Proses Perkembangan Bayi Dalam Kandungan dari Bulan Pertama Hingga Bulan 9

Memiliki anak merupakan anugerah terindah yang pasti didambakan oleh setiap pasangan suami istri yang sudah menikah. Ketika seorang ibu telah mengandung begitu bahagia terasa dalam setiap hubungan keluarga tersebut.

Tak heran jika baik suami maupun istri harus menjaga perkembangan bayinya sejak masih dalam kandungan maupun setelah dia lahir nanti.

Disini kita akan membahas tentang proses perkembangan bayi dalam kandungan.

  1. Perkembangan bayi pada usia 1 bulan. Pada fase ini penyatuan sperma dengan ovum akan menjadi sebuah zigot. Zigot akan bergerak menuju rahim dan zigot ini disebut blastocyte. Blastocyte akan menempel pada dinding rahim dan plasenta akan mulai terbentuk. Pada saat itu dia akan berubah menjadi janin dengan otak, tulang belakang dan organ tubuh yang terus berkembang. Jantung dan sistem peredaran darah akan berkembang semakin cepat. Muncul tengkorak tetapi belum sepenuhnya, namun semua pembuluh dan saluran yang dibutuhkan untuk mengedarkan cairan sumsum tulang belakang sudah mulai terbentuk.
  2. Memasuki usia 2 bulan ukuran bayi anda hanya sekitar satu inci. Ekor pada janin di ujung tulang belakang menyusut dengan cepat membentuk sebuah puting, organ reproduksi dan kantung rambut.
  3. Pada bulan ketiga, bayi memasuki ukuran sekitar 3 inci dan berbobot kurang dari 1 ons. Dia juga sudah memiliki kuku dan wajah yang lebih nyata.
  4. Bulan ke-4 bayi sudah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi melalui plasenta. Bayi telah mempunyai tulang yang kuat dan mulai bisa mendengar suara. Bayi juga sudah mulai bergerak.
  5. Bulan ke-5 bayi memiliki berat badan sekitar 300 g dan panjangnya 14 sampai 16 cm. rambut mulai terbentuk dan proses penyempurnaan paru-paru dan sistem pernafasan.
  6. Masuk bulan ke 6, paru-paru mulai mengambil oksigen dari plasenta. Kulit bayi mulai menebal.
  7. Bulan ke 7, otak bayi terus berkembang luas, lemak dalam badan mulai bertambah dan rambutnya terus tumbuh.
  8. Bulan ke 8, jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna begitu dengan bulu mata dan alis. Rambut juga sudah semakin jelas.
  9. Bulan ke-9, tubuh kelihatan gemuk, kulit keriput menghilang dan semakin halus.

 

Itulah perkembangan bayi dalam kandungan ibu selama 9 bulan. Karena itu jangan sekali-kali kamu melukai hati ibu ya.

Tinggalkan komentar