Inilah Hal-hal yang Perlu Diantisipasi Saat Turun Hujan

Sampai di penghujung tahun 2015, kita mengalami musim kemarau yang cukup panjang. Dalam keadaan seperti itu, maka hujan begitu kita rindukan. Tidak hanya sekedar rindu malah, karena tidak sedikit dari kita yang melakukan sholat untuk meminta hujan, agar hujan segera turun.

Ketika hujan mulai turun, kita pun berbahagia sekali, pasalnya tanah-tanah dipersawahan sudah butuh untuk diairi, kawasan kebakaran hutan perlu air untuk memadamkannya, kebutuhan air bersih di berbagai daerah sudah mulai menipis. Dan anak-anak pun sudah menanti-nanti bermain di bawah rintik hujan sepulang mereka dari sekolah.

Dengan aneka manfaat hujan, maka sepatutnyalah kita bersyukur akan keberadaan hujan yang mengguyur bumi kita, walaupun ada saja duka yang akan kita rasakan saat hujan turun.

Tapi tentunya, kendala yang akan kita temui saat hujan turun tidak akan menyurutkan semangat kita untuk tetap bersyukur. Kita sebagai manusia hanya bisa mengantisipasinya saja. Dan inilah beberapa hal yang perlu kita antisipasi saat hujan turun.

Baju yang Basah Terkena Air Hujan

goeztcool.blogspot.com

Dampak pertama yang akan kita rasakan saat turun hujan adalah baju yang basah terkena cipratan air hujannya. Hal ini diperparah jika hujannya turun saat pagi hari, di mana kita harus berangkat ke tempat kerja. Begitupula dengan anak-anak yang punya kewajiban untuk berangkat sekolah. Dalam keadaan seperti ini, tentunya kita tidak bisa berbuat apa-apa, toh dengan mengeluh pun tidak akan menyelesaikan permasalahan baju yang basah.

Langkah antisipatif yang bisa kita lakukan saat hujan turun di pagi hari adalah dengan membawa baju ganti, baik itu ketika berangkat kerja atau berangkat ke sekolah. Tanpa membawa baju ganti, ditakutkan daya tahan tubuh kita akan menurun jika memakai baju basah sepanjang hari. Nah, kalau sudah ada solusinya seperti ini, berarti kita nggak usah ngeluh dong!

Kemacetan Terjadi di Banyak Titik

kompasiana.com

Dampak lain yang perlu kita antisipasi adalah kemacetan. Di hari biasa pun kita kerap menemui kemacetan. Namun saat hujan turun, titik yang mengalami kemacetan semakin banyak. Hal ini tentunya perlu kita antisapasi, terutama saat kita hendak pergi bekerja atau ketika kita hendak pulang dari tempat kerja di sore hari.

Bagaimana cara kita mengantisipasinya? Jika kita tidak mau terjebak macet di pagi hari saat hujan turun, maka kita bisa mencoba untuk berangkat lebih pagi dari biasanya. Jadi walaupun terkena macet, tapi kita punya waktu yang lebih luang dari biasanya. Kalau kondisinya saat pulang kerja, sebaiknya kita pulang lebih akhir saja, sambil mengerjakan banyak hal di tempat kerja kita, ya daripada dijalan kelamaan, kan bikin sakit kepala.

Jalanan Berlubang dan Licin

newslewatmana.com

Dampak berikutnya ini akan lebih dirasakan bagi mereka yang mengendarai motor untuk pergi beraktivitas. Pasalnya ketika hujan jalanan jadi licin, apalagi jika ditambah dengan jalanan yang banyak lubangnya. Kondisi jalan yang seperti ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pengendara motor karena sewaktu-waktu mereka bisa terpeleset.

Jalan-jalan berlubang pun cukup berbahaya saat musim hujan. Apalagi saat hujan sedang deras-derasnya, di mana lubangnya tertutupi dengan genangan air.Kondisi jalan yang seperti ini membuat pengendara motor tidak bisa melihat apakah ada lubang atau tidak didepannya, jadi saat mengendara tidak bisa mengantisipasi lubang-lubang yang ada.

Jemuran Nggak Kering-Kering

wartabuana.com

Bagi yang punya bayi di rumah, pastinya akan kerepotan sekali dengan tumpukan pakaian yang nggak kering-kering karena hujan yang turun terus menerus. Nah, diwaktu-waktu seperti ini, maka kita perlu menyiapkan dana cadangan untuk membawa baju-baju kotor kita ke laundry. Hal ini menjadi salah satu alternatif agar kita tidak dibuat stres dengan tumpukan cucian yang tidak kunjung kering.

Tinggalkan komentar