Akibat Kebakaran Hutan yang Menimbulkan Banyak Kerugian

AKIBAT KEBAKARAN HUTAN – Kebakaran Hutan kini sering terjadi khususnya di hutan dan lahan gambut di Indonesia. Ini terjadi dari Pulau Sumatera hingga Pulau Kalimantan yang banyak sekali terdapat lahan gambut. Banyak sekali penyebap terjadinya kebakaran hutan dan yang paling sering adalah akibat gelombang panas musim kemarau. Akibat kebakaran Hutan pun juga sangat merugikan bagi manusia maupun makluk hidup lainnya.

Kebakaran hutan banyak sekali menimbulkan dampak yang merugikan dari segi ekologi hingga ekonomi. Berikut ini adalah akibat kebakaran hutan dan lahan gambut :

Hilangnya Kerusakan Habitat Satwa Liar

nasional.rimanews.com
nasional.rimanews.com

Hutan dan lahan gambut di Indonesia memiliki aneka ragam satwa liar didalamnya. Beberapa wilayah hutan di Indonesia juga merupakan Kawasan Taman Nasional yang juga di isi oleh habitat asli dan penting bagi sejumlah spesies yang dilindungi seperti bekantan, beruang madu, harimau dan orang utan.

Meningkatkan Emisi Gas Rumah Kaca Penyebab Perubahan Iklim

newupdateinfo.wordpress.com
newupdateinfo.wordpress.com

Lahan gambut dan hutan yang secara alami merupakan tempat untuk menyerap gas CO2 bebas berlebih yang ada di atmosfer dan juga memiliki peranan penting dalam mengendalikan perubahan iklim. Apabila lahan tersebut terbakar maka akan melepaskan karbon serta emisi ke udara sehingga berkontribusi dalam pemanasan global yang terjadi di bumi.

Mengganggu Kesehatan Manusia

depoknews.id
depoknews.id

Kebakaran hutan juga menyebabkan polusi udara yang akan berdampak langsung bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah lokasi kebakaran. Seperti kebakaran hutan yang terjadi di Riau beberapa waktu lalu yang mengakibatkan penyakit Ispa dan masyarakat lainnya terkena partikel asap yang jumlahnya kurang lebih 55 ribu jiwa serta menghalangi pandangan karena kabut asap.

Kerugian Secara Ekonomi

cnnindonesia.com
cnnindonesia.com

Akibat Kebakaran Hutan yang juga menimbulkan asap yang mengganggu wilayah sekitarnya itu juga membuat banyak Aktivitas manusia yang terganggu hingga terpaksa memberhentikan aktifitas perekonomian seperti perdagangan. Hal ini juga akan berdampak buruk dengan perputaran ekonomi di wilayah yang yang terkena efek dari kabut asap tersebut.

Demikianlah beberapa kerugian dari akibat kebakaran hutan. Masih banyak juga dampak lainnya namun ini hanya garis besarnya saja. Semoga bisa menambah wawasanmu dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar