3 Amalan Ramadhan yang Perlu Diluruskan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Di bulan itu, amalan dilipatgandakan dan setan dibelenggu. Di antara amal-amal yang diwajibkan dan disunnahkan, ada beberapa amalan yang kelihatannya benar namun karena niat, tata cara maupun amalan yang dilakukan kurang tepat dapat mengandung kekeliruan dalam hal beramal.

Berikut ini adalah 3 amalan yang perlu diluruskan terkait amalan di bulan Ramadhan;

amalan bulan ramadhan yang keliru
blog.elevenia.co.id
  1. Berpuasa Satu atau Dua Hari Sebelum Ramadhan

Ada beberapa hadits yang menjelaskan hal ini, salah satunya seperti yang disabdakan Rosulullah Saw,

“Barangsiapa berpuasa pada hari yang diragukan maka dia telah mendurhakai Abdul Qasim (yaitu Rosulullah Saw)”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan shahih oleh Syaikh Al AlBani dalam Shahih wa Dhoif Sunan Tirmidzi).

  1. Berhenti Makan 10 atau 15 Menit Sebelum Waktu Subuh

Rosulullah Saw bersabda, “Makan dan minumlah. Janganlah kalian menjadi takut oleh pancaran sinar (putih) yang menjulang. Makan dan minumlah sehingga tampak bagi kalian warna merah yang melintang”.  (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Khuzaimah. Dalam shohih wa Dhoif Sunan Abu Daud, Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan shahih).

  1. Membayar Zakat Fitri dengan Uang

Point terakhir mengenai pembayaran zakat fitri atau yang sering kita kenal sebagai zakat fitrah. Dari Syaikh bin ‘Abdillah bin Baz mengatakan, “Seandainya mata uang dianggap sah dalam membayar zakat fitri, tentu Nabi Muhammad Saw akan menjelaskan hal ini. Alasannya, karena tidak boleh bagi beliau Shollallahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan penjelasan padahal sedang dibutuhkan.” Selanjutnya dapat Anda baca di Majmu Fatawa Ibnu Baz, 14/208-211).

Demikian 3 amal perbuatan yang kurang tepat saat melakukan amalan di bulan Ramadhan. Semoga Allah menjauhkan kita dari sifat ‘afaf (menjauhkan diri dari hal yang tidak diperkenankan agama), memberikan kepada kita jalan yang lurus dan menerima amal-amal kita sehingga bermanfaat baik di dunia dan akhirat. Amin.

Satu pemikiran pada “3 Amalan Ramadhan yang Perlu Diluruskan”

  1. Pada point 2, saya rasa ini terkait dengan waktu imsak yang umumnya kita ketahui untuk berhenti makan/minum sahur 10-15menit sebelum adzan subuh. Saya setuju karena dalam kondisi tertentu kita terbangun pada waktu imsak dan syah saja melakukan sahur, karena imsak hakikatnya hanya membantu mengingatkan sisa waktu sebelum adzan subuh.
    Pada point 3, yang selama ini terjadi justru hampir di setiap musholla dan masjid di Indonesia membuat pengumuman atas nilai rupiah dari zakat fitrah yang dibandingkan dengan harga beras yang dikonsumsi sehari-hari sesuai jenis/merknya. Jika memang tidak diperbolehkan berupa uang kenapa tidak ada penjelasan selama ini atau ketentuan khusus untuk seluruh masjid/musholla pengumpul zakat fitrah

    Balas

Tinggalkan komentar