Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membuat Kandang Ayam

Mungkin kamu ingin berniat untuk menjalakan bisnis pelihara ayam atau ternak ayam. Selain ayam dan anggaran dana untuk perawatan, kamu juga perlu memikirkan tentang kandang ayam yang akan menjadi rumah bagi ayam ayam peliharaanmu agar terhindar dari terik panas matahari serta hujan. Jadi dalam membuat kandang ayam harus memenuhi syarat agar menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi ayam-ayam peliharaan kamu. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat kandang ayam yang baik .

Ada bebeberapa hal yang perlu kamu perhatikan mulai dari jenis bahan yang akan kamu gunakan sampai dengan pemilihan lokasi untuk kandang ayam tempat Sebelum membuat kandang ayam. Tentunya kamu juga harus memperhatikan seberapa lebar kandang ayam yang kan kamu buat karena menyesuaikan jumlah ayam yang ingin kamu budidayakan. Jangan sampai kamu membuat kandang ayam yang kecil padahal ingin membudidayakan banyak ayam.

Ketika kamu membuat kandang ayam, kamu juga bisa membuat kandang ayam itu dari bahan bekas atau kayu sisa sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal hanya untuk membuat kandang ayam. Jadi sesuaikan saja jumlah budget yang ada.

Berikut  hal yang dirasa perlu kamu perhatikan dalam membuat kandang ayam.

Ukuran Kandang

pixabay.com
pixabay.com

Ingat untuk membuat kandang ayam kamu harus memperhatikan ukuran kandang ayam sehingga bisa sesuai dengan jumlah ayam.

Letak Kandang

pixabay.com
pixabay.com

Untuk peletakan kandang ayam sebaiknya agak dijauhkan dari pemukiman warga termasuk rumah kamu sendiri. Hal ini agar orang terhindar atau terinfeksi apabila ayam terjangkit penyakit berbahaya. Sebaiknya Jarak antara kandang dengan rumah ialah minimal 10 meter.

Arah Kandang

pixabay.com
pixabay.com

Agar ayam dapat terkena sinar matahari langsung maka sebaiknya arah kandang ayam menghadap ke timur atau barat karena sinar matahari bagus untuk menjaga kesehatan ayam peliharaan kamu.

Konstruksi Kandang

pixabay.com
pixabay.com

Setelah memperhatikan tiga hal diatas,langkah selanjunya adalah memikirkan konstraksi dari kandang ayam.

  • Atap Kandang

Agar ayam ayam kamu terhindar dari panas dan hujan, kamu perlu memperhatiakan bahan  atap yang akan kamu gunakan. Berikut contoh bahan-bahan yang bisa kamu gunakan seperti seng, asbes, ijuk, terpal, dan rumbai.

  • Dinding Kandang

Selain atap kamu juga perlu memperhatikan dinding kandang ayam yang juga merupakan komponen terpenting dalam kandang ayam . Bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat dinding kandang ayam adalah bilah bambu, kawat, bahan anyaman bambu, maupun triplek.

  • Lantai Kandang

Sebaiknya lantai dibuat dengan ketinggian minimal 5 cm dari tanah, dan dicor semen agar mempermudah sanitasi.

Semoga artikel tentang cara membuat kandang  ayam dapat bermanfaat buat kamu.

 

 

Tinggalkan komentar