Doa untuk Kedua Orang Tua dan Keutaman Berbakti Kepada Keduanya

Agama Islam telah mensyari’atkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah. Baik itu untuk diri sendiri maupun keluarga, orang tua, bahkan sesama muslim dan mukminin dimanapun keberadaannya. Para ulama juga telah sepakat bahwa untuk berbuat baik, taat dan berbakti kepada orang tua hukumnya wajib.

Berbuat baik kepada orang tua sebenarnya tidak hanya pada saat mereka masih hidup, namun jika telah meninggal kamu juga dapat berbuat baik kok. Dengan cara mendoakan mereka agar selalu diberikan rahmat serta perlindungan oleh Allah di alam kuburnya.

Diriwayatkan Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As Sa’idi ia berkata: “Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau. Laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal?” beliau menjawab: “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka dan memuliakan teman mereka.” Walaupun hadits ini lemah, namun dapat hal ini bisa kamu amalkan.

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Adalah Amalan yang Paling Utama

funmozar.com

Berbakti kepada kedua orang adalah sebuah amalan yang paling utama. Hal ini berlandaskan hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim,

سَأَلْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – أَىُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا . قَالَ ثُمَّ أَىُّ قَالَ ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ . قَالَ ثُمَّ أَىُّ قَالَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Amalan apa yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku melanjutkan, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Lalu aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.”

Baca juga: 7 Amalan Sunnah Rasulullah yang Sering Kita Abaikan

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Sama dengan Jihad

islamiced.wordpress.com

Tahukah kamu bahwa berbakti kepada kedua orang tua juga senilai dengan jihad fii sabillah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang menganjurkan bagi orang yang ingin berjihad untuk berbakti kepada orang tuanya.

Hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Ash ia berkata,

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَاسْتَأْذَنَهُ فِى الْجِهَادِ فَقَالَ أَحَىٌّ وَالِدَاكَ . قَالَ نَعَمْ . قَالَ فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ

Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu meminta kepada beliau untuk berjihad. Maka beliau bersabda, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” ia menjawab, “Ya.” Beliau pun bersabda, “Maka bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada keduanya.”

Mendapatkan Surga

tazakhobor.org

Ungkapan surga di bawah kaki ibu adalah ungkapan yang datang dari Rasulullah dan menunjukkan betapa besarnya keutamaan berbakti kepada ibu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan An Nasa’i,

أَنَّ جَاهِمَةَ جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ فَقَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

Jahimah pernah datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata, “Ya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, aku ingin berperang dan sungguh aku datang untuk meminta pendapatmu.” Beliau bertanya, “Apakah engkau masih memiliki ibu?”Ia menjawab, “Ya.” Maka beliau pun bersabda, “Tetaplah bersamanya karena sesungguhnya surga ada di kakinya.”

Lafadz Doa untuk Mendoakan Orang Tua

sdnsetiakarya.blogspot.com
sdnsetiakarya.blogspot.com

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Doa ini dapat kamu bacakan setelah habis sholat fardu maupun sholat sunnah. Serta bacalah setiap hari agar Allah dapat mengabulkan doa kamu. Karena doa anak sholeh itu di ijabah oleh Allah.

Baca juga: Bocah 7 Tahun yang Berbakti pada Ayahnya

Tinggalkan komentar