6 Kue Tradisional Jawa yang Populer di Nusantara

Kuliner tidak hanya berupa jenis makanan yang berat saja, namun kuliner juga dapat seperti jajanan ringan seperti kue. Kue ada beragam jenisnya, dari kue-kue modern hingga kue tradisional yang tetap ada bahkan tidak akan hilang dimakan waktu.

Karena sekalipun tradisonal rasa dan kulaitas pun dapat dijamin. Bahkan sekarang juga sudah ada kemajuan dibagian penyajian dan bentuk untuk menarik konsumen.

Kue ini pun sangat mudah didapat, harganya terjangkau, bahan mudah dan gampang serta proses pembuatannya masih alami.  Jawa, merupakan sentra produksi banyak makanan khas terutama jajanan kue tradisionalnya. Disini saya akan membahas beberapa contoh kue tradisional dalam Jawa.

Apem atau Kue Serabi

kue-apem
pondokibu.com

Terbuat dari bahan utama tepung ketan dan tepung beras ditambahi santan kelapa. Kue ini merupakan jenis kue tradisonal basah. Dalam adat jawa, kue ini wajib disertakan bagi seseorang yang sedang mempunyai hajatan. Kue ini memiliki rasa unik yaitu manis dan gurih.

Martabak Manis

martabak-manis
resepdunia.com

Jajanan tradisioanl yang sering dijumpai dipasar-pasar tradisional. Dijawa sering disebut dengan kue terang bulan.

Kue Dadar Gulung

resepkuekering.org
resepkuekering.org

Bahan dasarnya adalah tepung terigu, gula pasir, santan kelapa dan telur. Kue ini sangat banyak peminatnya di Jawa. Kue ini adalah gulungan dari dadaran adonan yang diisi dengan kelapa parut yang diberi rasa manis. Biasanya kue ini berwarna hijau pandan. Namun juga dapat dikreasikan ke warna yang lain yang menarik.

Klepon

kue-klepon
tips-cara.info

Siapa yang tak tahu tentang kue ini. Kuliner asli Jawa yang rasanya sangat menggoda dan legit. Klepon identik dengan waran hijau muda, betuknya bulat-bulat dan berisi gula merah atau gula kelapa. Dan dalam penyajiannya ditambahkan parutan kelapa untuk membalut kue-kue klepon tersebut.

Roti Kukus

kue-bolu-kukus
masteresep.com

Rasanya manis dan pembuatannya dengan cara dikukus. Harganya sangat murah dan banyak dijumapi dipasar tradisional.

Gethuk Lindri atau Gethuk Singkong

getuk-lindri
reseplokal.com

Berbahan dasar singkong. Gethuk ini disajikan dengan parutan kelapa yang dibubuhkan diatasnya, gethuk ini bisa terdiri dari banyak warna-warni.

 Nah itu tadi sedikit tentang makanan khas Jawa yang sampai sekarang pun tidak akan hilang.

Tinggalkan komentar