7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Gmail

Hari ini email sudah menjadi tool yang wajib dimiliki setiap orang. Semua orang mulai dari pribadi, pelaku bisnis, profesional dan orang dengan berbagai profesi lainnya sudah seharusnya mempunyai email. Email (electronic mail) atau surat elektronik memudahkan penggunanya dalam mengirim dan menerima pesan. Walapun banyak bermunculan aplikasi pengirim dan penerima pesan, email tetap menjadi tool populer yang banyak digunakan. Beberapa kelebihan email antara lain karena sifatnya yang cenderung privasi, lebih formal, memungkinkan pesan yang panjang dan berbagai attachment file-file penting.

Dulu di awal kemunculan email, kita mungkin baru mengenal yahoo. Namun di era yang semakin digital ini, semakin banyak provider email yang ada. Di antara provider lainnya, yahoo dan gmail adalah yang paling populer dan banyak digunakan.

Jika harus memilih di antara dua email tersebut, kita lebih menyarankan gmail. Kenapa? Karena banyak sekali kelebihan gmail dibandingkan jenis email yang lain. Apa saja? Berikut list-nya.

 

Cukup 1 Akun Gmail Untuk Semua Produk Google

storage.googleapis.com
storage.googleapis.com

Sebagian  kamu mungkin mengira google itu hanya mesin pencari. Keliru, google adalah perusahaan yang menyediakan berbagai produk. Gmail adalah salah satu produknya google. Yang paling populer memang google search engine, google sebagai mesin pencari. Di samping itu masih banyak lagi produk-produk dari perusahaan google yang lain seperti google doc, google sheet, google drive, google maps dan lain sebagainya.

Nah, untuk bisa memanfaatkan berbagai produk itu kamu cukup mempunyai satu akun gmail saja. Seterusnya tinggal log in ke berbagai produk tersebut. Jadi manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di gmail bukan hanya sebatas kirim-mengirim pesan. Dan dengan hanya satu akun saja, berbagai produk google lainnya bisa kamu gunakan.

Kapasitas Penyimpanan yang Besar

www.dailymail.co.uk
www.dailymail.co.uk

Coba tebak berapa besar space yang diberikan google untuk setiap akun gmail yang kita buat? 15Gb!

Cukup besar bukan? Dan space itu diberikan secara gratis oleh google tanpa ada tambahan biaya. Jika 15Gb masih terasa kurang, google juga punya space premium. Harganya? Sangat murah. Hanya $1.99 per bulan untuk 100Gb!

Untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi, tesis atau karya ilmiah lainnya bisa menyimpan di gmail dengan cara menyimpan di draft atau kirim ke gmail sendiri. Silakan dicoba.

Kategori Inbox Lebih Rapi

satujam.com

Di gmail, setiap email yang masuk akan diletakkan secara otomatis sesuai kategori tertentu. Secara umum kategori tersebut terbagi menjadi lima  yaitu primary, social, promotion, updates dan forum. Peletakan email berdasarkan kategori ini akan memudahkan kamu saat mencari email tertentu yang kamu butuhkan.

Bisa Log In dengan Banyak Akun di Waktu Bersamaan

banyak akun
satujam.com

Ini juga salah satu kelebihan lain dari gmail. Kamu bisa log in dengan beberapa akun gmail lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk kamu yang membedakan akun gmail untuk pribadi, bisnis, sosial atau lainnya.

Bisa Log In dengan Akun Selain Gmail

http://www.graypressmedia.com/
http://www.graypressmedia.com/

Layanan ini menurut kita sangat istimewa. Gmail tidak membatasi akun yang log in hanya gmail saja. User juga bisa masuk ke gmail dengan email yang lain  seperti yahoo, AIM mail, hotmail  dan lain sebagainya. Ini akan lebih memudahkan kamu dalam mengelola semua akun email kamu. Tidak perlu membuka banyak tab atau browser.

Sinkronisasi dengan Google Chrome

http://thenextweb.com/
thenextweb.com

Kamu biasanya menggunakan browser apa? Umumnya pengguna internet menggunakan mozila firefox atau google chrome. Jika kamu menggunakan google chrome, sebaiknya kamu sinkronisasikan dengan akun gmail kamu. Apa manfaatnya? Salah satu manfaatnya adalah jika kamu menyimpan hostory atau bookmark penting di komputer kamu setelah sinkronisasi dengan gmail, kamu cuma bisa membuka history dan bookmark tersebut di komputer yang lain. Kamu tinggal log in maka bookmark dan history kamu akan muncul secara otomatis.

Filter dan Label

filter dan label
satujam.com

Email-email yang ada di inbox kamu bisa kamu melakukan filter berdasarkan  read (email yang sudah dibaca), unread (belum baca), stared (penting) dan unstared (tidak terlalu penting).

Yang lebih keren lagi adalah pemberian label. Gmail memungkinkan user-nya untuk memberikan label di setiap email berdasarkan kategori tertentu. Kategori ini bisa kita buat sesuka hati kita. Jika kamu sedang ada proyek tertentu dan menerima banyak email, kamu bisa me-label-i dengan “business project” misalnya. Fasilitas ini tentu akan memudahkan kamu dalam mencari dan mengklasifikasikan email.

Itulah beberapa alasan kamu harus mempunyai akun gmail sekarang juga. Jangan lupa baca juga mengenai google doodle ya. Untuk nambah-nambah wawasan kamu. 🙂

Tinggalkan komentar