Cara Mudah Membuat Anyaman dari Kertas

Anyaman dari kertas adalah karya seni asli Indonesia. Pembuatan karya seni dari kertas ini hanya bisa dilakukan secara manual, belum ada mesin yang sanggup membuat anyaman yang rapi seperti anyaman buatan tangan. Biasanya hasil anyaman kertas ini digunakan sebagai hiasan atau tempat makanan.

Ada banyak sekali pola bisa diaplikasikan pada anyaman kertas. Mulai dari pola kepang, pola mata itik, pola mata walik dan masih banyak jenis pola lainnya. Selain dibuat dari kertas, anyaman bisa juga dibuat dari daun, bamboo dan plastic.

Anyaman kertas ini bisa disebut sebagai karya seni dua dimensi atau tiga dimensi. Kenapa kok bisa begitu? Anyaman kertas masuk kedalam kategori dua dimensi karena berbentuk lembaran dan dapat disentuh. Sedangkan penggolongan tiga dimensi karena anyaman kertas mempunyai 3 bentuk ukuran wujud, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Penasaran cara membuatnya? Yuk kita siapkan alat terlebih dahulu.

Alat yang perlu kamu siapkan adalah dua lembar kertas dengan warna yang berbeda, lebih baik menggunakan kerta smanila karena tidak mudah robek, lebih tebal dan lebih kaku. Alat selanjutnya adalah gunting, lem kertas, pensil dan penggaris untuk menggambar pola, terakhir adalah silet. Setelah semua alat sudah siap, mari kita buat anyaman.

  1. Gambarlah pola pada kedua lembar kertas dengan menggunakan penggaris dan pensil. Buat gambar garis-garis dengan jarak antar garis 1 atau 1,5 cm, beri sisa kertas sekitar 2 cm pada bagian tepi.
  2. Kemudian potong menurut pola dengan menggunakan silet yang dibantu dengan penggaris.
  3. Setelah kedua kertas dipotong menurut pola, mulai menganyam dengan pola yang kamu inginkan. Buat pola sederhana saja untuk kamu yang masih pemula.
  4. Setelah selesai dianyam, rapikan ujungnya dengan gunting dan lem ujung tersebut agar tidak terlepas dan anyaman menjadi pecah.

Ada beberapa tips agar memudahkan kamu membuat anyaman kertas, yaitu dengan bantuan lidi atau penggaris. Kamu cukup merekatkan kertas yang akan dimasukkan kedalam frame anyaman pada lidi atau penggaris, kemudian masukkan penggaris atau lidi terlebih dahulu pada anyaman kertas dan tarik. Maka kamu tidak akan kesulitan memasukkan kertas anyaman karena kertas lebih lentur daripada penggaris ataupun lidi.

Tinggalkan komentar