6 Keindahan Gunung Tertinggi di Indonesia

GUNUNG TERTINGGI РIndonesia merupakan negeri yang sangat indah. Mulai dari pantai hingga gunung, lengkap dengan pemandangannya yang begitu indah. Hampir setiap gunung di negeri ini menjadi tujuan tempat wisata ataupun pendakian.

Gunung tertinggi di Indonesia terletak di Papua yaitu Gunung Jaya Wijaya. Selain di Papua, di pulau-pulau besar di Indonesia juga terdapat gunung yang menjulang tinggi dan memiliki keindahan yang sangat eksotis.

 

Gunung Semeru

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Di Pulau Jawa, banyak sekali terdapat gunung berapi. Namun, yang tertinggi yaitu Gunung Semeru yang terletak di Pegunungan Tengger. Tidak ada yang diragukan lagi dari keindahan Gunung Semeru.

Bagaikan magnet, banyak sekali orang yang berkunjung dan rela bersusah payah melakukan pendakian ke gunung ini. Selain Gunung Semeru, di Pegunungan Tengger juga ada gunung Bromo yang indah dengan hamparan padang pasirnya.

Selama pendakian, kamu akan disuguhkan pemandangan-pemandangan yang sangat indah. Mulai dari Ranu Kumbolo yang dikenal sebagai surga pendaki di Gunung Semeru hingga ketika mencapai puncak Mahameru, tak boleh kamu lewatkan dari bidikan kamera untuk diabadikan.

Gunung Rinjani

tokopedia.com
tokopedia.com

Buat kamu para pecinta alam dan penikmat gunung, belum lengkap rasanya jika belum pernah mendaki Gunung Rinjani. Gunung eksotis ini terletak di Pulau Lombok dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Apa saja yang disuguhkan oleh Gunung Rinjani? Banyak. Di antaranya yaitu danau kawah yang biasa disebut Segara Anak yang memiliki kedalaman 230 meter. Air danau membiru bagaikan lautan dan mengalir membentuk air terjun yang sangat indah. Ada juga padang savana yang begitu luas dan cantik.

Tempat ini akan kamu lalui jika mengambil jalur Sembalun. Jika kamu mengambil jalur Senaru, kamu akan melalui hutan tropis yang sangat lebat dan terjal. Pesona Gunung Rinjani sangat mempesona, sehingga jika kamu berkesempatan mendaki ke sana jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikannya.

Gunung Kerinci

kilometerindonesia.blogspot.com
kilometerindonesia.blogspot.com

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini dikenal juga dengan nama Gunung Gadang, Berapi Kurinci atau Puncak Indrapura.

Gunung kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009. Di antara banyaknya gunung berapi, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan. Dari kota Padang sekitar 130 km ke arah selatan. Di sekeliling Gunung Kerinci merupakan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat Badak Sumatera dan Harimau Sumatera.

Jika di lihat dari kota Padang, Jambi dan Bengkulu, gunung ini terlihat membentang indah. Apabila berada di puncaknya, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Mulai dari kawah yang cukup luas, juga Samudera Hindia pun terlihat dari puncak Gunung Kerinci.

Gunung Latimojong

latimojong.wordpress.com
latimojong.wordpress.com

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Gunung ini terletak di tengah-tengah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.680 meter dengan puncaknya bernama Rante Kambola.

Gunung Bukit Raya

alamilimiah.wordpress.com
alamilimiah.wordpress.com

Gunung Bukit Raya merupakan gunung tertinggi di Pulau Kalimantan. Terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Katingan.

Gunung dengan ketinggian 2.278 mdpl ini memiliki keindahan yang cukup eksotis dan tak boleh dilewatkan dari bidikan kamera untuk mengabadikannya. Kawasan sekitar gunung ini dijadikan cagar alam.

Bersama dengan Cagar Alam Bukit Baka di Provinsi Kalimantan Barat merupakan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Gunung Jaya Wijaya

rajakamar.com
rajakamar.com

Gunung Jaya Wijaya yang terletak di Pulau Papua ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Carstenzs merupakan puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 m.

Walaupun gunung karang, puncak Carstenzs dapat diakses melalui rute normal dari Desa Ilaga. Gunung Jaya Wijaya adalah gunung yang unik. Walaupun berada di jalur khatulistiwa, Puncak Carstenzs diselimuti salju abadi.

Nah jika kamu berniat untuk mendakinya. Jangan lupa baca artikel 5 Jenis Perlengkapan Mendaki Gunung yang Tidak Boleh Kamu Tinggalkan

2 pemikiran pada “6 Keindahan Gunung Tertinggi di Indonesia”

Tinggalkan komentar