7 Langkah Mudah Cara Ternak Burung Kenari bagi Pemula

CARA TERNAK KENARI – Secara umum, beternak burung adalah aktifitas yang menyenangkan juga menguntungkan, apalagi bagi para pecinta burung. Ketika berternak burung, selain hobimu tersalurkan, kamu juga akan mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga serta keuntungan dari hasil penjualan burung tersebut.

Diantara burung yang dianggap paling menguntungkan untuk diternakkan adalah burung kenari. Mayoritas peternak burung pasti akan memasukkan burung kenari ke dalam list burung yang diternak, bahkan tidak jarang pula mereka hanya beternak burung kenari tanpa mengikutsertakan burung-burung lainnya.

Beternak burung kenari memang bisa dijadikan sebagai lahan bisnis baru karena ia mempunyai prospek yang bagus lagi menjanjikan. Burung kenari memiliki peminat yang banyak bahkan disebut-sebut sebagai burung favorit sepanjang masa.

Selain itu, nilai jual burung kenari pun termasuk yang mahal dan cenderung lebih stabil dibandingkan harga burung-burung lainnya, sehingga tidak akan membuat pusing para peternak.

Bagi para pemula, disarankan untuk beternak kenari lokal yang kecil terlebih dahulu, karena burung lokal relatif lebih mudah dibanding langsung burung kenari besar seperti rokshire, F1, F2 dan F3. Namun, kalau kamu memang sudah memiliki pengalaman dan dana, tidak masalah untuk langsung memulai ternak kenari besar seperti kenari gacor dan kenari merah.

Buat kamu yang berminat dan mau beternak kenari, berikut ini kami sajikan cara dan langkah-langkah yang harus diperhatikan bagi para pemula agar sukses dalam ternak burung kenari.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari

8.kenariwonosobocom
kenariwonosobo.com

Perbedaan jenis kelamin merupakan hal yang wajib diketahui bagi setiap peternak. Apa yang terjadi nanti kalau ternyata yang dikumpulkan nanti ternyata sama-sama betina atau sama-sama jantan, hehe.

Mungkin, awalnya akan sedikit sulit membedakan mana kenari jantan dan mana kenari betina, akan tetapi lama-kelamaan akan terbiasa. Inilah beberapa ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin burung kenari dewasa.

JANTAN:

  • Dubur yang menonjol ke atas.
  • Bunyinya sangatlah nyaring dan ngerol.
  • Badan dan lehernya cenderung ramping dan memanjang.

BETINA:

  • Duburnya datar tidak menonjol.
  • Bunyinya tidak nyaring dan terkadang putus-putus.
  • Tubuhnya cenderung lebih bulat dan lehernya pendek.

Memperhatikan Usia dan Kesiapan Burung Kenari

burungkenari.wordpress.com

Masalah usia dan kesiapan kenari adalah faktor penting sukses atau tidaknya proses peternakan burung kenari. Idealnya, bagi burung kenari jantan harus berusia 8 bulan dan bagi kenari betina sudah berusia 6 bulan. Khusus untuk keturunan jenis kenari besar idealnya sudah berusia 10 bulan

TIPS:

Kenari yang akan atau sedang diternak pastikan dalam keadaan birahi, karena terkadang ada kenari yang sudah cukup umur tapi belum birahi, yang akan mempersulit proses penjodohan, selain itu kenari yang ingin dikembangbiakkan juga harus dalam kondisi sehat.

CIRI-CIRI KENARI BIRAHI:

JANTAN: Sering berkicau sambil menabrakkan diri ke jeruji sangkar serta melompat-lompat ke kanan dan kiri di dasar sangkar.

BETINA: Sering bercuit yang bermakna memanggil kenari jantan, kerap merobek kertas atau koran di sangkar dan sering mengeleperkan sayapnya.

Merawat Sangkar dan Fasilitas bagi Burung Kenari

usahaternak.com

Kalau kamu sudah memiliki sepasang kenari yang sudah siap untuk diternak, langkah selanjutnya adalah menyiapkan sangkarnya. Untuk memilih sangkar yang baik untuk ternak kenari, kamu bisa menggunakan box khusus yang biasanya dijual untuk ternak kenari.

Alternatif kedua yaitu memakai sangkar yang di bagian tengahnya terdapat penyekat sehingga memudahkan penjodohan. Untuk sangkar kenari jantan, sebaiknya memakai sangkar gantung yang agak besar dan ditaruh di tempat yang tenang.

Memperhatikan makanan kenari juga tidak kalah penting demi lancarnya proses ternak, jangan sampai asal memberi makanan. Pakan yang bagus untuk ternak kenari adalah biji kenari (kenari seed), biji sawi, millet, sawi hijau, sawi putih, timun dan buah apel.

Selain itu, jangan sampai terlupa untuk selalu mengisi air di dalam sangkar. Kalau ingin yang lebih lagi, kamu bisa memberikan telur rebus dan multivitamin khusus untuk kenari.

Proses Penjodohan Burung Kenari

Cinta Pertama yang Suci
datingasociopath.wordpress.com

Proses ini sama sekali tidak bisa dipisahkan dari proses ternak kenari. Penjodohan kenari merupakan proses memperkenalkan kenari jantan dengan kenari betina dengan cara menaruh kenari pada satu sangkar yang ada penyekatnya atau ditaruh di dua sangkar yang berdekatan.

Namun, cara yang paling ampuh adalah dengan memakai sangkar gantung untuk kenari jantan dan box khusus untuk kenari betina.

TIPS MENJODOHKAN KENARI:

  • Dekatkan kedua sangkar tersebut selama kurang lebih 3 hari.
  • Selama 3 hari tersebut, sebaiknya calon pasangan kenari itu dijemur dengan berdekatan setiap pagi (07.00-09.30).
  • Selama itu pula kenari selalu diberikan makanan bergizi seperti yang disebutkan di atas.
  • Jangan sampai kenari terlalu gemuk karena ini akan mengurangi minat salah satu calon pasangan. Ciri kenari yang terlalu gemuk adalah terdapat gumpalan lemak berwarna kuning di bagian leher dan perut. Apabila hal ini terjadi, kurangi takaran pakan dan perbanyak mentimun.

CIRI-CIRI KENARI YANG COCOK/BERJODOH:

  • Kenari jantan berusaha mendekat kepada kenari betina walaupun terhalang jeruji sangkar.
  • Kenari jantan mengeluarkan kicauan yang bermakna rayuan kepada kenari betina, apabila disambut dengan kepakan sayap dari kenari betina itu artinya rayuannya diterima.
  • Kedua kenari tidak ribut atau berkelahi.

Mengawinkan Burung Kenari Jantan dan Betina

just4petcare.com

Proses perkawinan kenari harus dilakukan di dalam box khusus dengan cara memasukkan kenari jantan ke dalam box yang sudah diisi oleh kenari betina, jangan sampai terbalik.

Waktu yang bagus untuk menyatukan kedua kenari tersebut adalah di sore hari. Kenari yang memang cocok akan saling meloloh atau terlihat seperti sedang berciuman. Apabila kedua kenari tersebut sudah dalam keadaan birahi, biasanya mereka akan langsung melakukan perkawinan.

Namun, apabila tidak kunjung kawin, jangan khawatir, mungkin masih PDKT, hehe. Intinya, asalkan tidak berkelahi, cepat atau lambat mereka akan kawin.

Apabila sudah ketahuan berkawin, sebaiknya kenari jantan dikembalikan ke sangkar gantung, tapi setiap sore ditaruh kembali ke dalam box hingga pagi hari, lakukan trik ini terus menerus hingga kenari betina bertelur.

Jangan lupa, ketika akan memulai proses perkawinan sebaiknya juga sudah disediakan bahan sarang burung untuk tempat telur.

Ciri kenari betina yang sudah mau bertelur, ia pasti akan merapihkan bahan-bahan tersebut hingga berbentuk bundar rapi. Biasanya, antara mempersiapkan sarang tersebut dengan proses peneluran kenari berjarak 1 minggu.

Proses Pengeraman Telur Burung Kenari

beternakkenari.wordpress.com

Anggap saja kenari betina sudah memiliki telur, lantas apa yang harus dilakukan dengan kenari jantan tadi? Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka sebaiknya kenari jantan terus menemani kenari betina dalam proses pengeraman.

Biasanya, kenari jantan akan terus menggoda kenari betina sehingga kenari betina jarang keluar dari sarang yang terdapat telurnya tadi, sehingga ini akan membuat proses pengeraman menjadi lebih maksimal.

TIPS PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM:

  • Pakan dan minum harus selalu tersedia.
  • Kebersihan kandang selalu dijaga, lakukan pembersihan dengan hati-hati agar tidak mengganggu telur.
  • Berikan sawi dan buah apel secara selang-seling. Terkadang ada kenari betina yang mati kekurangan gizi karena hanya mengonsumsi biji-bijian saja.
  • Berikan telur rebus 2 kali seminggu.
  • Kenari tidak perlu dijemur lagi.

BACA JUGA: Kumpulan Ragam Informasi Tentang Burung

Masa Penetasan dan Panen Burung Kenari

canaryes.blogspot.com

Pada hari ke-14 telur kenari akan menetas. Buat kamu yang baru belajar ternak kenari, ada beberapa panduan agar anak-anak kenari tetap hidup dan bisa dipanen.

  • Saat anakan baru menetas, pastikan selalu tersedia air dan pakan biji-bijian dan tambahkan telur puyuh rebus sampai anakan berumur 1 minggu.
  • Sebelum berumur 1 minggu, jangan berikan buah dan sayur, karena ini berpotensi mengakibatkan kematian dini pada anakan kenari lantaran sistem pencernaannya belum siap.
  • Setelah lewat 1 minggu, boleh menaruh pakan di sarang seperti pakan kenari dewasa.
  • Anakan kenari baru siap dipanen apabila sudah berumur 25 hari. Di umur ini, kenari sudah bisa makan telur rebus sendiri dan baru siap makan biji-bijian sendiri setelah 1 bulan.

Setelah 1 bulan, pisahkan anak kenari dari induknya. Kembalikan induk kenari ke sangkar gantung dan mandikan keduanya ditambah dengan obat kutu agar tidak ada kutu yang menempel. Jangan lupa untuk menjemur kenari seperti hari biasa dan membersihkan kandang dengan sabun antiseptik agar steril.

Setelah satu minggu, induk kenari sudah siap untuk dikawinkan kembali.

4 pemikiran pada “7 Langkah Mudah Cara Ternak Burung Kenari bagi Pemula”

  1. Terima kasih
    Sangat bermanfaat bagi pemula
    Apakah jantan di pisahkan setelah telur menetas
    Mohon di berikan informasi

    Balas
  2. Sy punya kenari jantan loper,,sy liat sprti sdg birahi,,lalu barusan sy belikan kenari loper betina,,hny spekulasi sj krn sy blm pernah beternak kenari,,, begitu sy dpt knari betina saya masukan kandang tempel dpn rumah sy kasih sarang dan serabut,, setelah itu sy lng sung masukan si jantan,,,satu jam kemudian 2 burung itu lngsung bercumbu saling cium,,, pertanyaannya,, apa ada kmungkinan berjodoh dan bs menghasilkan kturunan.

    Balas
  3. Numpang tanya min
    Bagusnya tempat penempatan kandang buat yng udah jodoh itu yak ap?digantung dk atas apa ditempel dk tembok min
    Mhon bantuanya,masih pemula min
    Makasih

    Balas
  4. PELUANG USAHA BISNIS PENETASAN TELUR
    Buat bpk/ibu yg menjelang pensiun atau yg lagi nganggur, bingung cari kerja,atau untuk menambah penghasilan di rumah. Atau buat yg hobby unggas, yg ingin mengembang biakkan ternak unggas nya lebih banyak lagi dengan lebih cepat dan praktis, tersedia mesin tetas serba otomatis kap 50, 100,200,800btr. tanpa di putar manual, bisa ditinggal2 sehingga anda bisa beraktifitas seperti biasanya Buat Anda yang di kota/kerja di Luar negeri, mesin tetas ini, cocok juga buat oleh2 atau hadiah ulang tahun yg sangat bermanfaat, untuk dikirim ke Kampung Guna membantu sanak saudara yang di kampung halaman untuk nambah penghasilan mereka dgn bisnis penetasan telur ayam , kalkun, bebek, puyuh, kenari, murai, jalak,lovebird, merpati dan burung lainnya… Siap kirim ke seluruh wilayah indonesia Hp.08561764xxx
    Bbm.57E0Cxxx

    Balas

Tinggalkan komentar