7 Fakta Unik Tentang Kutub Utara

Kutub utara merupakan salah satu tempat istimewa yang ada di muka bumi ini. Hal ini dikarenakan kutub utara merupakan daerah yang seluruh lapisan daratannya ditutupi oleh es dan secara tidak langsung merupakan tempat yang sangat dingin di muka bumi ini.

Selain itu terdapat beberapa fakta unik di kutub utara sehingga semakin membuat tempat tersebut semakin istimewa. Apa sajakah fakta unik tersebut? Berikut penjelasannya:

ceriwis.net
ceriwis.net
  1. Kutub utara memiliki 2 musim, yaitu musim pertama adalah musim dimana es di sana akan mencair dan musim kedua adalah musim dimana es disana kembali membeku.
  2. Lapisan ozon di kutub utara terbilang lebih terjaga dibandingkan dengan kutub selatan. Hal itu dikarenakan terjadinya pergantian musim di sana yang mencegah terbentuknya awan kutub yang bisa merusak ozon.
  3. Kutub utara merupakan tempat dengan suhu paling rendah nomor 2 di dunia setelah kutub selatan dan paling rendahnya pernah mencapai suhu -34 derajat celcius.
  4. Di kutub utara terdapat beruang kutub dan tidak terdapat penguin.
  5. Kutub utara memiliki cadangan minyak terbesar di dunia.
  6. Kutub utara juga memiliki penghuni dimana terdapat kurang lebih 4 juta jiwa menetap di sana.
  7. Kutub utara dan selatan merupakan tempat terjadinya polar vortex, yaitu badai besar yang hanya terjadi di tepi vertikal di bumi ini.

Itulah beberapa fakta unik tentang kutub utara. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar