9 Kegiatan “Manja” Ini! Secara Tidak Sadar Bisa Menguras Keuangan Kamu

Kalau kamu mengaku sebagai anak muda, pasti sering bingung ketika uang yang ada di dompet tidak sesuai dan malah berkurang. Padahal kita merasa tidak pernah melakukan hal apapun atau mungkin saja kita lupa.

Setelah diteliti ternyata ada beberapa hal yang membuat keuanganmu menipis seiring berjalanya waktu dan kamu tidak menyadarinya. Oleh karena itu kamu harus mengetahui 9 hal yang bisa meminimalisir pengeluaran kamu supaya tetap bisa menabung untuk masa depan.

 

Mengeluarkan Tanpa Menyimpan

nyunyu.com
nyunyu.com

Mungkin setiap kamu belanja sesuatu hal, sering mengikuti egomu untuk membeli barang yang sebenarnya itu bukan kebutuhan yang mendesak tetapi keinginan sesaat. Sebaiknya jika kamu membeli barang atau sesuatu hal apapun kamu harus memilih skala prioritas antara kebutuhan dan keinginan.

Belanja Tanpa Informasi

bimasislam.kemenag.go.id
bimasislam.kemenag.go.id

jadilah konsumen pintar dan jangan terjebak dengan kemasan yang menarik. Carilah informasi tentang produk yang kamu beli dengan bertanya pada teman atau mencari informasi di internet. Selain itu, belanjalah ketika ada diskon atau promosi dll.  Hal ini sangat akan membantumu jika kondisi keuanganmu sedang memburuk dan bisa juga mengurangi pengeluaran bulanan.

Beli Makan Siang

http://www.afternoonrecipes.com/
http://www.afternoonrecipes.com/

Kebanyakan orang ketika tiba waktu jam makan siang, lebih memilih untuk makan di luar. Sebenarnya makan siang di luar yang belum tentu enak, kalorinya tinggi dan belum tentu sehat lebih baik kamu buat makanan sendiri. Mungkin Perbandingannya tidak seberapa, namun tentu untuk sebagian orang jika makan dengan buatan sendiri lebih enak dan lebih terjamin kualitas gizi, kebersihan dan porsinya bisa disesuaikan.

Membelanjakan Uangmu Secara Impulsif

Bijak mengelola pengeluaran yang didapat.
blog.propertykita.com

Belanja secara impulsif sangat bahaya untuk keuangan kamu dan seringkali akan belanja sesuatu yang tidak terlalu penting. Coba hitung dalam waktu seminggu ini kamu perlu berapa banyak uang yang kamu harus keluarkan. jika ada lebih, masukkan ke dalam celengan kecil atau buku tabungan. Apabila kamu sisihkan ke dalam celengan, pastikan tempatnya terlihat supaya kamu selalu ingat untuk terus menambahkan dan kamu perlu keteguhan hati, jangan sampai uang ini dipakai.

Bolak-balik ke ATM

Kartu kredit
cloudpro.co.uk

Hal ini juga yang jadi penyebab utama kantong bocor. Setiap satu minggu sekali uangmu yang berada di ATM diambil. Sebaiknya jika kamu ingin mengambill ATM hitung kalkulasi pengeluaran selama 1 bulan, selanjutnya simpan kartu ATM kamu. Sering bolak-balik ke ATM membuat kamu sering tidak sadar bahwa pengeluaranmu berlebihan.

Hang Out

wido.blog.uns.ac.id
wido.blog.uns.ac.id

Kalau hal yang satu ini bukan rahasia lagi. Keluar bareng temen-temen setiap weekend emang asyik, tapi di akhir bulan kamu merana karena keuangan otomatis menipis. Nggak perlu setiap minggu, cukup sesekali saja dalam satu bulan atau 2 bulan. Masih ada kegiatan lain yang lebih murah kok, seperti nongkrong di angkringan, warung kopi atau bisa juga dengan melakukan hal yang lebih positif yaitu jogging setiap hari minggu.

Malas Buat Pembukuan

Manajemen keuangan bulanan antara pemasukan dan pengeluaran
baitussalam1.rssing.com

Pembukuan sangat erat kaitanya dengan bagaimana kebiasaan kita mengeluarkan uang sehingga kita bisa melakukan evaluasi pengeluaran. Nah, di samping itu kamu dapat tahu mengkalkulasikan pengeluaranmu dalam kurun waktu 1 bulan berapa uang yang harus di habiskan. Dari pembukuan juga akan terlihat pengeluaran rutinmu dan kamu bisa menentukan alternatif lain yang ternyata lebih murah.

Makan Malam di Luar

Resep Membuat Makanan Frittata
ncsweetpotatoes.com

Makan malam di luar tanpa kita sadari sering menghabiskan uang 3 kali lipat lebih banyak daripada hari-hari biasa. Coba kamu rencanakan dari awal bulan untuk tidak membeli makan malam di luar. kemudian badingkan dengan kamu makan malam di luar setiap hari. Pasti ada sisihan uang yang bisa kamu tabung.

Belum Paham Arti Sebuah Tabungan

Menabung
causatum.com.au

Kalau kamu nggak tau mau nabung buat apa, itu sama aja hidup kayak nggak ada tujuan. Tuliskan apa saja targetmu dalam jangka pendek, menengah dan panjang pada secarik kertas, kemudian susunlah berdasarkan skala prioitas . Apabila kamu sudah tahu tujuanmu menabung, hitung seberapa banyak uang yang harus kamu kumpulkan.

Mungkin itu adalah 9 hal sepele yang menjadikan pengeluaranu boros. Agak sulit memang merubah kebiasaan, karena uang selalu memberi kita kenikmatan. Tapi, apa salahnya jika kita menahan diri dari sekarang demi kesuksesan di masa depan.

Semoga bermanfaaat 🙂

Tinggalkan komentar