Lakukan 6 Tips Sederhana Ini, Maka Charge Smartphone Kamu Cepat Kembali Penuh

Saat smartphone kamu sudah kehabisan baterai, tentu jika ingin membuat baterainya kembali penuh harus dengan mengisi ulang baterainya lagi.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat mencharger smartphone adalah kamu harus melakukannya dengan benar. Karena jika tidak diperhatikan malah bisa membuat baterai HP itu sendiri cepat rusak. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tips mencharger HP dengan cepat dan benar. Yuk, simak dengan seksama.

Gunakan Charger Asli Smartphone

isigood.com

Ngecharge smartphone bukan dengan charger aslinya memiliki resiko tersendiri. Walaupun kepala charger yang digunakan sama, tetapi tentu saja beda charger maka akan beda ampere. Bila kamu gunakan charger asli, mungkin hanya membutuhkan 15 watt saja. Berbeda saat menggunakan charger lain yang hanya mempunyai 10 watt saja.

Jika kamu terus menggunakan cara seperti ini, maka baterai smartphone kamu bisa cepat jebol dan menggembung. Hal ini dikarenakan akumulasi dari ketidak cocokan charger yang selama ini kamu pakai. Oleh karena itu, mulai dari sekarang gunakan charger asli saja ya.

Masuk ke Mode Airplane

tapsmart.com

Semakin jarang kamu memakai smartphone, maka semakin cepat pula waktu yang diperlukan untuk mencharge baterainya. Jadi, kamu bisa mengaktifkan mode airplane supaya bisa mempercepat waktu charger smartphone kamu. Intinya, jangan gunakan smartphone kamu saat sedang di charger.

Adapun cara untuk mengaktifkan mode airplane cukup mudah. Kalau di Android Lollipop, kamu bisa membuka notification bar dan kamu bisa temukan ikon Airplane Mode di sana. Sedangkan untuk Android KitKat, kamu dapat mengaktifkan airplane mode dengan cara memencet tombol power, kemudian akan muncul tombol Airplane Mode.

Gunakan Power Saving Mode

youtube.com

Ada beberapa model smartphone yang didalamnya terdapat fitur power saving mode. Bagi model smartphone keluaran Sony, kamu bisa menemukan fitur power saving mode di menu Setting, kemudian pilih Power Management.

Selain dengan cara seperti itu, kamu juga bisa mengaktifkan power saving mode dengan menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master.

Matikan Fitur yang Tidak Terpakai

androidcentral.com

Saking canggihnya smartphone, terkadang kita mengaktifkan berbagai macam fitur. Namun sayangnya kita lupa atau jarang sekali untuk memakai fitur tersebut. Hal inilah yang sebenarnya bisa mengurasa daya baterai smartphone kamu.

Ketika kamu ingin mencharge baterai smartphone kamu, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu fitur-fitur yang tidak kamu gunakan ketika sedang mencharge baterai. Contohnya seperti paket data, bluetooth, wifi, cloud storage, dan yang lainnya. Hal sederhana ini ternyata bisa menambah cepat waktu yang dibutuhkan untuk mencharge baterai.

Jangan Sentuh Smartphone!

tribd.blogspot.com

Kalau nggak penting-penting amat, coba nggak usah mainin smartphone kamu ketika sedang dicharge. Karena jika kamu sering memainkan smartphone ketika sedang dicharge, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk membuat baterai smartphone kamu menjadi penuh.

Matikan Smartphone

wired.com

Jika kamu nggak tahan dan ingin selalu memainkan smartphone kamu ketika sedang dicharge, maka cara terakhir adalah dengan mematikan smartphone kamu. Hal ini tentu membuat kamu akan berhenti memainkan smartphone tersebut. Selain itu, cara ini adalah cara yang efektif untuk membuat baterai smartphone cepat penuh kembali.

Demikian penjelasan mengenai tips mencharge baterai HP dengan cara yang cepat dan benar. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar