Buat Para Wanita! Yuk, Ketahui Cara Melancarkan Haid Supaya Teratur

Saat seorang wanita mempunyai siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur, biasanya kekhawatiran akan muncul dalam dirinya. Seorang wanita yang mempunyai siklus haid tidak lancar berarti ada darah yang tertimbun, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan masalah ketidaksuburan.

Haid atau menstruasi tidak lancar sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah kelebihan berat badan, pola makan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara melancarkan haid atau menstruasi yang terbukti efektif. Yuk, simak dengan seksama.

 

Jaga Pola Makan

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
duniainformasikesehatan.com

Supaya haid menjadi lebih lancar, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, serat dan berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan olah tubuh. Mengapa begitu? Karena proses haid sangat dipengaruhi oleh pola makan yang sehat.

Makanan sehat yang bisa kamu konsumsi salah satunya terdapat pada sayur dan juga buah-buahan. Kandungan berbagai macam nutrisi, serat, gizi, dan vitamin lain yang terdapat dalam makanan tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk bisa melancarkan haid. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi susu, daging, serta berbagai macam makanan yang mengandung zat besi

Istirahat yang Cukup

Kamar tidur serba putih
decoist.com

Jika tidak ingin mengalami siklus haid yang tidak teratur, maka kamu harus mempunyai waktu istirahat yang cukup. Istirahat merupakan bagian dari salah satu pola hidup sehat. Dengan melakukan istirahat yang cukup serta berkualitas, maka metabolisme tubuh kamu terjaga. Sehingga darah siklus haid akan menjadi lancar.

Jamu

juaralife.com
juaralife.com

Selain itu, siklus haid yang tidak teratur bisa diatasi dengan meminum jamu. Jamu adalah salah satu minuman tradisional yang sejak dulu sudah dipercaya bisa membuat haid menjadi lancar. Adapun, ramuan jamu yang diminum bisa berasal dari rimpang kunyit yang dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya.

Makan Asam Jawa

www.iberita.com
www.iberita.com

Asam jawa berkhasiat untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal, sehingga rasa sakit akibat haid bisa berkurang. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan asam jawa di supermarket baik itu berbentuk permen ataupun berupa minuman.

Cuka Apel

Cuka Apel
surabayanews.co.id

Cuka apel terbukti sangat ampuh untuk mempercepat proses haid kamu. Cara menggunakan cuka apel cukup mudah, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan cara diseduh atau dicampur dengan buah-buahan yang dijadikan saus salad.

Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

balihealthdigest.com
balihealthdigest.com

Bra serta underware yang nyaman dapat memperlancar siklus haid. Biasanya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat serta ukuran yang tidak terlalu kekecilan. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam melakukan aktifitas sehari-hari saat sedang haid. Selain, itu penggunaan bra yang nyaman di tubuh akan membantu meringankan gejala nyeri serta pembengkakan yang disebabkan gejala PMS.

Hindari Stress dan Aktifitas Berlebihan

kipmi.or.id
kipmi.or.id

Siapa yang tidak pernah mengalami stress? Semua orang pasti mengalaminya. Stress mungkin bisa diakibatkan karena masalah pekerjaan, masalah kehidupan dan lain sebagainya. Perlu kamu ketahui, tingkat stress yang tinggi bisa menghambat siklus haid karena kinerja otak yang berlebihan.

Selain stress, aktifitas yang berlebihan juga bisa berpengaruh pada siklus haid. Mengapa begitu? Karena ketika seseorang melakukan aktifitas berlebihan pastinya akan membuat tubuhnya mengalami kelelahan. Jika dilakukan secara terus menerus, maka hal tersebut bisa berpengaruh juga pada siklus haid. Ada baiknya kamu menghindari stress dan tidak terlalu melakukan aktifitas berlebihan, sehingga siklus haid kamu setiap bulan dapat berjalan dengan normal.

Demikian penjelasan mengenai cara memperlancar haid. Untuk menambah wawasan kamu seputar masalah haid atau menstruasi, kamu bisa membaca artikel yang lainnya mengenai tanda-tanda menstruasi. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar