7 Manfaat Sambal Untuk Kesehatan

Bagi kamu yang pencinta makanan pedas, keberadaan cabai atau sambal pada makanan adalah hal yang mutlak. Terlepas dari rasa mulas yang mungkin bisa mampir, makanan pedas memang sungguh menambah nafsu makan dan menggugah selera.

Kandungan capsaicin yang ada pada cabai adalah penyebab rasa terbakar pada lidah saat kamu memakan makanan pedas. Ternyata capsaicin tidak hanya membuat kamu kepedasan, namun juga bisa menyehatkan loh.

Mampu Menurunkan Berat Badan

idiva.com
idiva.com

Dalam sebuah penelitian para ilmuan menemukan bahwa makanan pedas dapat membakar lebih banyak kalori karena mampu meningkatkan metabolisme hingga 8 persen. Selain itu, biasanya kebanyakan orang tidak akan mampu menghabiskan satu porsi makanan pedas sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit.

Jantung Kamu Akan Sehat

http://www.khaleejtimes.com/
http://www.khaleejtimes.com/

Senyawa capsaicin yang terdapat di dalam makanan pedas akan memunculkan sensasi panas di lidah. Rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Dalam sebuah studi oleh American Chimical Society disebutkan bahwa kandungan capsaicin dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus membantu meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang mengakibatkan penyempitan pada arteri di jantung.

Bisa Mencegah Kanker

cancer.org
cancer.org

Menurut data dari American Cancer Society, beberapa makanan pedas terbukti memiliki sifat penangkal kanker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker prostat. Selain cabai, rempah-rempah pedas lainnya yang mengandung curcumin antioksidan aktif juga diklaim bisa mencegah kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

mosthappy.com
mosthappy.com

Senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat meningkatkan nitric oxide yang dapat melindungi peradangan dan menurunkan tekanan darah. Dari semua makanan pedas, cabai rawit diyakini paling ampuh menurunkan tekanan darah dibanding jenis cabai lainnya.

Dapat Mengontrol Gula Darah

viva.co.id
viva.co.id

Bawang merah yang terkandung di dalam sambal merupakan sumber untuk mengontrol gula darah. Bawang merah yang terkandung dalam sambal terdapat mineral kromium yang bisa membantu proses insulin menjadi lebih baik dan menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Mencegah Terjadinya Peradangan

http://cdn.homesogood.com/
http://cdn.homesogood.com/

Capsaicin bermanfaat sebagai anti inflamasi yang kuat. Zat ini bekerja untuk menghambat substansi P, yang berhubungan dengan proses inflamasi tersebut. Kini capsaicin sedang di teliti lebih jauh untuk dikembangkan sebagai pengobatan yang potensial pada bidang arthritis, psoriasis dan neuropati diabetes.

Mengatasi Penyakit Usus

http://citizendaily.net/
http://citizendaily.net/

Sebuah studi yang dilakukan Duke Univesity menemukan bahwa capsaicin yang berfungsi sebagai obat untuk penyakit radang usus. Zat ini dapat membantu membunuh bakteri pylori, yang dapat mencegah sakit maag.

Tinggalkan komentar