5 Insiden Jet Tempur Tak Terduga yang Berhasil Selamat

Kecelakaan pesawat memang menjadi momok menakutkan bagi setiap pilot di seluruh dunia. Terlebih jika sebagian dari mereka masih memiliki jam terbang rendah dan kurang pengalaman dalam mengatasi permasalahan genting sekalipun.

Untuk itu, setidaknya dibutuhkan 4000 jam berada di udara agar para pilot mempunyai kemampuan dan pengalaman yang matang dalam kondisi apapun.

Dalam artikel ini akan dibahas sedikit tentang 5 insiden jet tempur tak terduga yang berhasil selamat . Mau tahu seperti apa kejadiannya? Ini liputannya.

 

Kejadian Naas di Pertunjukan Pesawat

Bencana di Acara Pertunjukan Pesawat
reddit.com

Dua pilot SU-27 Flanker berhasil keluar dengan selamat dalam kejadian naas Skylive Airshow, Ukraina di tahun 2002. Sayangnya, 77 penonton tewas seketika di tempat kejadian. Sementara itu, 543 penonton lainnya mengalami luka-luka.

Meskipun kedua pilot tersebut berpengalaman, namun mereka membuat kesalahan saat melakukan manuver bergulir secara menurun di ketinggian yang sangat rendah.

Seketika itu, sayap kiri pesawat menghantam tanah dengan keras. Hingga akhirnya pesawat itu pun tergelicir sejauh beberapa mil.

Tiga tahun kemudian, pengadilan militer menjatuhi hukuman penjara selama empat belas tahun kepada salah seorang pilot. Sementara itu, pilot lainnya dipenjara selama delapan tahun atas kelalaian yang mereka lakukan saat insiden tersebut.

Berhasil Lolos di Detik-Detik Terakhir

Celaka Jet Tempur F-15 D
youtube.com

“Dude, I’m getting out” Ucapan tersebut merupakan kata terakhir yang ditransmisikan oleh pilot F-15D kepada pilot lain dalam pesawat yang berbeda. Selama operasi militer AU Amerika Serikat, jet F-15D secara mengejutkan berputar-putar di ketinggian 15.000 kaki.

Saking cepatnya pesawat itu jatuh, pilot pun tidak memiliki banyak waktu untuk tetap bisa bertahan dan menyelamatkan jet supaya tidak jatuh. Akhirnya pilot F15D mengirimkan sebuah pesan dengan pilot lainnya di ketinggian sekitar 6.000 kaki jika ia akan segera keluar dari pesawat.

Beruntungnya, pilot ini berhasil selamat setelah ia keluar menggunakan kursi pelontar di detik-detik akhir meledaknya pesawat.

Insiden Maut di Acara Latihan Pertunjukan Pesawat

Kecelakaan Maut pesawat CF-18 Canadian Hornet
noticiasdecidadania.blogspot.com

Kapten Brian Bews mencoba mengendalikan pesawat CF-18 Canadian Hornet dalam sebuah pertunjukan Canada Show. Naas, kejadian tak terduga menimpa. Mesin kontrol bahan bakar utama pesawat tersebut tertahan oleh sebuah mesin jet pendorong yang secara tiba-tiba berubah menjadi kondisi siaga.

Awalnnya mesin pendorong ini berada dalam kondisi terbaiknya pada saat berada di darat, namun keadaan justru berubah secara drastis kala pesawat tersebut sedang mengudara.

Sementara itu, Bews selaku pilot dalam pesawat tersebut mengaku tidak ada pilihan lain selain keluar dengan menggunakan kursi pelontar.

Setelah mencoba keluar dengan menggunakan kursi pelontar, akhirnya Bews sampai di darat dengan selamat dan dikelilingi oleh bantuan medis agar ia tetap bertahan hidup tanpa cedera berat.

Kesalahan Fatal Pilot F-16

Kesalahan Fatal Pilot F-16
junhunw.cn

Mencoba bermanuver dengan teknik “Split S” dalam acara pertunjukan udara di Idaho, Chris Stricklin selaku pilot dari pesawat F-16 ini justru melakukan kesalahan perhitungan terbang di ketinggian 1.000 kaki.

Anehnya, Chris justru memaksakan trik manuver “Split S” tersebut di ketinggian paling rendah untuk pesawat semahal itu.

Hingga akhirnya, pesawat ini berbelok secara brutal ke arah penonton dan beberapa pesawat yang sedang parkir. Dalam kejadian ini Chris selamat.

Hanya saja ia mendapatkan luka ringan di bagian tubuhnya. Akibat ulah Chris, jet semahal 20 juta dollar ini pun hancur dengan sia-sia.

Insiden Latihan Maut Jet Tempur F-4

Insiden Latihan Maut Pesawat Jet Tempur F-4
wikimedia.org

Sebuah latihan ringan yang melibatkan pesawat jet tempur F-4 secara mengejutkan tiba-tiba jatuh di dekat pinggiran kota Phoenix, Amerika Serikat. Dua awak pesawat yakni seorang instruktur pilot dan muridnya berhasil keluar dengan kursi pelontar sebelum kecelakaan itu terjadi.

Beruntung tidak ada korban tewas dalam insiden tersebut. Diduga insiden ini berawal dari percikan mesin di bagian pesawat saat yang dilihat oleh warga sekitar sebelum melakukan kontak dengan tanah.

Tinggalkan komentar