek yang satu ini memiliki warna yang sangat mencolok, ungu tua.

Anggrek Hitam

reforestation.me
reforestation.me

Anggrek hitam memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata. Walaupun bunganya berwarna hijau, tapi dibagian tengahnya terdapat warna hitam, sehingga dinamakan anggrek hitam.

BACA JUGA: 4 Langkah Praktis Cara Menanam Bunga Anggrek yang Benar

Anggrek Stuberi

orchids.la.coocan.jp
orchids.la.coocan.jp

Anggrek stuberi memiliki nama ilmiah Dendrobium lasianthera. Warnanya perpaduan antara ungu, kuning dan putih. Kelopaknya memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari yang lainnya, bentuknya spiral.

Satu pemikiran pada “12 Jenis Bunga Anggrek yang Dilindungi”

Tinggalkan komentar