Cara Membuat Anyaman Tali Kur

Sudah tahu tali Kur? Mungkin kamu sebenarnya sudah pernah melihat tali tersebut tapi tidak tahu namanya. Tali Kur adalah tali yang terbuat dari melamin, tali ini berbentuk seperti serat kain dengan diameter yang berbeda. Dinamai tali kur karena berasal dari koor atau koordinasi. Memang tali kur ini biasa digunakan oleh seorang kordinator untuk menata barisan.

Sudah mulai mengerti tali kur? Masih belum juga? Baiklah, tali kur adalah tali yang biasa digunakan oleh para pramuka, biasanya tali ini ditemani sebuah peluit untuk mengkoordinasi ataupun untuk memanggil anggota pramuka lain. Nah sudah tahu kan kalau tali pramuka tersebut bernama tali kur? Tali kur yang ada peluitnya pasti sudah dalam bentuk anyaman, kamu pasti pengen juga bikin anyaman seperti itu kan.

Selain dibuat anyaman untuk tali pramuka, saat ini tali kur sudah mulai dikembangkan menjadi industry kerajinan rumahan. Banyak sekali produk kerajinan anyaman tali kur, contohnya tas, topi, gelang, dan gantungan kunci. Mau coba membuat anyaman tali kur? Ayok kita buat anyaman gelang dari tali kur.

Cuma butuh 3 alat saja untuk membuat sebuah gelang dari anyaman tali kur. Alat yang pertama adalah tentu saja tali kur itu sendiri, kamu setidaknya membutuhkan 2 tali kur berbeda warna agar gelang yang dihasilkan lebih bervariasi. Alat kedua adalah gunting dan yang terakhir korek api.

Nah ayo masuk ke step cara menganyamnya. Yang pertama adalah bakar ujung tali kur menggunakan korek api agar tali tali tidak buyar atau rusak. Kemudian ikat kedua jenis tali kur warna dengan simpul mati. Sekarang ukur penggunaan talimu dengan menyesuaikan panjangnya dengan pergelangan tanganmu.

Kemudian lilitkan salah satu tali dengan dengan tali lainnya dengan bertumpu pada dua tali tengah yang sudah kamu ikat tadi. Lakukan terus menerus sampai mencapai panjang yang kamu inginkan.

Langkah terakhir adalah membuat simpul mati dan memotong ujungnya, jangan lupa utuk membakar ujung menggunakan korek api agar tali kur tidak rusak atau buyar. Memang cukup sulit menjelaskan dalam bentuk tulisan, coba saja beli 1 buah dan bongkar, maka caranya akan sama dengan penjelasan diatas. Semangat mencoba ya.

Tinggalkan komentar