in

Cara Membuat Anyaman dari Rotan

Anyaman dari rotan
wiramultiagung.com

Rotan adalah sejenis tumbuhan menjalar yang panjangnya bisa mencapai 100 meter. Batang dari rotan ini sangatlah kuat, apalagi jika sudah dikeringkan. Rotan kering akan menjadi semakin kuat dan juga tahan dari pembusukan. Tumbuhan rotan banyak ditemukan di hutan-hutan Kalimantan, Sulawei dan juga Sumatera.

Rotan sekarang sudah bertambah nilai jualnya, apalagi jika dibuat peralatan rumah dalam bentuk meja, kursi, tempat aksesoris kotak tisu dan masih banyak lagi. Semua bentuk barang dari rotan biasanya mudah dibentuk dan akan berharga lebih tinggi dari biasanya jika didesain dan dibuat seunik mungkin. Kamu tertarik untuk membuat barang dari anyaman rotan? Sangat gampang kok, yuk lihat cara membuat kotak pensil dari anyaman rotan.

Barang yang diperlukan untuk membuat tempat pensil ini adalah rotan kering, gunting, cat, kuas dan cetakan bisa berupa kaleng bekas. Kemudian kita mulai membuat anyaman rotannya. Pertama-tama rendam semua rotan kedalam air. Merendam rotan ini sangat penting untuk kelenturan rotan dan juga untuk pengamanan mungkin saja ada serat rotan yang tajam dan melukai jari kamu.

Kemudian ambil 3 lembar rotan dengan panjang 4 cm dan 2 bilah rotan panjang sebagai rotan yang akan menjadi alas dari anyaman rotan tempat pensil. Buat 3 rotan untuk menjadi tumpuan sumbu dengan melingkarkan 2 rotan panjang menjadi simpul, setelah simpul jadi lilitkan memutar membentuk bentuk obat nyamuk bakar sebanyak 3 putaran.

Setelah 3 putaran jadi, mulai membuat anyaman bagian alas dengan membentuk seperti pusat jaring laba-laba. Terus perlebar alas sampai ukuran yang kamu inginkan, kemudian bengkokkan jaring laba-laba tersebut keatas sehingga membentuk tabung.

Nah dari sini kamu akan mulai menganyam bentuk sebenarnya dari tempat pensil. Tempatkan cetakan yang berupa kaleng bekas sebagai pembentuk dasar dan sebagai acuanmu agar bentuk tabung tidak mengecil ataupun membesar.

Anyam dengan hati-hati tiap lembar rotan sehingga mencapai bentuk yang kamu inginkan. Setelah mencapai ketinggian yang kamu inginkan, gunting sisa-sisa rotan yang tidak rapi. Dan langkah terakhir adalah memberi hiasan dengan cat warna, gambar agar tidak terlihat monoton dan lebih sedap dipandang.

Mudah bukan? Kamu harus praktek agar lebih mengerti tata cara membuat anyaman rotan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Fajar Setiyoko

Pinter matematika, baik hati, kalem, lucu dan suka menabung :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

cara-ternak-puyuh

Cara Sukses Beternak Burung Puyuh

biji-halba

Manfaat Biji Halba Sebagai Antikanker