25 Fakta Aneh Tentang Air yang Bisa Menghilangkan Rasa Penasaran Kamu

Apakah Anda percaya bahwa air dingin lebih berat dari air panas? Atau bahwa air panas dapat benar-benar membeku lebih cepat daripada air dingin dalam kondisi tertentu?

Dunia adalah tempat yang gila. Siapa yang akan berpikir bahwa tampaknya senyawa yang paling dasar di planet kita ini akan begitu menarik. Sejujurnya, banyak dari sifat unik dan menarik pada air yang membuat kehidupan kita menjadi berbeda. Seperti tentang fakta bahwa 4 derajat Celcius merupakan suhu di mana air memiliki kepadatan maksimal. Hampir setiap senyawa tunggal lainnya yang suhunya menurun terus akan menjadi lebih padat. Ini adalah properti ini sederhana dan sangat aneh bahwa air telah membuat kehidupan ada di Bumi sampai sekarang.

Baca juga 7 Rahasia Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuhmu

Pikirkan tentang itu. Air terpadat selalu tenggelam ke dasar danau, benar? Ini berarti bahwa air di dasar danau selalu 4 derajat Celcius. Es dan air dingin lainnya naik ke atas. Itulah sebabnya ketika danau membeku, es akan tetap mengambang di permukaan dan ikan bisa berenang bebas di bawah. Jika air tidak memiliki perilaku jalan tersebut, tiada kehidupan yang akan mampu bertahan di danau halaman belakang kamu ketika membeku. Ini adalah 25 Fakta Aneh Tentang Air yang bisa memuaskan rasa penasaran kamu!

Air Dingin Lebih Berat Daripada Air Panas

timbangan
bengkelpeduli.com

Aneh memang, walaupun dari wujud yang sama yaitu air, ternyata dengan perbedaan suhu yang jauh juga akan membuat perbedaan berat antara kedua air tersebut.

Air Panas Lebih Cepat Untuk Dapat Membeku daripada Air yang Sudah Dingin Dalam Kondisi Tertentu

Air-Panas-Lebih-Cepat-Beku-Ketimbang-Air-Dingin bobo.kidnesia.com a
Ini fakta aneh lainnya. Ternyata air yang panas akan lebih cepat membeku atau merubah suhunya menjadi dingin daripada air yang sudah dingin (belum membeku) terlebih dahulu.

Dari Seluruh Air yang Ada Di Dunia, Hanya 1% yang Dapat Diminum

mata air hidupsehatcaranabi.wordpress.com a
Mengejutkan sekali, dari sekian banyaknya air yang Allah SWT ciptakan, tidak semuanya dapat diminum. Hanya 1% air yang sebenarnya layak untuk diminum. Sementara air yang lainnya mungkin ada beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam air minum tersebut.

Di Peru Ada Papan Iklan yang Menciptakan Air Minum Dari Udara

www.satuharapan.com

Di negara Peru terdapat papan iklan yang dapat menciptakan air minum dari udara. Prosesnya dijelaskan melalui gambar iklan tersebut.  Sungguh fantastis.

Air Bukanlah Penghantar Listrik yang Sangat Baik, Tetapi Bakteri dan Kotoran yang Ditemukan Di Air yang Melakukan Penghantaran

trainingproviderjogja.wordpress.com

Selama ini teori yang kita dengar adalah air merupakan konduktor listrik yang baik. Tetapi ternyata bukan media air yang menhantarkan listrik, tetapi bakteri-bakteri dan kotoran yang terkandung dalam air itulah yang menjadikan air mudah untuk menghantarkan listrik.

Pada Abad Pertengahan Bir adalah Minuman Paling Sehat Untuk Dikonsumsi Daripada Air Biasa

bir charelscorner.blogspot.com a
Pada masa abad pertengahan, bir merupakan minuman beralkohol yang paling sehat pada zaman tersebut. Karena pada masa itu air yang bersih dan layak untuk dikonsumsi dan di minum sangat susah untuk dicari dan didapat. Banyak orang beralih ke alkohol karena mudah di dapat dan merupakan minuman yang paling populer disaat itu.

Tetapi karena zaman sekarang sudah maju dan air bersih mudah untuk didapatkan, maka lebih baik untuk mengkonsumsi air biasa saja, karena sebenarnya minuman beralkohol sekarang sudah tidak menyehatkan tubuh bahkan merusak.

Ingat Bagaimana Kita Mengatakan Bahwa Hanya 1% Dari Air Bumi yang Dapat Diminum? Nah, Sekitar 90% Dari 1% Air yang Dapat Air Minum Ditemukan Di Antartika

antartika gambarwallpaper.fondecranhd.net a
Jika tadi diawal dijelaskan bahwa hanya ada 1% air di Bumi yang layak untuk diminum. Ternyata dari 1% tersebut 90%nya ada di Antartika, Kutub selatan sana.

2/3 dari Air yang Digunakan Di Rumah Rata-rata Digunakan Di Kamar Mandi

www.rumahidealis.co

Dari keseluruhan penggunaan air dirumah, 2/3nya di buang untuk keperluan yang ada di kamar mandi, tidak perlu disebutkan aktifitas apa saja yang dilakukan di dalam kamar mandi, pastinya semua sudah tahu. 1/3nya lagi untuk kebutuhan lainnya. Jadi jangan boros air di kamar mandi ya.

Terlalu Banyak Meminum Air Dapat Membunuh Kamu (intoksikasi air)

www.cwacwa.com

Jangan terlalu berlebihan dalam mengkomsumsi minum. Jangan karena berdalihkan minum air banyak dapat menjaga kesehatan, walaupun mengkonsumsi air dapat menjaga kesehatan tetap saja ada batasan dalam mengkonsumsinya. Jika terlalu banyak bukannya baik untuk tubuh, justru sebaliknya malah membahayakan.

10% Sisa Air yang Layak Di Minum Ada Di Danau Baykal Rusia

 danau baykal arumsekartaji.wordpress.com a
Agak susah dalam menjelaskannya, memang dari 1 % Air yang di Bumi yang layak minum 90% air dari 1% tersebut yang layak minum ada di antartika sana. Ternyata 10%nya lagi dari 1% tadi terdapat di danau baykal Rusia. Sungguh luar biasa sekali.

Dibutuhkan Hampir 3.000 Galon Air Untuk Memproduksi Satu Celana Jeans

grosirjeanstermurah.com

Siapa yang disini gemar memakai celana jeans? Berarti kamu mendukung pemborosan air yang ada di dunia. Pasalnya, hanya untuk membuat sepotong jelana jeans saja, dibutuhkan hampir 3000 galon air. Itu bisa buat berenang jika dijadikan satu tempat.

Air Tidak Bisa Kadaluarsa, yang Kadaluarsa Adalah Botolnya

cara.media

Jika kamu pernah memperhatikan beberapa merek air minum kemasan, biasanya beberapa diantaranya mencantumkan tanggal kadaluarsa di kemasan botol tersebut. Sekali lagi dijelaskan bahwa yang kadaluwarsa bukan airnya tetapi kemasan botol tersebut. Bisa jadi juga untuk air yang sudah dicampurkan senyawa kimia seperti pengawet akan menjadi air biasa kembali, hanya bau, warna dan rasanya saja yang berubah.

Bill Gates Mengawasi Pembangunan Mesin yang Pengubah Kotoran Menjadi Air Minum dan Listrik

bgr.com

Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates? Dia adalah pemiliki perusahaan Raksasa Microsoft dan merupakan salah satu orang yang terkaya di dunia. Dia sedang membangun sebuah proyek tentang kotoran yang diubah menjadi air dan listrik. Apakah bisa? Jika mereka sedang membangun proyek ini berarti ada kemungkinan bisa, tapi kurang tahu rasanya gimana nanti.

Kotoran yang Kamu Buang 75%nya Adalah Air

rinaldimunir.wordpress.com

Agak jorok sih, tetapi memang seperti itulah faktanya bahwa kotoran yang selama ini kamu buang 75%nya adalah air. Karena air merupakan hal yang paling banyak dikonsumsi, pastinya juga yang paling banyak dibuang.

Orang-orang di Asia dan Afrika Harus Berjalan Rata-rata 6 km (3,7 mil) Untuk Dapat Mengumpulkan Air

satutimor.com

Sungguh sangat mengharukan perjuangan mereka untuk mendapatkan air. Mereka rela untuk berjalan jauh hanya untuk mendapatkan air yang layak pakai, karena air merupakan sumber kehidupan bagi setiap manusia. Apa jadinya jika seharian tidak minum? Sudah pasti akan mengalami dehidrasi.

Tulang Terdiri Dari 31% Air

www.icapp.ch

Walaupun terlihat padat, ternyata di dalam tulang terkandung 31% air dari keseluruhan air yang ada di dalam tubuh manusia. Jadi tidak hanya ada di organ tubuh saja terdapat air, tetapi di tulangpun juga ada air.

Dalam Ubur-ubur Ada sekitar 95% Air Dalam Tubuhnya

oyinayashi.blogspot.com

Hewan yang lucu dan indah ini merupakan hewan yang hidup di laut. Bentuknya yang sangat sederhana namun indah ini ternyata 95%nya adalah air.

Di Atmosfer Ada Air yang Lebih Segar Dibanding Air Di Seluruh Bumi

weknowyourdreams.com

Dari sekian banyak air yang ada di bumi, kesegarannya tidak sebanding dengan air yang ada di langit atmosfer bumi. Air-air tersebut berbentuk embun yang beterbangan di udara.

Kota Denver Lebih Cepat Mendidihkan Air daripada Kota-kota Besar Lainnya

halftimeinstitute.org

Kota Denver merupakan salah satu kota yang ada di Amerika Serikat. Karena posisi kota yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya, menjadikannya sebagai kota yang paling cepat membuat air menguap.

Di Amerika Rata-rata Penduduknya Menggunakan Air 100 Galon Per Hari

petermuhly.wordpress.com

Amerika merupakan salah satu negara terbesar dan memiliki penduduk yang banyak. Namun dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa negara ini hanya menghabiskan 100 galon air setiap harinya. Sungguh sangat boros.

Rata-rata Penduduk Sub-Sahara Afrika Menggunakan Sekitar 3 Galon Air Per Hari

en.wikipedia.org

Ini kebalikannya di Amerika, disaat negara-negara besar membuang-buang air dengan sengaja. Di Afrika para penduduknya dengan susah payah mencari air untuk digunakan sehari-hari.

Air Adalah Satu-satunya Aubstansi yang Ditemukan Secara Alami Di Bumi (padat, cair, dan gas)

Droplets-Water www.realfoodco.com a
Air merupakan satu-satunya molekul yang dapat menjadi 3 bentuk yang berbeda, yaitu dapat menjadi cair (wujud aslinya), menjadi padat (ketika dibekukan) dan menguap menjadi gas (ketika dipanaskan).

Jika Permukaan Laut Naik 10 meter Karena Pencairan es, 25% Dari Populasi Amerika Serikat akan Terpengaruh

diahsuryani.wordpress.com

Ini merupakan peringatan dari global warming, karena bumi yang semakin panas akan mengakibatkan es mencair di kedua belah kutub. Akibatnya akan berpengaruh terhadap populasi manusia di dunia ini, tidak hanya di Amerika saja tentunya.

Ada Air Di Bulan

www.alfiansyahanwar.com

Baru-baru ini para ilmuwan sepakat bahwa telah ditemukannya air di bulan. Hal ini sangat mengejutkan melihat di bulan sana sangatlah panas, jadi sangat kecil kemungkinan terdapat air disana. Tetapi itulah faktanya, ternyata ada air disana.

Jerapah Dapat Hidup Lebih Lama Tanpa Air Dibandingkan Dengan Unta

knowledgeandhistory.blogspot.com

Ternyata hewan berleher panjang ini lebih kuat daripada unta. Pasalnya selama ini unta diduga sebagai hewan yang kuat tidak meminum air. Padahal unta dapat meminum air banyak dalam sekali minum dan disimpan di punuknya, inilah yang menjadikan unta kuat untuk bertahan hidup. Berbeda dengan jerapah, jerapah tidak dapat menyimpan air ditubuhnya tetapi dia kuat untuk dapat bertahan hidup lama tanpa meminum air.

Satu pemikiran pada “25 Fakta Aneh Tentang Air yang Bisa Menghilangkan Rasa Penasaran Kamu”

Tinggalkan komentar