Pengen Tahu Cara Membuat Susu Kedelai? Yuk Ikuti Langkah Mudah dan Simpel ini

Kedelai merupakan salah satu tanaman yang kaya akan protein. Kedelai bisa diolah menjadi berbagai makanan. Misalnya tempe dan tahu, kedua makanan tersebut sangat populer di penduduk Indonesia, selain rasanya enak, tempe dan tahu memiliki kandungan protein yang tinggi.

Selain diolah menjadi tempe dan tahu, kedelai juga bisa diolah menjadi susu. Susu kedelai rasanya tidak kalah dengan susu sapi atau susu formula. Selain itu juga kandungan proteinya sangat baik untuk kesehatan kita.

Lihat juga: Khasiat Susu Kambing bagi Kesehatan dan Manfaat Susu Kambing yang Sangat Dibutuhkan oleh Tubuh

Susu kedelai banyak dijual di pasar atau supermarket. Biasanya berupa kantong-kantong plastik kecil, namun sekarang perusahaan besar juga sudah memproduksi susu kedelai sehingga bisa mudah kita temui di supermarket.

susukedelaiplus.wordpress.com
susukedelaiplus.wordpress.com

Selain membelinya, kamu juga bisa membuat susu kedelai sendiri. Bahannya cukup simpel, hanya perlu susu dan air putih saja. Untuk menghilangkan rasa langu dari kedelai kamu bisa menambahkan vanili, gula, garam dan pandan. Agar rasanya lebih nikmat serta khasiatnya semakin banyak kamu bisa menambahkan serai, jahe, cengkeh, kayu manis, coklat dan lain sebagainya.

Kamu tertarik membuat susu kedelai sendiri? berikut ini langkah-langkah cara pemnbuatannya.

 

Cuci Kedelai

integralkuadrat.blogspot.com
integralkuadrat.blogspot.com

Langkah pertama adalah mencuci kacang kedelai. Cuci kedelai dengan air bersih lalu rendam selama 10 jam atau semalam. Setelah perendaman maka kacang kedelai akan menjadi lebih besar dan empuk. Setelah itu, ambil satu-satu kedelai kemudian bersihkan kulit arinya.

Blender Kedelai

mariakitchen.wordpress.com
mariakitchen.wordpress.com

Setelah proses pencucian, perendaman dan mengupas kulit ari kamu bisa lanjut ke proses berikutnya. Proses yang kedua adalah memblender kedelai hingga halus. Masukkan kedelai dan air dengan perbandingan 1 : 3. Blender selama beberapa menit sampai kedelai menjadi halus. Saring blender untuk mengambil sarinya dengan kain halus atau dengan saringan yang lubangnya kecil.  Agar hasilnya lebih banyak, kamu bisa mengulang proses blender selama beberapa kali.

Merebus Kedelai

kesivizzianti.blogspot.com
kesivizzianti.blogspot.com

Setelah mendapat sari kedelai yang telah disaring, langkah berikutnya adalah proses perebusan. Proses ini bertujuan untuk membersihkan sari kedelai dari kuman dan bakteri. Selain itu proses ini juga bisa membuat sari kedelai menjadi lebih nikmat, mengurangi rasa langu serta menambah khasiat untuk tubuh.

Masukkan sari kedelai kedalam panci berukuran yang cukup besar. Nyalakan api kompor, gunakan api yang tidak terlalu besar. Sambil merebus, aduk-aduk agar sari kedelai tidak pecah. Ketika proses ini kamu bisa menambahkan bahan-bahan tambahan seperti daun pandan, vanili, jahe, bubuk coklat, gula dan sedikit garam. Masukkan bahan-bahan tersebut sesuai selera kamu, jangan terlalu banyak menambahkan agar rasa kedelai aslinya tidak hilang. Berikan bahan tambahan sedikit demi sedikit, ketika kurang baru tambahkan bahan lagi.

Setelah dirasa sudah mendidih, keluarkan sari kedelai. Kamu bisa menyajikannya dengan hangat atau meminumnya dengan tambahan es batu.

Resep Susu Kedelai

waluwah.com
waluwah.com

Untuk membuat cara ini lebih mudah dibaca, berikut ini resep simpel untuk membuat susu kedelai.

Bahan:

  1. Kacang Kedelai 1/2 kg.
  2. Vanili 1 bungkus untuk 1/2 kg kedelai.
  3. Gula pasir sesuai selera.
  4. Garam  sesuai selera.

Alat:

  1. Kompor
  2. Blender
  3. Panci
  4. Penyaring atau kain tipis yang bersih

Cara:

  1. Cuci dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.
  2. Rendam kedelai selama 10 jam atau semalam.
  3. Pisahkan dan bersihkan kulit ari dari kedelai dengan cara meremas-remasnya.
  4. Berikan air dengan perbandingan 1:3 kemudian blender kedelai selama beberapa menit sampai menjadi halus.
  5. Saring kedelai dengan saringan atau kain halus untuk mengambil sarinya.
  6. Rebus kedelai dengan api sedang sambil mengaduknya pelan-pelan.
  7. Tunggu hingga mendidih.
  8. Sajikan ketika hangat atau tambahkan es batu.

Satu pemikiran pada “Pengen Tahu Cara Membuat Susu Kedelai? Yuk Ikuti Langkah Mudah dan Simpel ini”

Tinggalkan komentar