9 Cara Meningkatkan Karisma agar Kamu Terlihat Berwibawa

Kamu tahu apa itu karisma? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karisma adalah keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuanyang luar biasa dalam kepemimpinan. Seorang yang berkarisma dapat membangkitkan rasa kagum dan juga pemujaan dari masyarakat kepada dirinya.

Jadi, orang yang memiliki karisma pastilah punya andil yang besar di dalam masyarakat. Dia punya daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadiĀ panutan.

Kalau kamu berfikir meningkatkan karisma itu sulit, mungkin kamu belum pernah mencobanya. Pada kenyataanya, meningkatkan karisma itu lebih mudah dari yang kamu bayangkan.

Jadi, jangan berkecil hati jika kamu masih belum berkarisma, masih ada harapan buat kamu. Bahkan, menurut seorang profesor sekaligus psikolog dari Inggris bernama Richard Wiseman, karisma itu 50% bawaan dari lahir dan 50% lagi hasil dari latihan. Atau bisa juga mencari coach personal online.

Nah, kalau kamu masih ingin menjadi orang yang berkarisma, coba 9 cara di bawah ini, dan pastikan kamu membaca sampai akhir. Karena, cara paling ampuh itu ada di bagian akhir.

 

Jabat Tangan dengan Kuat

hizbut-tahrir.or.id
hizbut-tahrir.or.id

Saat bertemu dengan orang, kebanyakan orang Indonesia pastilah mengulurkan tangannya untuk bersalaman. Nah, saat momen inilah kamu lancarkan serangan. Jabat tangan orang yang kamu temui itu dengan kuat, tapi jangan kebablasan, cukup tegas saja.

Jangan lupa, berikan senyuman kecil kepada orang yang kamu temui. Kamu juga bisa mengeluarkan kata-kata positif saat sedang berjabat tangan. Ajak kawan bersalamanmu itu menjadi orang paling bahagia karena bertemu dengan kamu.

Pastikan Postur Tubuh Tetap Terbuka

grosirfrutablend.com
grosirfrutablend.com

Saat kamu berbicara dengan seseorang, jangan tutupi wajahmu dengan tangan atau benda lain. Pastikan bahwa lawan bicaramu bisa melihat gerakan bibir kamu.

Jangan Baca Contekan

sakinafinance.wordpress.com
sakinafinance.wordpress.com

Ketika berbicara di depan publik, usahakan jangan membawa contekan. Kalaupun terpaksa membawa contekan, buatlah catatan kecil yang berisi poin-poin apa yang ingin kamu sampaikan.

Jika kamu membawa catatan, orang yang kamu ajak bicara akan menjadi bosan. Kamu pasti akan fokus pada catatan dan mengabaikan lawan bicaramu.

Ingatlah Nama

akhwatindonesia.net
akhwatindonesia.net

Nama merupakan sebuah identitas seseorang. Walaupun terlihat hal yang sepele, tapi mengingat nama ini sangat penting lho. Jika kamu mengingat nama seseorang, itu akan membuatnya merasa lebih dihargai.

Kalau kamu punya masalah dalam mengingat nama, cobalah untuk menyebut nama lawan bicaramu setiap kali berbicara dengannya. Gantilah kata kamu dengan nama lawan bicaramu, hal itu tentu akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam mengingat nama.

Tataplah Matanya

photographyinspired.com
photographyinspired.com

Kata orang, cinta itu dari mata turun ke hati. Kalau karisma, dari mata turun ke pancaran diri. Jika kamu menatap mata orang yang kamu ajak bicara, maka akan tampak pancaran karismamu kepadanya.

Orang yang berbicara dengan menatap mata lawan bicaranya pastilah akan mempunyai sensasi berbeda. Kamu perlu menatap dengan tatapan yang tajam. Buatlah seolah dengan tatapan itu, matamu berbicara, menyiratkan karisma yang ada pada diri kamu.

Baca juga: bahasa tubuh lewat pupil mata

Beri Pujian

Pak Bondan Winarno
bondanwinarno.blogseleb.com

Memberikan pujian kepada lawan bicara itu penting. Tapi ingat, pujian yang kamu berikan jangan sampai mengada-ada. Berikan pujian yang tulus, pujian dari dalam hati.

Penekanan Bicara

warungasep.net
warungasep.net

Cara berbicara juga akan memengaruhi karisma dalam diri kamu. Jangan berbicara terus tanpa jeda, berikan jeda ketika bicara. Mainkan intonasi saat kamu berbicara dengan seseorang. Pastikan kamu selalu melatih kemampuan berbicara karena hal ini akan sangat memengaruhi apakah kamu terlihat berwibawa dan berkarisma atau tidak.

Menjaga Penampilan

Gaya Rambut Benedict Cumberbatch
i100.independent.co.uk

Penampilan tentu saja sangat berpengaruh terhadap karisma kamu. Pertama kali yang orang lihat tentu saja penampilan kamu. Jadi, buat dirimu rapi dan keren, jangan sampai lawan bicaramu menjadi ilfeelĀ karena melihat penampilan kamu yang berantakan.

Tersenyumlah

maryscullyreports.com
maryscullyreports.com

Ini senjata rahasia yang dapat kamu gunakan jika sudah mempraktekkan semua cara di atas. Senyuman akan sangat memengaruhi orang yang kamu ajak bicara. Dengan senyuman, suasana yang semula tegang bisa menjadi cair dan lebih mengalir.

Baca juga: manfaat senyum