Doa Bercermin dan Adab-adab dalam Merias Diri

Siapa sih yang ngak ingin berpenampilan menarik? Dalam kehidupan bersosial, malu rasanya jika dalam berpenampilan saja tidak rapi dan kumuh sedangkan orang lain tampak begitu baik dan rapi. Nah, Islam pun mengajarkan loh cara berpenampilan yang menarik.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat menjaga penampilan sebaik mungkin. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah pun pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah itu indah dan sangat menyukai keindahan”. Untuk itu, jika kamu akan pergi ke masjid atau menghadiri acara. Disunnahkan untuk bercermin dan berias diri sesuai dengan adab dan batasan-batasan tertentu. Seperti apakah adab berias dan doa bercermin yang diajarkan dalam Islam itu? Mari disimak ya.

 

Berdoa sebelum Bercermin

kumpulanartikelbaru.blogspot.com

Sebelum kamu berias dan bercermin, kamu disunnahkan terlebih dahulu untuk membaca doa bercermin seraya berniat dengan penuh keikhlasan agar menjadi pribadi yang sederhana dan rapi. Salah satu doa bercermin yang dapat kamu baca adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ahmar dari Aisyah dan Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam biasa berdoa:

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.” (HR. Ahmad IV/68, 155 dengan isnad shahih. Al-Haitsami berkata dalam Al-Majma’, bahwa hadits tersebut diriwayatkan Imam Ahmad dan perawi-perawinya adalah perawi-perawi yang shahih. Dinukil dari komentar Syaikh al-Albani dalam al-Irwa’.)

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

“Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku, dan haramkan wajahku tersentuh neraka.”

Baca juga: Doa untuk Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Keduanya

Bersyukur pada saat Bercermin

http://adhyatmavidya.com/
adhyatmavidya.com

Setelah kamu membaca doa bercermin. Kamu sangat dianjurkan untuk bersyukur atas segala sesuatu yang telah Allah berikan kepada kamu. Baik itu hidung yang mancung maupun pesek, mata yang dapat melihat dengan jelas, kuping yang dapat mendengar dengan baik, mulut yang dapat berbicara hal-hal yang baik dan lain sebagainya. Hal ini patut kamu syukuri.

Baca juga: 10 Manfaat Bersyukur

Jangan Udub atau Sombong

shatilin.com

Janganlah Udub atau rendah diri, jangan pula kamu tinggi hati dan menjadi sombong atas apa yang Allah berikan kepada kamu. Jika menurut kamu, memiliki wajah atau rupa yang kurang menarik, maka sadarilah bahwa hidup itu adalah anugerah.

Kamu juga tidak perlu cemas untuk memikirkannya, karena Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya.

Apabila kamu merasa diri kamu cantik atau tampan, maka tetaplah menyadari bahwa semua itu hanyalah titipan sementara. Kecantikan atau ketampanan yang kamu miliki akan hilang oleh waktu jika tidak disyukuri dengan perbuatan yang baik.

Adab-adab dalam Merias Diri

mlive.com

Setelah membaca doa dan bersyukur, mulailah merias diri kamu. Riaslah secara sederhana, jangan berlebihan dan ikutii sunnah yang sudah digariskan di dalam Islam berikut ini:

  • Jangan berlama-lama di depan cermin
  • Jangan menggunakan perhiasan secara berlebihan
  • Perempuan yang sedang berkabung tidak diperbolehkan untuk menggunakan perhiasan
  • Jangan menggunakan wangi-wangian yang mengandung alkohol
  • Khusus untuk laki-laki, jangan menggunakan emas dan kain sutra
  • Potong kuku, potong kumis, sisir rambut dan rapikan jenggot
  • Jangan membuat tatto, mencukur kumis sampai habis dan merenggangkan gigi
  • Jangan mengulurkan pakaian
  • Jangan berhias diri dengan mengubah wujud asli, contohnya mengeriting rambut, mencukur alis mata secara permanen

Nah, itulah beberapa ada-adab berias dan doa yang dapat kamu lakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semoga kamu dapat berpenampilan yang baik serta akhlak yang mulia. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin berpenampilan menarik dan tampak lebih indah.

Tinggalkan komentar