Bekas Jerawat Masih Betah di Wajah? Hilangkan dengan 8 Cara ini!

Salah satu problem yang sering dihadapi banyak orang adalah jerawat. Khususnya remaja, khusunya lagi cewek-cewek, iya kan? Hehe. Kalau kamu masih berjerawat dan ingin sembuh, baca cara menghilangkannya di sini.

Namun, setelah kamu selesai menyembuhkan jerawat, ternyata masalah belum selesai, bekas jerawat yang sudah sembuh itu masih membekas!

Ini masalah kedua yang muncul pada orang-orang yang berjerawat. Apalagi jika jenis kulit kamu memang mudah meninggalkan bekas. Kulit kamu kayak gitu nggak?

Untuk itu, kali ini kita ingin berbagi 9 cara menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajah kamu. Secara umum cara-cara ini terbaik menjadi 3 yaitu dengan cara menggunakan bahan-bahan alami, menggunakan produk kecantikan dan perawatan melalui klinik.

Yuk baca pelan-pelan biar kamu lebih paham sehingga tau cara mana yang paling mudah kamu lakukan. 🙂

 

Oleskan Sari atau Perasan Buah Lemon

freewallsource.com
freewallsource.com

Cara pertama untuk menghilangkan bekas jerawat dari kita adalah menggunakan buah lemon. Caranya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah ini.

1. Peras buah lemon ke dalam sebuah wadah atau piring kecil,
2. Tuangkan air dengan jumlah yang sama. Misal air lemon 10 ml, maka tambahkan air sebanyak 10 ml juga,
3. Aduk-aduk lalu pleskan ke wajah atau bagian bekas jerawat dengan gerakan sedikit memijat,
4. Biarkan selama 15-25 menit lalu cuci hingga bersih.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika menggunakan lemon.

1. Lemon menganddung asam sitrat dan memiliki PH sekitar 2, sehingga akan berbahaya jika biarkan terlalu lama tanpa dicuci
2. Kamu bisa juga menjadikan sari lemon tersebut sebagai masker untuk dipakai semalam penuh saat tidur. Jangan lupa cuci begitu bangun.
3. Jika lemon nggak ada, kamu bisa ganti dengan jeruk nipis.

Terapi Es Batu Teh Hijau

www.varia.id
www.varia.id

Menggunakan es batu saja sebenarnya sudah cukup untuk menghilangkan bekas jerawat. Asalkan dilakukan dengan benar dan teratur. Namun dalam teh hijau terkadung zat yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Lalu, kenapa tidak di-combine keduanya kan? 🙂

Caranya seperti ini:

1. Buat air teh (hijau)
2. Masukkan ke dalam wadah kecil-kecil atau wadah khusus es yang ada di dalam kulkas
3. Taruh di dalam kulkas hingga mengeras
4. Oles atau usap es tersebut ke wajah kamu dengan gerakan memutar dan sedikit memijat.

Lakukan proses ini selama 1-2 menit setiap hari. Semakin sering dan lama periodenya, hasilnya akan semakin baik.

Madu!

tanjungherbal.com
tanjungherbal.com

Madu memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang mungkin jarang diketahui orang adalah menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoles madu tersebut ke bagian wajah kamu yang masih ada bekas jerawatnya. Nggak perlu banyak-banyak, yang penting rutin setiap hari.

Kendala menggunakan madu adalah sulitnya menemukan madu asli di pasaran. Jika pun ada, harganya pasti akan sangat mahal.

Oleskan Scrub dari 3 Bahan Ini

herbaneka.com
herbaneka.com

Tiga bahan yang kita maksud adalah gula, minyak zaitun dan jeruk nipis. Campurkan 3 bahan tersebut sehingga menjadi semacam scrub. Teknis lebih detilnya seperti ini:

1. Sediakan wadah berukuran kecil,
2. Masukkan 2 sendok gula,
3. Masukan 1 sendok minyak zaitun,
4. Campurkan beberapa tetes jeruk nipis,
5. Aduk semua bahan tersebut hingga menjadi seperti scrub,
6. Oleskan ke bekas jerawat kamu, biarkan selama 15 menit lalu cuci hingga bersih.

Hasil yang baik akan kamu dapetin jika dilakukan setiap hari.

Pasta dari Bubul Kayu Cendana

Bubuk Kayu Cendana
ebay.com

Kayu cendana (sandalwood) adalah salah satu jenis kayu yang memiliki banyak sekali manfaat dalam kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara membuat dan menggunakannya seperti ini:

1. Tuangkan 1 sendok bubuk kayu cendana ke dalam wadah kecil,
2. Tuangkan beberapa tetes air bunga mawar, susu atau madu. Kamu bisa memilih salah satu atau mencampur semua bahan tersebut,
3. Aduk pelan-pelan hingga membentuk seperti adonan
4. Oleskan ke wajah yang berbekas jerawat, diamkan selama 30 menit lalu cuci bersih.

Jika sempat, lakukan tips ini setiap hari lalu lihat hasilnya seperti apa. 🙂

Lidah Buaya (Aloe Vera)

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Lidah buaya juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat seperti meringankan berbagai penyakit, menyembuhkan luka bakar dan menghilangkan bekas jerawat.

Jika ingin mudah, kamu bisa saja langsung membeli produk yang terbuat dari lidah buaya. Tapi itu bukan rekomendasi dari kita ya. Kita lebih menyarankan agar kamu membeli lidah buaya asli dan langsung dipake ke bekas jerawat.

Caranya seperti ini:

1. Patahin daun lidah buaya, tunggu hingga getahnya keluar sedikit
2. Olehkan getah yang sedang keluar itu langsung ke bagian berbekas jerawat

Iya, caranya semudah itu. Namun yang perlu diperhatikan adalah konsisten setiap hari atau beberapa kali seminggu. Oh iya, setelah diolesin getah lidah buaya, nggak dicuci pun nggak apa-apa.

Minyak Argan

Minyak Argan Madre
rivasakina.com

Cara nomor 1 hingga 6 tadi menggunakan bahan-bahan alami secara langsung. Sekarang kita masuk ke bahan alami yang sudah dijadikan produk. Saran terbaik kita adalah argan oil!

Minyak argan atau argan oil adalah bahan alami untuk kecantikan yang berasal dari kacang argan. Kacang argan sendiri hanya bisa ditemukan di negara Maroko.

Cara menggunakan minyak argan cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoles beberapa tetes minyak argan ke bekas jerawat kamu setiap hari atau beberapa kali seminggu. Setelah pemakaian teratur selama 2-3 bulan, in syaa Allah akan kelihatan perubahannya. 🙂

Di Indonesia, brand yang sudah sangat terkenal adalah Minyak Argan Madre. Salah satu penjual minyak argan madre yang recommended menurut pengalaman bisa kamu intip sendiri di sini. Jangan lupa harganya ditawar, hehe.

Ke Klinik atau Dokter Kecantikan

Klinik
hdrinc.com

Cara terkahir dari kita adalah dengan mengunjungi klinik atau dokter kecantikan. Ini memang cukup simpel, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kamu harus coba bahan alami dulu atau produk dari bahan alami, ke klinik adalah pilihan terakhir jika bekas jerawat nggak kunjung hilang juga
2. Pilih klinik atau tempat praktik yang recommended, terutama soal kualitas. Jangan ragu untuk nanya-nanya ke teman atau kenalan kamu. Kamu juga bisa gabung di komunitas terkait untuk nanya-nanya soal ini.
3. Pilih tempat klinik yang sesuai dengan budget kamu
4. Terakhir,pilih tempat klinik yang memiliki reputasi bagus. Jangan tergiur dengan harga murah.

Tinggalkan komentar