Adab Berbicara Sesuai Ajaran Islam

Islam merupakan agama yang mengatur segala urusan termasuk urusan berbicara. Apasaja sih adab berbicara dalam islam? Berikut 3 adab berbicara dalam islam:

 

Berkata Baik Atau Diam

http://cedarcliffdental.com/
http://cedarcliffdental.com/

Adab dari Nabi Muhammad SAW adalah untuk berhati-hati dan memikirkan kata-kata yang akan diucapkan sebelum berbicara. Jika kata-kata itu dirasa baik maka boleh untuk dikatakan. Sebaliknya jika kata-kata tersebut jelek, sebaiknya menahan diri dan diam.

Sedikit Bicara Lebih Utama

http://www.wikihow.com/
http://www.wikihow.com/

Sedikit berbicara lebih utama karena orang yang sering berbicara akan sulit untuk mengendalikan diri dari kesalahan.

Kata-katanya akan meluncur dengan cepat dan tak terasa jika mengatakan sesuatu yang buruk. Karena itu Nabi Muhammad SAW melarang kita untuk banyak berbicara.

Dilarang Membicarakan Setiap yang Didengar

http://www.hearingcareblog.com/
http://www.hearingcareblog.com/

Di dunia tempat kita tinggal ini terdapat banyak jenis manusia dari yang sholeh, munafik, fasik, musyrik dan bahkan kafir.

Karenanya kata-kata dari mereka tidak semuanya dapat dipercaya. Kamu kan tidak tahu mana dari teman-temanmu yang sholeh.

Dalam islam ada kaidah “Siapa yang membicarakan setiap apa yang didengarnya, berarti ia adalah pembicara yang dusta’. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam.

Tentunya hal ini dimaksudkan agar kita menjadi pribadi yang semakin hari menjadi bertambah baik. Jangan lupa untuk ber istighfar setiap kali salah mengucap atau merasa berbuat salah.

Tinggalkan komentar