Menelaah Kembali Definisi Budaya

Kata budaya berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang berarti bentuk jamak dari buddhi yang berarti akal atau budi. Berdasarkan hal tersebut budaya bisa diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akan serta cara hidup yang selalu berubah dan juga berkembang dari waktu ke waktu.

Namun ada beberapa pendapat lain yang akan mengupas kata budaya menjadi suatu perkembangan kata majemuk budi-daya yang artinya daya dari budi.

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang serta dimiliki bersama oleh sekelompok orang, dan juga diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya sendiri terbentuk dari beberapa unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, karya seni, bahasa dan banyak lagi yang lainnya.

Budaya bisa juga disebut sebagai suatu pola hidup yang menyeluruh. Budaya memiliki sifat yang abstrak, kompleks, dan luas. Aspek budaya banyak turut menentukan perilaku komunikatif suatu kelompok. Unsur sosio budaya ini meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

budaya dan komunikasi
senkomklaten.org

Edward T. Hall pernah mengatakan bahwa budaya adalah komunikasi dan komunikasi itu sendiri adalah budaya. Begitu kita berbicara tentang komunikasi, tidak dapat dihindari kita juga akna berbicara mengenai budaya. Hal ini dikarenakan budaya dan komunikasi berinteraksi secara erat dan dinamis.

Inti dari budaya adalah komunikasi, akan tetapi budaya yang tercipta justru mempengaruhi cara berkomunikasi antar anggota budaya yang bersangkutan.

K.S. Sitaram dan Roy T. Cogdell membagi kebudayaan dubia menjadi lima kategori, yakni :

  1. Kebudayaan Barat (orang-orang ras kaukasoid yang tinggal di Amerika dan Eropa)
  2. Kebudayaan Timur (kebudayaan ini didominasi oleh Hindu dan Budha)
  3. kebudayaan orang kulit hitam yang tinggal di Amerika
  4. Kebudayaan Afrika
  5. Kebudayaan Islam

Budaya dan unsur-unsur yang ada di dalamnya terikat dengan waktu. Budaya tetap akan berubah, tidak peduli seberapa lambat perubahan tersebut. Kelambatan maupun kecepatan perubahan budaya tergantung pada seberapa jauh kekuatan budaya tersebut serta intensitas interaksinya dengan budaya lain.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian budaya yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar