6 Cerita Misteri Gunung Semeru yang Bikin Bulu Kudukmu Berdiri

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pecinta alam khusunya pendaki gunung indonesia. Gunung yang berada di area pegunungan tengger ini tingginya mencapai 3.676 diatas permukaan laut.

Walaupun gunung ini aktif, para pendaki masih sangat antusias untuk menaklukan gunung ini. Gunung ini memiliki panorama alam yang sangat indah ditambah ada beberapa danau cantik yang ada di trek pendakian.

Dibalik keindahan gunung semeru, terdapat beberapa misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. Berbagai cerita mistis dan aneh sering dialami para pendaki. Berikut ini adalah beberapa cerita misteri menarik yang terjadi di area gunung semeru.

 

Ikan Mas Ranu Kumbolo

agusbudiawan.wordpress.com
agusbudiawan.wordpress.com

Di ranu kumbolo terkenal adanya cerita penampakan sosok hantu wanita. Namun selain itu ada satu misteri lagi yang menarik untuk kita bahas.

Di Ranu Kumbolo konon terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Ikan Mas itu oleh masyarakat sekitar disebut sebagai jelmaan para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo.

Di Area Ranu Kumbolo terdapat larangan menangkap ikan, jika kamu melanggar bersiaplah untuk mendapat hal hal aneh yang menimpamu.

Mbah Dipo

soloraya.com
soloraya.com

Mbah Dipo seperti halnya Mbah Marijan sang juru kunci gunung Merapi yang terkenal itu. Mbah Dipo bertempat tinggal di area yang paling berbahaya ketika nanti ada letusan gunung Semeru.

Menurut sebagian masyarakat, beliau adalah satu satunya orang yang mengetahui kapan meletusnya gunung Semeru.

Namun sekarang mbah Dipo telah tiada, jika nanti gunung Semeru meletus maka ada satu pesan yang disampaikan mbah Dipo sebelum meninggal. Beliau berkata bahwa jangan pernah lari ke arah desa Gunung Sawur, tapi larilah menuju arah sungai.

Hantu Wanita Ranu Kumbolo

elziyad9tsn.wordpress.com
elziyad9tsn.wordpress.com

Danau indah dan cantik ini ternyata menyimpan misteri yang lumayan bikin bulu kuduk berdiri. Ranu Kumbolo juga dikenal sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru. Para pendeka yang berkemah disini seringkali melihat sosok hantu wanita di tengah Ranu Kumbolo.

Ditengah danau yang jernih ini pada malam bulan purnama sering muncul sosok penampakan yang diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Penampakan itu sering muncul berupa kabut tebal yang berkumpul lalu manjadi sesosok wanita.

Kesurupan di Kelik

photobucket.com
photobucket.com

Daerah merupakan daearah yang sering ada kejadian pendaki terjatuh, hilang maupun tersesat. Banyak kejadian kesurupan terjadi di daerah ini.

Beberapa batu penanda in memoriam banyak diletakkan disana sebagai tanda bahwa ada beberapa orang meninggal di daerah tersebut. Pendaki kesurupan berbagai makhluk dan juga binatang.

Arcopodo

zineplus44.blogspot.com
zineplus44.blogspot.com

Arcopodo yang berarti patung kembar merupakan salah satu misteri paling terkenal di gunung Semeru. Arcopodo merupakan daerah lapang yang yang berada setelah hutan. Dalam misteri gunung Semeru, patung tersebut pendirinya adalah prajurit kerajaan Majapahit.

Namun keberadaan patung tersebut ternyata tidak bisa dilihat sembarang orang. Hanya orang orang tertentu yang mampu melihat keberadaan patung itu.

Dan jika ada yang melihatpun memiliki berbagai versi tersendiri. Ada yang bilang bahwa patung tersebut sebesar anak kecil, namun juga ada yang mengatakan bahwa patung tersebut sebesar raksasa sehingga bisa nampak dari jauh. Area Arcopodo ini merupakan pos terakhir sebelum pendaki menuju puncak Mahameru.

BACA JUGAGunung Slamet, Salah Satu Gunung Aktif di Pulau Jawa dengan Sejumlah Ceritanya

Salju Ranu Kumbolo

ngupilngangkang.blogspot.com
ngupilngangkang.blogspot.com

Sekali lagi Ranu Kumbolo menyimpan misteri yang sangat berkesan bagi para pendaki gunung Semeru. Danau ini berada di ketinggian 2400 di atas permukaan laut.

Ranu Kumbolo juga terkenal dengan sunrise nya yang menawan. Jika kamu beruntung kamu bisa merasakan kristal kristal es yang terbentuk karena suhu yang sangat dingin di Ranu Kumbolo, es es tersebut dapat ditemukan di dedaunan atau di pinggiran danau.

2 pemikiran pada “6 Cerita Misteri Gunung Semeru yang Bikin Bulu Kudukmu Berdiri”

  1. Buat gw smua gunung itu angker dan seram tp bagaimana kita bersikap aja di gunung tsb kita sbg tamu alam hrs menjaga segala etika yg ada dgn 1 tujuan utk menikmati dan mensyukuri ciptaan Allah swt dan jgn lupa baca bismillahi sebelum kita naik

Tinggalkan komentar