Cara Membedakan Fakta dan Opini Dalam Editorial

Koran atau surat kabar adalah cara yang apling mudah dan efektif dalam menyampaikan informasi dan berita kepada para pembaca. Dalam koran biasanya kita akan melihat yang namanya editorial atau taju rencana. Tajuk rencana merupakan pelajaran yang pernah kita dapat di bangku sekolah dasar. Berbicara soal editorial, istilah ini memiliki dua bagian, yaitu fakta dan opini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang fakta dan opini dalam Editorial, kita akan membahas terlebih dulu pengertian editorial.

Pengertian Editorial

Taju rencana atau editorial adlah salah satu kolom yang ada pada surat kabar atau koran, bisa juga dalam majalah yang berisikan tentang tanggaan suatu media terhadap sebuah kejadian, yang berupa dukungan, pujian atau bisa juga berisi kritikan. Editorial sendiri ditulis oleh redaktur surat kabar yang pada umumnya berisi tentang masalah atau peritiwa yang sedang hangat dibincangkan oleh masyarakat luas.

Perbedaan Fakta dan Opini Dalam Editorial

penggusuran-luar-batang-2
m.harianindo.com

Sudah menjadi tradisi bahwa editorial memang didesain untuk mengemukakan pendapat at atau opini. Beberpa pendapat tersebut berupa tanggapan atas sebuah peristiwa atau fakta yang menjadi berita maupun sorotan di media maupun di masyarakat. Dengan demikian jika kita berbicara tentang editorial maka kita tidak akan terlepas dari fakta dan opini. Informasi yang disampaikan editorial mengandung fakta sedangkan tanggapan dalam editorial mengandung opini atau pendapat.

Demikianlah reportase tentang cara membedakan fakta dan opini dalam editorial. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Tinggalkan komentar